Jenis Tes Psikologi untuk Mahasiswa Baru

Indobot Academy

tes psikologi mahasiswa baru

Saat ingin menentukan jurusan kuliah di perguruan tinggi, calon mahasiswa baru sebaiknya melakukan pemetaan kemampuan dan potensi diri melalui tes psikologi. 

Tes ini nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan jurusan mana yang paling tepat untuk dipilih berdasarkan minat dan kepribadian diri sendiri.

[lwptoc]

Tes psikologi untuk mahasiswa baru sangat krusial dilakukan, bukan hanya untuk menentukan jurusan kuliah, namun secara umum hal ini merupakan investasi demi masa depan yang lebih cerah, sebab dengan memasuki jurusan yang tepat seseorang bisa selangkah lebih di depan karena mendapatkan karir yang selaras dengan passion yang diminati.

Pada masa sekarang, sudah banyak jenis tes psikologi untuk mahasiswa baru yang bisa diikuti. Satu diantaranya adalah tes psikologi untuk mengetahui minat dan bakat, tes ini merupakan proses uji untuk menentukan minat dan bakat seseorang secara umum.

Tes ini bisa mengungkapkan sisi kepribadian, keinginan, kemampuan, hingga cita-cita yang di miliki oleh seseorang. Hasil ini di dapatkan dari olahan data tes yang telah d lakukan yang sebelumnya melalui beberapa proses seperti penggabungan sebuah data, analisa, dan terbentuknya sebuah kesimpulan.

Untuk mengetahui jenis-jenis tes psikologi untuk mahasiswa baru, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya! 

Baca Juga Mahasiswa Polinema Manfaatkan IoT untuk Informasi Cuaca

Tes Psikologi FACT (Flanagan Aptitude Classification Test)

Tes psikologi pertama yang bisa di lakukan oleh mahasiswa baru untuk menentukan jurusan yang tepat untuk karir masa depan adalah tes psikologi FACT atau Flanagan Aptitude Classification Test.

 (Flanagan Aptitude Classification Test) ini terdiri dari beberapa elemen testing yang meliputi:

  • Ingenuity dan alertness
  • Expresion
  • Mechanics
  • Tables
  • Components
  • Patterns
  • Arithmetics
  • Judgement dan comprehension
  • Coordination
  • Scales
  • Assembly
  • Precision
  • Memory
  • Coding
  • Inspection

Flanagan Aptitude Classification Test di lakukan dengan cara menyajikan keseluruhan tes dalam satu seri atau terpisah untuk setiap sub tes-nya.

Banyak manfaat yang bisa di ambil dari pelaksanaan Flanagan Aptitude Classification Test, untuk mahasiswa baru tes ini bisa di jadikan dasar untuk menentukan pilihan jurusan pendidikan yang akan mereka ambil.

Bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan dan menentukan jurusan pilihannya. Tes ini umumnya akan di erlakukan saat masih menjadi siswa SMA di kelas delapan hingga kelas sepuluh.

Cara yang selama ini di lakukan adalah dengan membandingkan data-data prestasi akademik dan non akademik siswa dalam semua di siplin studi dan juga kemampuan beradaptasi secara sosial.

flanagan aptitude test

Sedangkan untuk peserta tes umum, Flanagan Aptitude Classification Test juga bisa di jadikan landasan untuk memilih pekerjaan yang cocok dengan minat yang di impikan.

Kesimpulannya, Bagi mahasiswa Flanagan Aptitude Classification Test merupakan sebuah tes psikologi yang bisa membantu seseorang dalam menentukan pilihan sesuai dengan minat dan kemampuan yang mereka miliki dan inginkan. 

Tes Psikologi Numerical Ability (Tes Berhitung)

Selain Tes FACT (Flanagan Aptitude Classification Test), bagi para mahasiswa baru yang ingin lebih mengenali dirinya juga bisa melakukan Tes Psikologi Numerical Ability atau dalam Bahasa Indonesia di kenal dengan nama tes berhitung.

Tes ini di lakukan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam hal berpikir menggunakan angka-angka.

Orang-orang juga sering menyebut Tes Psikologi Numerical Ability sebagai tes yang berhubungan erat dengan kemampuan berpikir menggunakan angka.

Tujuan dan manfaat Tes Psikologi Numerical Ability adalah untuk membantu mahasiswa baru memprediksi dan menganalisis kemampuan di bidang pendidikan ataupun di dunia kerja nantinya.

Tes ini sangat tepat di lakukan untuk calon mahasiswa yang mempunyai ketertarikan di jurusan kuliah seperti matematika. Fisika, teknik, kimia, hingga ilmu sosial kemasyarakatan. 

Tes Psikologi Numerical Ability terdiri dari banyak soal tentang pertanyaan-pertanyaan aritmatika. Setidaknya akan ada 40 soal yang di berikan untuk mengikuti proses Tes Psikologi Numerical Ability.

Soal yang di berikan biasanya di sajikan secara individu atau klasikal sesuai dengan kondisi tertentu. Tes ini akan di batasi dengan waktu yang relatif singkat. Biasanya untuk mengerjakan sekitar 40 soal akan di berikan waktu hanya 30 menit saja.

Metode yang di gunakan dalam Tes Psikologi Numerical Ability ini masih konvensional, peserta tes akan di berikan soal dari buku cetak atau lembar soal. Kemudian akan disediakan lembar jawaban untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan yang di berikan pada lembar kertas yang terpisah dari soal.

Tes Psikologi Kemampuan Verbal (Verbal Reasoning) 

Selain tes psikologi FACT (Flanagan Aptitude Classification Test) dan Tes Psikologi Numerical Abilit. Mahasiswa baru juga bisa mengikuti jenis tes psikologi kemampuan verbal atau yang lebih di kenal dengan verbal reasoning.

Walaupun memiliki fungsi dan manfaat yang umumnya sama dengan jenis-jenis tes psikologi lainny. Yaitu untuk mengetahui kemampuan dasar, minat, dan bakat yang di miliki. Tes verbal reasoning jug bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir logis dan juga bagaimana cara seseorang dalam memecahkan masalah.

tes psikologi untuk mahasiswa baru

Dalam tes psikologi kemampuan verbal, mahasiswa baru akan mendapatkan soal-soal atau pertanyaan yang berbentuk kata-kata. Ada banyak variasi soal yang akan di berikan baik itu tentang pengetahuan dasar kata-kata. Hingga persamaan dan perbedaan dalam memandang sebuah kata atau kalimat.

Dalam tes kemampuan verbal atau verbal reasonin. Peserta tes yang umumnya adalah calon mahasiswa baru atau kelompok umum akan mendapatkan nilai atau skor dari hasil tes yang mereka laksanakan.

Semua hasil tes tersebut akan mengarah pada kepribadian seseorang. Misalnya tentang bagaimana mereka memandang sebuah masalah dan mencari solusi. Bagaimana cara berhadapan dengan orang di lingkungan sosial, bagaimana cara kerja mereka dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan tertentu. Dan hal-hal lain yang terkait dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Semua jenis tes psikologi yang telah di jelaskan di tas. Baik itu  tes psikologi  FACT (Flanagan Aptitude Classification Test), tes psikologi numerical ability. Serta tes kemampuan verbal atau verbal reasoning akan memiliki skor yang berbeda-beda untuk setiap individu, khususnya calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Apabila mendapatkan nilai yang diatas rata-rata yang tinggi dalam bidang tertentu. Maka itulah tandanya seseorang memiliki kemampuan yang menonjol dalam hal tersebut. Hasil ini nantinya bisa dijadikan acuan untuk melangkah dan memilih jurusan kuliah atau menentukan karir yang cocok dan sesuai dengan minat dan kepribadian.

Nah, itu dia penjelasan tentang jenis-jenis tes psikologi untuk mahasiswa baru, semua tes yang telah diuraikan di atas memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, jadi pastikan untuk melakukan tes tersebut secara menyeluruh.

Seseorang bisa menggunakan semua jenis tes untuk mengetahui karakter dalam d rinya bukan hanya untuk mencari pekerjaan atau menentukan jurusan kuliah yang tepat. Tetapi juga bisa untuk lebih mengenal diri sendiri dan kesehatan mental.

Ketiga tes yang telah di jelaskan di atas, baik itu  tes psikologi yang telah di jelaskan di atas. Baik itu  tes psikologi  FACT (Flanagan Aptitude Classification Test), tes psikologi numerical ability. Serta tes kemampuan verbal atau verbal reasoning bisa di lakukan secara terpisah. Tetapi ketiganya juga bisa di lakukan secara bersamaan untuk menghasilkan kesimpulan yang lebih baik. 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp