Contoh Industrial Grade Arduino Board

Indobot Academy

industrial grade arduino board
Controllino, contoh industrial grade PLC kompatible arduino

Arduino board pada umumnya dapat dikategorikan sebagai commercial grade, bukan industrial grade. Arduino awalnya dikembangkan sebagai platform open-source untuk penggunaan prototyping dan proyek-proyek hobi. Board Arduino yang populer, seperti Arduino Uno, Mega, dan Nano, dirancang dengan fokus pada fleksibilitas, kemudahan penggunaan, dan biaya yang terjangkau.

Baca Juga Arduino untuk Industri? Yuk Baca

Meskipun Arduino sangat populer dalam komunitas pengembang dan digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk beberapa aplikasi industri, board Arduino standar biasanya tidak memenuhi standar ketahanan dan keandalan yang diperlukan untuk lingkungan industri yang keras.

Varian Arduino Board Industrial Grade

Namun, ada varian Arduino yang di optimalkan untuk keperluan industri atau dapat di kategorikan sebagai industrial grade. Beberapa pabrikan telah mengembangkan versi Arduino dengan fitur tambahan, perlindungan tambahan, kemampuan operasi di suhu ekstrem, dan dukungan komunikasi yang lebih kuat yang menjadikannya lebih sesuai untuk aplikasi industri.

Berikut adalah beberapa di antaranya

Rugged Mega

Rugged Mega di kembangkan oleh Rugged Circuit dengan meningkatkan ketahanan arduino menjadi level industrial grade.

industrial grade arduino rugged circuit
industrial grade arduino rugged circuit

Rugged Mega di lengkapi dengan perlindungan terhadap arus berlebih dan tegangan berlebih pada pin I/O dan output 5V/3.3V. Hal ini membantu melindungi board dari kerusakan akibat lonjakan arus atau tegangan yang tidak di inginkan.

Selain mampu beroperasi pada tegangan hingga 30V, Rugged Mega juga memiliki perlindungan ESD pada pin I/O dan port USB. Perlindungan ini membantu mencegah kerusakan yang di sebabkan oleh muatan statis yang dapat merusak komponen elektronik.

Arduino Industrial 1000

Arduino sendiri menyediakan beberapa produk dengan tingkat industri, seperti Arduino Industrial 101 dan Arduino Industrial 1000. Produk-produk ini di desain untuk keperluan industri yang lebih tangguh dan memiliki fitur-fitur tambahan untuk memenuhi kebutuhan aplikasi industri.

Siemens Simatic IoT2020

Siemens menyediakan Arduino-compatible board yang di sebut SIMATIC IOT2020. Board ini merupakan penggabungan antara Arduino dengan keandalan industri yang di tawarkan oleh Siemens. SIMATIC IOT2020 cocok untuk penggunaan industri dan dapat di gunakan untuk berbagai macam aplikasi IoT.

Industrial Shields M-Duino dan Ardbox

Industrial Shields adalah pabrikan yang mengkhususkan diri dalam pengembangan Arduino dengan level industrial grade. Mereka menawarkan berbagai macam board Arduino yang di optimalkan untuk lingkungan industri, seperti Arduino M-Duino dan Ardbox. Board-board ini memiliki fitur-fitur khusus, seperti proteksi tambahan, keandalan yang tinggi, dan kemampuan operasi pada suhu ekstrem.

Baca Juga Mengenal Standar Military Grade Perangkat Elektronik

Controllino

Controllino adalah sebuah PLC (Programmable Logic Controller) berkualitas industri dengan perangkat lunak open source, Controllino di buat agar setiap orang memiliki kesempatan untuk melawan perusahaan PLC tradisional yang menggunakan perangkat lunak tertutup. Lupakan tentang pembatasan vendor, waktu siklus yang tetap, dan batasan lainnya. Kami tidak akan membatasi kemungkinan Anda. I/O Tidak Terbatas

Dengan hingga 61 saluran I/O dan relay, dengan rentang tegangan 5V hingga 250V pada arus hingga 16A, Controllino memungkinkan pengguna menggunakan PLC ini untuk berbagai macam aplikasi otomatisasi dan kontrol yang hampir tak terbatas serta sudah bersertifikat standar keamanan industri dan elektronik CE, UL & IEC 61131

Baca Juga Pengenalan Dasar PLC dan Prinsip Kerja

ProteShea

Proteshea, meluncurkan versi Arduino Uno berkualitas industri yang di tujukan untuk menghadapi tantangan lingkungan yang lebih ekstrem. Versi ini telah di tingkatkan untuk dapat beroperasi dengan baik di kondisi yang sulit, sambil tetap mempertahankan fitur-fitur yang sudah di kenal dan di sukai oleh penggemar proyek arduino. Komponen-komponen pada Arduino Uno telah di perbarui agar dapat beroperasi pada rentang suhu yang lebih luas, sehingga memberikan kinerja yang optimal.

Regulator tegangan juga telah di tingkatkan untuk menerima tegangan masukan hingga 30Vdc dan memberikan arus yang lebih tinggi. Selain itu, blok terminal juga telah di ganti dengan terminal bertekanan pegas agar koneksinya tetap aman. Mikrokontroler yang di gunakan adalah ATmega328P yang di pasang secara permukaan, dengan 14 pin input/output (I/O) digital, 6 pin input analog, memori flash 32KB, SRAM 2KB, dan EEPROM 1KB.

STMicroelectronics Nucleo

STMicroelectronics menyediakan serangkaian produk yang di sebut STM32 Nucleo yang kompatibel dengan Arduino dan di targetkan untuk keperluan industri. STM32 Nucleo memiliki mikrokontroler yang kuat dan berbagai fitur industri, seperti keandalan yang tinggi, kemampuan komunikasi, dan dukungan perangkat lunak yang luas.

Industruino

<yoastmark class=

Industruino merupakan board Arduino yang di lengkapi dengan fitur lengkap dan tertanam dalam casing yang dapat di pasang di rel DIN-rail. Board ini juga di lengkapi dengan area prototyping, layar LCD, dan panel membran. Dengan produk ini, Anda dapat dengan cepat menginstal aplikasi Arduino Anda secara permanen. Mampu mengendalikan hingga delapan beban 24V dengan driver high side.

Advantech

Advantech menyediakan Arduino-compatible board yang di sebut ARK-1124C. Board ini di rancang untuk penggunaan industri yang tahan lama dan memiliki fitur-fitur seperti kemampuan komunikasi yang kuat, dukungan sistem operasi yang beragam, dan keandalan yang tinggi.

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp