Interval Training, Pengertian, Manfaat dan Tips Melakukan

Indobot Academy

interval training workout

Fanbot mungkin pernah mendengar tentang istilah interval training, sebuah teknik olahraga yang bisa di lakukan di sela-sela pekerjaan. Namun, sejauh mana kalian tahu apa itu dan bagaimana manfaatnya bagi kesehatanmu? Mari kita bahas lebih dalam!

[lwptoc]

Pengertian Interval Training

Adalah teknik latihan yang melibatkan rangkaian latihan intensitas tinggi selama periode waktu tertentu, di selingi dengan periode waktu pemulihan yang lebih ringan. Teknik ini dapat di gunakan dalam berbagai jenis olahraga, seperti lari, bersepeda, atau bahkan latihan kekuatan.

Dapat Fanbot lakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk saat sedang bekerja di kantor atau sedang mengikuti sesi bootcamp Indobot. Kalian tentu tahu bahwa manusia membutuhkan jeda setiap 15 menit saat menghadapi layar komputer guna meminimalisir dampak resiko radiasi.

Nah jeda waktu ini bisa Fanbot gunakan untuk sekedar menggerakkan badan atau sekalian melakukannya jika waktunya memungkinkan.

Perbedaan Interval Training dengan Olahraga Lain

Interval training merupakan teknik latihan yang efektif dan fleksibel, serta memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan dan kebugaran tubuh

Yang membedakan interval training dengan olahraga lain adalah pola latihan yang di ikuti. Interval training melibatkan rangkaian latihan intensitas tinggi selama periode waktu tertentu, di selingi dengan periode waktu pemulihan yang lebih ringan. Pola ini bertujuan untuk memberikan rangsangan pada tubuh yang lebih intens dan efektif dalam waktu yang lebih singkat.

Sedangkan olahraga lain seperti jogging atau bersepeda biasa, melibatkan aktivitas yang berlangsung dalam waktu yang lebih lama dengan intensitas yang lebih rendah dan tidak melibatkan pola latihan dengan periode waktu pemulihan yang terencana.

Manfaat Interval Training

Interval training memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Interval training membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatasi aktivitas fisik yang lebih berat.

Baca Juga Cara Monitoring Detak Jantung dengan IoT

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Latihan interval tingkat tinggi meningkatkan jumlah kalori yang terbakar selama latihan dan bahkan setelah latihan selesai. Ini di sebabkan oleh peningkatan produksi hormon pertumbuhan dan peningkatan laju metabolisme.

Meningkatkan Kekuatan Otot

pengertian interval training adalah

Interval training melibatkan penggunaan otot yang berbeda dan memberikan rangsangan yang lebih kuat pada otot-otot tersebut. Hal ini membantu meningkatkan kekuatan dan ukuran otot.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Latihan interval tingkat tinggi telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental, termasuk mengurangi stres dan depresi saat bekerja serta meningkatkan perasaan bahagia.

Jenis Olahraga untuk Interval Training

Ada banyak jenis olahraga yang dapat di lakukan dengan menggunakan teknik interval training. Beberapa jenis olahraga yang populer untuk interval training antara lain:

Lari Interval

Lari interval melibatkan lari dengan kecepatan tinggi selama periode waktu tertentu, di ikuti dengan lari perlahan selama periode pemulihan. Latihan ini bisa di lakukan di treadmill atau di luar ruangan.

Bersepeda

Bersepeda di sela waktu kantor bisa menggunakan sepeda statis sehingga tidak perlu sepeda berjalan di luar ruangan dengan mengikuti pola interval yang sama seperti lari interval.

Baca Semarang Kenalkan Sepeda Listrik Publik 

Skipping

Skipping atau lompat tali adalah olahraga yang menyenangkan dan mudah di lakukan di mana saja. Pola interval yang di gunakan dalam skipping adalah lompatan dengan kecepatan tinggi selama periode waktu tertentu, di ikuti dengan lompatan perlahan selama periode pemulihan.

High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT adalah bentuk latihan interval yang mencakup rangkaian gerakan latihan kekuatan dan kardiovaskular dengan intensitas tinggi, di ikuti oleh periode pemulihan yang lebih ringan.

Tips Lakukan Interval Training di Kantor

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan interval training di saat jam kerja dengan gaya bahasa yang casual dan santai.

Jadwalkan waktu latihan

Agar interval training dapat di lakukan secara teratur, sebaiknya jadwalkan waktu latihan dan tetap patuhi jadwal tersebut. Kalian bisa menentukan waktu latihan saat istirahat makan siang atau jeda istirahat lainnya di tengah jam kerja.

Manfaatkan ruangan kantor

Tak perlu pergi ke gym untuk melakukan interval training, cukup manfaatkan ruangan kantor saja. Cobalah gerakan jumping jacks, push-up, atau lari di tempat selama beberapa menit. Gerakan-gerakan tersebut dapat di lakukan dengan mudah tanpa peralatan tambahan.

Jangan mengganggu pekerjaan

Ingatlah bahwa kita masih di jam kerja, sehingga latihan harus dilakukan dengan memperhatikan pekerjaan yang sedang dijalankan. Jangan sampai latihan mengganggu kinerja dan menghambat produktivitas kerja. Gunakan smart device seperti smart watch dan smartphone sebagai timer interval training kalian.

Baca Juga Belajar Membuat Smart Device Sendiri

Lakukan pemanasan dan pendinginan

Sebelum mulai latihan, lakukanlah pemanasan untuk mempersiapkan tubuh dan otot agar tidak terjadi cedera. Setelah selesai melakukan latihan, lakukan pendinginan selama beberapa menit untuk membantu tubuh pulih dari latihan.

Ajak rekan kerja untuk bergabung

Fanbot bisa mengajak rekan kerja untuk bergabung melakukan interval training. Selain menjadi motivasi dan dukungan, latihan bersama juga dapat mempererat hubungan kerja dan menjaga semangat positif di kantor.

So, jangan biarkan kesibukan pekerjaan menghalangi Fanbot untuk tetap aktif dan sehat. Cobalah teknik interval training di sela-sela pekerjaan atau rutinitas kamu dan rasakan manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan mental kita.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp