Inilah Manfaat Penerapan IoT Dalam Dunia Bisnis

Indobot Update

Inilah Manfaat Penerapan IoT Dalam Dunia Bisnis
Inilah Manfaat Penerapan IoT Dalam Dunia Bisnis

Fanbot, apakah kamu tahu bahwa teknologi Internet of Things saat ini sudah digunakan di dunia bisnis? Dalam era revolusi industri 4.0 saat ini, ada sebuah istilah yang dinamakan IoT (Internet of Things) yang merupakan salah satu sistem perangkat komputasi yang saling terkait. Pada artikel ini akan memberikan informasi tentang manfat penerapan IoT dalam dunia bisnis yang perlu Fanbot ketahui. Yuk simak!

Internet of Things tentunya tidak menjadi hal yang asing lagi didengar. Setiap perangkat yang berada dalam kelindan teknologi sudah diterapkan di seluruh lini kehidupan sehari-hari tidak hanya dalam hal-hal tertentu saja.

[lwptoc]

Berbagai perangkat bersensor data saling terhubung melalui internet untuk mengumpulkan dan mentransfer data. Perangkat yang ada tersebut dapat berupa benda-benda rumah hingga industri yang menggunakan teknologi ini. 

Saat ini, industri telah banyak memanfaatkan IoT (Internet of Things) sehingga proses pemasaran dan kinerja dapat lebih efisien, lebih dapat memahami kemauan pelanggan sehingga sistem pelayan hingga pelanggan meningkat dan lebih baik, dapat membantu meningkatkan pengambilan keputusan, serta meningkatkan nilai bisnis. 

Sistem Kerja Iot

Kira-kira bagaimana sih sistem kinerja dari IoT? Kok bisa digunakan dalam membantu kehidupan manusia saat ini? Berikut adalah penjelasaannya supaya Fanbot semakin paham.

IoT memiliki ekosistem yang terdiri dari perangkat pintar yang menggunakan sistem tertanam untuk mengumpulkan, mengirim, dan bertindak berdasarka data yang akan mereka peroleh. Perangkat tersebut tersedia dalam berbagai macam produk, seperti sensor, QR code, hingga Radio Frequency Identification (RFID) yang ada di sebuah perangkat. 

Beberapa pemanfaatan IoT di kehidupan sehari-hari adalah adanya smart home yang dapat merubah fitur yang ada di rumah kamu menjadi mewah dan canggih seperti menyesuaikan pemanas di dalam ruangan secara otomatis. Selain itu, penerapan IoT yang lainnya adalah pada smart factory dimana dapat membantu mesin industri untuk mencari masalah, kemudian akan disesuaikan secara otomatis untuk memghindari kegagalan produksi.

Baca Juga Ubah Smartphone Kamu Menjadi Perangkat IoT

Dalam dunia bisnis atau industri, IoT juga dapat membantu untuk mengumpulkan berbagai data, seperti aktivitas pelanggan, kinerja mesin, sampai dengan pergerakan stok produk dengan menggunakan teknologi. Beberapa penerapan IoT seperti smart city dan smart home, bisa Fanbot dapatkan dengan mengikuti Pelatihan dan Kelas online melalui Indobot Academy. Ikuti paket pelatihan IoT dan dapatkan starter kit menarik untuk Fanbot.

Manfaat IoT Untuk Bisnis

Fanbot, yuk simak apa saja sih manfaat dari IoT yang dapat digunakan dalam bisnis. Terutama, bagi Fanbot yang memiliki bisnis, baca hingga akhir ya!

Berikut manfaat Internet of Things bagi bsinis yang perlu Fanbot tahu:

1. Operasional yang Lebih Efisien

Operasional lebih efisien ketika menggunakan perangkat Internet of Things.hal ini terjadi karena, banyak operasi bisnis yang di lakukan menggunakan IoT.

2. Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Dengan menggunakan IoT dapat meningkatkan produktivitas perusahaan, karena tugas-tugas tersebut dapat di lakukan secara otomatis dengan batuan IoT.

3. Ketepatan Penggunaan Sumber Daya dan Aset

Internet of Things yang di gunakan bisa membantu perusahaan untuk menggunakan sumber daya dan aset yang ada dengan setepat mungkin.
Pasalnya, IoT dapat melakukan penjadwalan dan pemantauan otomatis melalui sensor yang saling berhubungan, sehingga memungkinkan efisiensi penggunaan sumber daya yang lebih tinggi, seperti peningkatan manajemen daya dan konsumsi air.

Baca Juga Pentingnya Spektrometer Dalam Memantau Kualitas Air

Contohnya, melalui detektor gerakan sederhana yang dapat menghemat tagihan listrik dan air. Jadi, sebuah perusahaan juga akan lebih hemat biaya dan cenderung ramah lingkungan.

4. Mampu menghemat Pengeluaran

Operasi bisnis yang terjalin pastinya akan lebih efisien untuk di lakukan karena juga menggunakan perangkat dan dapat menghemat biaya produksi.

5. Memastikan Keselamatan Pekerja

Pemeliharaan IoT dapat terjadwal secara otomatis. Dengan demikian, hal tersebut dapat memastikan keselamatan operasional. Penggunaan IoT juga akan mengurangi kemungkinan kesalahan manusia selama berbagai tahap operasi bisnis yang berkontribusi pada tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Artikel di atas semoga dapat menambah pengetahuan Fanbot tentang bagaimana IoT di gunakan dalam bisnis dan manfaat yang di dapatkan. Jadi, Fanbot siap untuk mengoptimalkan IoT khususnya dalam bisnis supaya lebih efektif dalam kerja, untuk lebih mempelajari tentang IoT, Anda dapat mempercayakan kepada Indobot Academy.

Sekilas Tentang Indobot

Indobot adalah sebuah startup yang bergerak di bidang pelatihan dan sertifikasi IoT di Indonesia. Saat ini Indobot memiliki berbagai jenis pelatihan IoT yang bisa di pilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah Use IoT Smarthome

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami disini.

Ubah Smartphone kamu Menjadi Perangkat IoT Dengan Cara ini, yuk Simak!
Ubah Smartphone kamu Menjadi Perangkat IoT Dengan Cara ini, yuk Simak!

Klik Link di samping untuk klaim promo :  

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp