Bosan Ngantor? Sekarang, Kamu Bisa Memulai Bisnis Sampingan

Indobot Update

Sekarang, Kamu Bisa Memulai Bisnis Sampingan. Bosan Ngantor bukan jadi alasan
Sekarang, Kamu Bisa Memulai Bisnis Sampingan. Bosan Ngantor bukan jadi alasan

Bosan ngantor memang awam dirasakan oleh para pekerja. Pekerjaan yang membuat Anda sibuk setiap harinya, dan aktivitas yang terkesan itu-itu saja memang pastinya bisa membuat jenuh. Tapi hal itu bukanlah kendala, teknologi yang berkembang dengan pesat pun membuat Anda kini lebih mudah untuk memulai bisnis sampingan.

Tentu ada banyak pertimbangan yang bisa benar-benar membuat Anda yakin untuk banting setir memulai bisnis sampingan. Tapi ada beberapa cara mulai bisnis sampingan yang cocok untuk Anda yang masih ingin belajar. Apa saja caranya? SmartPresence rangkum hanya untuk Anda!

[lwptoc]

Cara mulai bisnis sampingan

Inspiratif: 5 Profil Pengusaha Muda yang Sukses dalam Membangun Bisnis

1. Fokus pilih jenis bisnis yang tepat

Langkah pertama yang bisa Anda ikuti tentu harus fokus pada satu jenis bisnis yang membuat Anda tertarik. Terkadang memang ketika ingin memulai suatu bisnis sampingan, Anda jadi merasa harus mencoba semua bisnis. Padahal untuk menghindari kerugian, coba fokus pada satu jenis bisnis terlebih dahulu.

Fokus kepada satu jenis bisnis menjadi penting. Hal ini agar Anda dapat fokus menjalani dan mengembangkan bisnis tersebut. Membangun bisnis baru tidaklah mudah, jika yang ditekuni lebih dari satu bisnis, tentu akan membuat pikiran terpecah belah, dan menguras energi.

Baca Juga : Mengenal Business Inteligence dan Manfaatnya Bagi Bisnis

2. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Mengembangkan bisnis sampingan baru tentu membutuhkan modal. Ada beberapa bisnis yang tak membutuhkan modal banyak, tapi ada juga yang mengharuskan Anda untuk merogoh kocek lebih dalam.

Tapi pastikan jenis bisnis yang Anda pilih sesuai dengan kondisi dan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai Anda justru harus berhutang karena membuka bisnis tersebut.

Perkembangan dunia teknologi pun bisa untuk Anda manfaatkan. Pasalnya internet menghadirkan banyak bisnis sampingan yang tak perlu membutuhkan modal banyak. Manfaatkan!

Baca Juga : Inilah Manfaat Penerapan IoT Dalam Dunia Bisnis

3. Perencanaan harus matang

Keinginan membuat bisnis sampingan tentunya berawal dari angan Anda. Tapi jika ingin benar-benar memulai bisnis sampingan, jangan sampai keinginan hanya ada di angan. Buat perencanaan yang matang, tentunya agar bisnis Anda berjalan sesuai rencana.

Pastikan Anda membuat  bisnis dengan lengkap dan detail. Pada perencanaan tersebut Anda bisa memasukkan persiapan produk, keuangan, target konsumen, dan strategi pemasaran produk dari lini bisnis terbaru Anda, dan terutama adalah modal.

4. Networking menjadi kunci!

Saat memulai bisnis baru, tentu sebagai awalan yang dibutuhkan adalah koneksi. Semakin banyak koneksi, akan semakin mudah Anda memasarkan produk pada bisnis sampingan Anda.

Karena ketika bisnis sampingan Anda memasarkan sebuah produk, tentu Anda akan memasarkannya terlebih dahulu kepada koneksi Anda. Tak hanya akan mendapatkan pelanggan dari koneksi, tak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan investor bagi bisnis sampingan Anda. Jadi mulailah perbanyak bersosialisasi.

Baca Juga :  Cara Optimasi Bisnis Melalui Media Sosial

5. Cari mitra atau mentor dengan visi yang sama

Jika Anda merasa berat jika mengerjakan bisnis sampingan sendirian, tak ada salahnhya untuk mencari mitra atau mentor. Pastikan mitra Anda memiliki visi yang sama, agar semua prosesnya berjalan lebih mudah dan sesuai rencana.

Memiliki mitra juga bisa menguntungkan dalam hal menghadirkan modal. Gabungkan modal Anda dengan modal sang mitra, jika memang masih dibutuhkan.

Selain mitra, Anda juga bisa mencari mentor. Yang namanya mentor tentu seseorang yang ahli dalam suatu bidang dan mau untuk membagikan ilmu kepada orang lain. Jika Anda memiliki mentor, tentu sang mentor bisa menjadi supervisi, dan memberikan arahan agar Anda  tidak memulai dan melakukan bisnis dengan strategi dan cara yang salah. 

Nah poin-poin di atas adalah 5 cara penting yang harus diikuti jika Anda ingin memulai bisnis sampingan. Tapi jika Anda masih memiliki pekerjaan utama, jangan sampai bisnis sampingan ini membuat Anda meninggalkan pekerjaan utama. Selamat mencoba!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp