Cara Membuat Buku Absen Kelas untuk Presensi Siswa

Indobot Academy

cara membuat buku absen kelas dengan Excel
cara membuat buku absen kelas dengan Excel

Buku absen kelas merupakan salah satu dokumen penting yang harus di miliki oleh setiap sekolah. Dokumen ini di gunakan untuk mencatat kehadiran siswa dan menjadi referensi bagi guru dalam melihat perkembangan kehadiran siswa selama satu semester atau satu tahun pelajaran.

Dalam membuat buku absen siswa, Bapak Ibu Guru dapat menggunakan Microsoft Excel dapat menjadi pilihan yang tepat karena software ini mudah di gunakan dan memungkinkan pengguna untuk membuat format yang sesuai dengan kebutuhan.

[lwptoc]

Membuat Buku Absen Siswa Dengan Microsoft Excel

Berikut adalah cara membuat buku absen siswa menggunakan Microsoft Excel:

  1. Buka Microsoft Excel dan pilih lembar kerja baru.
  2. Buat kolom-kolom yang di perlukan untuk mencatat informasi siswa, seperti nama, kelas, nomor induk siswa, dan tanggal.
  3. Buat baris-baris untuk mencatat kehadiran siswa setiap harinya. Anda dapat menggunakan format penomoran tanggal (dd/mm/yyyy) untuk memudahkan pencatatan.
  4. Beri warna pada kolom-kolom dan baris-baris yang di perlukan, seperti kolom tanggal dan baris siswa.
  5. Setelah membuat format buku absen siswa, Anda dapat mulai mencatat kehadiran siswa setiap harinya. Untuk memudahkan pencatatan, Anda dapat menggunakan rumus Excel untuk menghitung jumlah kehadiran siswa dalam satu bulan atau satu semester.

Baca Juga Cara Membuat Skala Linier dengan Google Form

Tips dan Trik Buku Presensi berbasis Excel:

  1. Gunakan format yang mudah di pahami oleh pengguna lain, seperti penomoran tanggal yang umum di gunakan.
  2. Beri warna pada kolom-kolom dan baris-baris yang penting untuk memudahkan pembacaan data.
  3. Buatlah backup dari buku absen siswa Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data.
  4. Pastikan informasi yang tercatat di buku absen siswa akurat dan terbaru.
  5. Jangan lupa untuk mencetak buku absen siswa secara berkala dan menyimpannya dengan baik.
contoh format buku absen siswa excel
contoh format buku absen siswa dengan Microsoft Excel

Membuat Buku Absensi Kelas dengan Google Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah software berbasis cloud yang dapat menjadi pilihan yang tepat karena software ini mudah digunakan dan memungkinkan untuk diakses menggunakan smartphone maupun laptop.

Berikut adalah cara membuat buku absensi kelas menggunakan Google Spreadsheet:

  1. Buka Google Drive dan klik pada tombol “Buat” untuk membuat dokumen baru. Pilih “Google Spreadsheet” dari daftar opsi.
  2. Buat kolom-kolom informasi siswa, seperti nama, kelas, nomor induk siswa, dan tanggal.
  3. Buat baris-baris untuk mencatat kehadiran siswa setiap harinya. Anda dapat menggunakan format penomoran tanggal (dd/mm/yyyy) untuk memudahkan pencatatan.
  4. Gunakan warna pada kolom tanggal dan baris siswa untuk memudahkan pembacaan
  5. Setelah membuat format buku absensi kelas, Anda dapat mulai mencatat kehadiran siswa setiap harinya. Untuk memudahkan pencatatan, Anda dapat menggunakan rumus Google Spreadsheet untuk menghitung jumlah kehadiran siswa dalam satu bulan atau satu semester.
  6. Setelah selesai mencatat kehadiran siswa, Anda dapat menyimpan buku absensi tersebut dan membagikannya dengan guru atau kepala sekolah.

Untuk buku presensi kelas yang umumnya dibuat wali kelas dan ditinggal di ruang kelas, bisa Bapak Ibu guru printkan dan dijilid agar setiap guru yang masuk ke kelas dapat membantu wali kelas mengisi absensi siswa.

Membuat buku presensi kelas menggunakan Google Spreadsheet cukup mudah dan efisien. Kemudian dengan format yang mudah di pahami dan fitur-fitur Google Spreadsheet yang mempermudah pencatatan dan pengolahan data, buku absensi kelas dapat di hasilkan dengan lebih cepat dan efektif.

Baca Juga Syarat Diklat Guru untuk Angka Kredit

Bapak/Ibu guru ingin belajar lebih banyak mengenai teknologi penunjang pendidikan melalui webinar? Bisa bergabung dengan Indobot Premium dimana Bapak/Ibu Guru dapat mengikuti berbagai kelas webinar gratis yang diselenggarakan Indobot selama satu tahun.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp