Spektrometer Berbasis IoT untuk Pemantauan Kualitas Air

Indobot Update

Spektrometer Berbasis IoT untuk Pemantauan Kualitas Air
Spektrometer Berbasis IoT untuk Pemantauan Kualitas Air

[lwptoc]

Pemantauan kualitas air menjadi tantangan karena meningkatnya jumlah bahan kimia yang di gunakan oleh industri dan individu. Pengujian kualitas air menjadi semakin penting, terutama ketika begitu banyak orang di seluruh dunia kekurangan akses ke air bersih. Untungnya, kemajuan teknologi IoT memungkinkan perusahaan membuat produk baru yang membantu mengatasi tantangan pemantauan kualitas air.

Masalah Polusi Air Global

Air adalah sumber daya yang penting. Air di gunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, pertanian, dan komersial. Hal ini  menjadikan pentingnya untuk mengukur kualitas air dan mengurangi jumlah air tercemar yang masuk ke lingkungan.

Sungai, danau, sungai, waduk, dan lautan penuh dengan bahan kimia, plastik, limbah, dan polutan lainnya. Isu pencemaran air yang meluas ini dapat membahayakan kesehatan masyarakat, merusak keanekaragaman hayati, mencemari rantai makanan, dan mengganggu ekonomi global.

Spektrometer Berbasis IoT untuk Pemantauan Kualitas Air

Manusia dan semua industri mengandalkan air agar berfungsi dengan baik. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan pada tahun 2019 bahwa 2 miliar orang yang tinggal di negara-negara yang bergulat dengan tekanan air yang tinggi. Tekanan air terjadi ketika permintaan air melebihi jumlah pasokan atau ketika kualitas yang buruk membuatnya tidak dapat di gunakan. Kebutuhan akan air yang bersih, mudah di akses, dan terjangkau meningkat seiring pertumbuhan populasi dunia, yang dapat memperburuk kelangkaan dan stres.

Amerika Serikat memiliki salah satu pasokan air teraman di seluruh dunia, tetapi penelitian menunjukkan bahwa racun berbahaya, seperti arsenik dan timbal, telah di temukan dalam sampel air keran dari 50 negara bagian. 

Pentingnya Pemantauan Kualitas Air

Pemantauan Kualitas Air

Data yang di kumpulkan melalui proses pemantauan kualitas air dapat di gunakan sebagai bukti objektif untuk membantu mendukung pengambilan keputusan. Pemantauan kualitas air memberikan peringatan tentang masalah saat ini, yang sedang berlangsung, atau di masa depan, yang membantu menentukan standar kepatuhan dan melindungi kesehatan manusia dan lingkungan. Pasar sistem pemantauan air global di perkirakan akan mencapai sekitar $4,69 miliar pada tahun 2025. Kesadaran akan pentingnya pengukuran kualitas air dan peningkatan dana pemerintah untuk mengurangi polusi adalah dua faktor yang mendorong pertumbuhan pasar ini. 

Selain itu,kemungkinan tersebut akan mendorong pertumbuhan di pasar adalah pengembangan kota pintar. Lebih banyak dari mereka akan muncul di seluruh dunia dalam beberapa tahun ke depan, dan, sebagai hasilnya, teknologi air pintar baru akan muncul. Mereka dapat membantu merampingkan pengelolaan air dan memungkinkan kota-kota untuk mengatasi tantangan dengan infrastruktur mereka saat ini. 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Peran Spektrometer

Spektrometer massa paling sering di gunakan untuk mengukur kualitas air. Spektrometer dapat mendeteksi rendahnya kadar senyawa yang di gunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, mereka dapat mendeteksi pestisida, obat-obatan, dan bahkan sisa bahan peledak dalam sampel air.  Spektrometer tidak bisa di samakan dengan spektrofotometer. Kedua istilah ini serupa, tetapi mereka di gunakan untuk aplikasi yang berbeda. Misalnya, spektrometer dapat di terapkan dalam berbagai di siplin ilmu, termasuk:

Baca Juga Monitoring Kualitas Air dengan Perangkat IoT

  • Astronomi
  • Ekologi
  • Kimia
  • Farmakologi

Metode pengujian kualitas air yang sederhana dan nyaman seperti strip uji pH ada. Namun, teknik yang lebih maju di perlukan untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang pasokan air dan kontaminan yang ada di dalamnya.  Salah satu jenis teknologi yang akan membantu meningkatkan pemantauan kualitas air adalah spektrometer berkemampuan IoT. Pada dasarnya, perangkat IoT di lengkapi dengan sensor dan mampu berkomunikasi secara nirkabel.

Ada dua merek yang menawarkan spektrometer berkemampuan IoT, yaitu : 

  • S::can

S::can adalah pemimpin industri dalam produk pemantauan kualitas air. Baru-baru ini mengumumkan generasi berikutnya dari spektrometer kelas atas dan canggihnya. Spectrometer probes berkemampuan IoT ini di lengkapi dengan server web di dalamnya, cincin informasi optik, interval pengukuran 10 detik, dan memori onboard yang luas. Spektrometer berkomunikasi dengan perangkat seluler atau PC melalui Bluetooth atau WLAN. Ini adalah perangkat yang mudah di gunakan yang tidak memerlukan terminal intensif biaya untuk menyimpan data pemantauan. 

  •  Teksun

Solusi Smart IoT Spectrometer Teksun menyimpan data di cloud dan dapat memantau kualitas air dari jarak jauh. Spektrometer ini sering di pasarkan kepada organisasi di bidang perawatan kesehatan namun dapat di gunakan di berbagai industri lain seperti:

  • Automotive
  • Aerospace
  • Biotech
  • Agritech
  • Semiconductor

Dampak Positif Teknologi IoT

Pengembangan IoT akan membantu meningkatkan lebih dari sekadar pemantauan kualitas air. Dampaknya akan menjadi lebih signifikan bagi berbagai industri karena lebih banyak kasus penggunaan muncul. Spektrometer berkemampuan IoT mungkin menjadi lebih banyak di gunakan untuk tujuan pemantauan. Pasar pemantauan kualitas air sedang berkembang, dan akan sangat penting bagi organisasi untuk mengadopsi spektrometer ini dan teknologi lainnya untuk meningkatkan proses mereka.

Source from: https://www.iotforall.com/iot-spectrometers-water-monitoring

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp