Cara Membuat Mind Map Online Gratis

Indobot Academy

membuat mind map online gratis

Banyak cara untuk memvisualisasikan ide, salah satunya dalam bentuk mind map digital. Dengan fitur dasar komputer, pembuatan mind map seringkali dilakukan secara offline memanfaatkan Microsoft. Padahal, ada cara membuat mind map online gratis dan praktis yang membantumu lebih cepat menyelesaikan tugas.

Jika mengetikan kata kunci “Mind Map Gratis” pada kolom pencarian search engine, maka akan muncul sederet saran situs yang menawarkan layanan. Dari sekian banyak nama yang muncul, mencobanya satu per satu tentu akan sangat membuang waktu, apalagi ini adalah percobaan perdana.

[lwptoc]

Untuk membantumu mendapatkan cara terbaik, berikut ini adalah pilihan yang disarankan. Simak baik-baik langkah-langkahnya ya! 

Canva

Ya, Canva bisa menjadi cara pertama yang boleh dicoba untuk membuat mind map secara online. Tentu sudah cukup sering memanfaatkan platform ini bukan?

Aplikasi penciptaan desain kreatif ini terbilang paling banyak digunakan oleh user seluruh dunia. Selain karena tersedia mode free version, Canva menawarkan berbagai template keren untuk banyak keperluan. Tak heran jika pemula dan boleh jadi kamu lebih nyaman menggunakan aplikasi ini.

Salah satu karya yang juga dapat kamu buat adalah mind map. Untuk membuat karya ini, terlebih dulu pastikan telah miliki akun Canva. Langkah ini penting dilakukan agar bisa mengakses template dan semua editing tool.

Baca Juga 5 Tools Wajib Desain Grafis Kekinian

Cara Membuat Mind Map Online Gratis Dengan Canva

Lebih jelasnya, cara membuat mind map online gratis melalui Canva khususnya melalui PC adalah seperti ini:

  • Buka website Canva dan Log In

Bila sudah memiliki akun Canva, Cari menu “Log In” atau “Masuk” di bagian kanan atas layar. Cukup ikuti langkahnya, baik log in menggunakan akun Gmail, akun Facebook, atau email.

Namun, kalau belum memiliki akun, pada halaman utama pilih menu “Sign Up” atau “Daftar”. Pilihan mendaftar juga terbuka melalui Gmail, Facebook, ataupun email. Lakukan proses pendaftaran hingga selesai dan kamu pun resmi memiliki akun. 

  • Ketikan “Mind Map” Pada Tab Search

Setelah berhasil masuk, tampilan utama akan menyajikan tab “Search” di sisi tengah layar. Pada area ini ketikan “Mind Map” dan tekan “Enter”. Canva akan memproses kata kunci dan menampilkan berbagai template mind map. 

  • Pilih Template Gratis dan Mulai Lakukan Proses Editing

Pada tahap ini, kamu bebas memilih template apapun sesuai keinginan selama tidak berlabel “Pro”, “Rp”, atau simbol mahkota. Ketika klik desain yang diinginkan, Canva akan segera memunculkan layar editing. Halaman ini dapat digunakan untuk menyunting desain dan konten template.

Eemen-elemen pelengkap juga bisa ditambahkan untuk menjelaskan alur mind map. Pastikan elemen yang dipilih tidak berlabel supaya tetap bebas biaya saat menggunakannya. 

  • Pilih “Share” Untuk Menyimpan atau Menampilkan Hasil 

Terakhir, simpan mind map dalam dokumen pribadi dengan memilih menu “Share” yang berada di sisi kanan atas, lalu pilih opsi “Download”. Tipe file yang diunduh pun bisa secara leluasa ditentukan apakah JPG, PNG, PDF, dan seterusnya. 

Selain diunduh, aplikasi ini juga mengizinkan pengguna untuk memberikan akses editing ke pengguna lain. Setelah klik “Share”, ketikan email tujuan pada kolom di bawah “People With Access”. Kemudian klik user list di bawahnya untuk menentukan batasan aksi pengguna lain.

Miro

Cara lain membuat mind map online gratis yang menarik dan kolaboratif juga bisa dengan menggunakan Miro. Miro merupakan platform khusus pembuatan visualisasi konsep/ide yang menyediakan berbagai model untuk banyak kebutuhan.

Meski terdengar belum begitu familiar, faktanya Miro telah menjadi andalan bagi perusahaan-perusahaan global seperti HP, Cisco, Deloitte, dan Walmart. Fitur-fiturnya pun kaya dan tepat untuk pemetaan di bidang marketing, UX & design, sales, sampai engineering sekalipun.

Di samping fitur dan fungsinya yang lengkap, Miro menawarkan layanan basic yang sama sekali tidak dipungut biaya. Bahkan layanan cuma-cuma ini adalah fasilitas pertama kali yang bisa kamu nikmati dan langsung operasikan.

Baca Juga Meningkatkan Karir Mahasiswa

Khusus untuk layanan pembuatan mind map versi gratis, Miro menyiapkan satu desain basic yang dapat di desain lebih berkembang sesuai keperluan. Versi ini juga memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan rekan kerja untuk menyempurnakan desain mind map menggunakan fitur-fitur yang ada.

Cara Membuat Mind Map Online Gratis Dengan Miro

mind map online gratis miro

Jika tertarik mengaplikasikannya, berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Mendaftarkan Akun 

Langkah pertama adalah membuat akun baru dengan mengisi email aktif yang siap terhubung dengan situs ini. Isi pada kolom “Enter your work email”, lalu klik “Sign Up Free” dan selesaikan prosesnya. 

Apabila sebelumnya sudah terdapat akun terdaftar, lewati langkah ini dan cukup masuk melalui menu “Sign In”. Kemudian ikuti prosesnya.

  • Lengkapi Data Untuk Informasi Dasar Diagram

Setelah pembuatan akun selesai, kamu akan dimintakan beberapa informasi berkaitan dengan data pembuat diagram. Namun, tidak perlu khawatir, karena informasi yang di perlukan tidak menyangkut hal-hal pribadi.

Akan tampil beberapa pertanyaan seputar bidang kerja yang membutuhkan dukungan diagram hingga posisimu dalam tim. Semua data yang terkolektif akan membantu membentuk konsep diagram supaya lebih terarah ketika tahap mendesain. 

  • Ajak Rekan Berkolaborasi 

Halaman yang tampil setelahnya adalah mengirimkan undangan pada rekan tim untuk mendesain bersama. 

Ada 4 cara pengiriman. Cara praktis bisa di lakukan via Slack dan Gmail hanya dengan klik logo. Atau dengan copy link lalu kirim ke group kantor. Kamu bisa juga mengirimkan undangan via Miro. Isi tab email tersedia dan klik “Send Invitation”.

Tahap ini pada dasarnya tidak wajib untuk di isi apabila memang ingin menyusun mind map secara personal. Hanya tinggal pilih menu “Skip For Now”, tampilan pun beralih ke halaman selanjutnya.

  • Pilih Opsi “Mind Maps”

Tahap ini akan memintamu mengisi pilihan template yang di butuhkan. Untuk membuat mind map digital, tentu saja pilih opsi “Mind Maps” dan tunggu tampilan lengkapnya muncul.

  • Mulai Buat dan Lakukan Editing

Inilah bagian utama untuk membuat mind map, mulai dari mendesain, mengisi konten di dalamnya, dan menyunting hasil. 

Kanvas d ilengkapi beragam fitur, seperti menambah cabang peta, tulisan, menempel catatan, dan masih banyak lagi. Apabila masih ada rekan tim belum bergabung, halaman memberikan menu invite dengan cara klik foto profil. Setelah itu pilih “Share the board” dan cantumkan email semua peserta.

  • Download 

Setelah selesai siap di simpan dengan memilih simbol Export. Miro menyediakan sederet metode pengunduhan, yaitu dalam format gambar, PDF, template, CSV, Embed Code, board backup, dan simpan di Google Drive.

Selain kedua platform di atas, kamu tetap bisa mengeksplor pilihan cara membuat mind map online gratis dari situs lainnya. Di antaranya adalah MindMeister, MindMup, Lucidchart, dan masih banyak lagi. 

Masing-masing situs tentu memiliki fitur, kelebihan, dan kekurangannya. Pastikan saja brand pilihanmu mampu mengakomodir kebutuhan dan memberikan hasil yang terbaik.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp