Kemajuan inovasi Robot karya anak Bangsa, nomor 4 kalahkan Amerika !

Indobot Academy

Inovasi anak bangsa semakin maju mengikuti zaman. Berbagai macam robot telah di ciptakan dan di lombakan dari nasional sampai internasional. Bukan hanya itu, robot-robot yang di ciptakan tidak sedikit menyita perhatian dunia. Berikut robot-robot inovasi karya anak bangsa bangsa.

1. Tim BeeHive Drones

Ishak Hilton Pujantoro, Muhamad Randi Ritvaldi, Anindita Pradana Suteja dan Albertus Gian Memperkenalkan robot terbang dan mewakili Indonesia di ajang Imagine Cup 2018. Mereka memperkenalkan sistem drone yang bisa diakses dari aplikasi mobile, untuk menghadirkan solusi pertanian yang presisi bagi para petani. Meski tak keluar sebagai pemenang Imagine Cup 2018 tingkat global, BeeHive Drones memukau para juri dan memperkenalkan karya mereka ke kancah internasional.(source: detik.com) 

Tim BeeHive Drones Wakili Indonesia di Final Imagine Cup World Halaman all - Kompas.com

Baca Juga : Robot atau Hewan nih ? Inilah Robot Hewan yang ciamik sahabat indobot !

2. Tim Robot Berkaki UMM

Robot berkaki bernama Dome karya tim dari Universitas Muhamadiyah Malang berhasil mengantongi juara I kategori Pemadam Api Indonesia setelah menggungguli 20 tim lainnya pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2018. Teknologi dan strategi inovatif yang di lakukan mencapai kesuksesan. Alih-alih memakai air layaknya peserta lain guna memadamkan target api, Alfan dan rekan-rekannya memanfaatkan karbondioksida (CO2) sebagai pengganti. Robot ini sudah kami rakit sejak tahun 2016 silam, dan selalu melakukan pembaharuan di setiap komponennya. (source : beritagar.id) 

Langganan Juara, Robot DOME UMM Menang di Amerika - Berita | Teknik Elektro

 

3. Tim Robot Soccer Ichiro Institut Sepuluh November Surabaya (ITS)

Indonesia berhasil menyabet gelar juara dunia Robo Cup 2018 di Montreal, Kanada. Indonesia berhasil memperoleh gelar juara dunia sepakbola robot setelah mengalahkan tim Iran, 3-0. Pada kejuaraan tersebut, tim Ichiro ITS berhasil menyabet 4 kategori penghargaan sekaligus, antara lain, Juara Pertama Sepakbola Robot Kategori Teen Size setelah di final mengalahkan Tim Iran dengan skor 3 – 0, Juara Kedua Technical Challenge Kategori Teen Size, Juara Kedua Drop In Games Kategori Teen Size, Juara Ketiga Best Humanoid Robot Soccer untuk semua kategori. (source: detik.com) 

2 Tim Robotika ITS Sabet Juara Kompetisi Internasional di Bangkok

4. Tim Robotik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) 

Tiga mahasiswa Fakultas Teknologi yaitu dari Faisal Aminuddin, La Ode Muhammad Idris, dan Ahmad Zuhri itu berhasil bersaing dengan 80 tim kontestan dari berbagai negara dalam ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest 2018. Tim robotik Unissula menjadi juara umum setelah memborong berbagai juara antara lain robot pemadam api beroda menjadi juara  I dan II pada kategori senior. Lalu juara I dan II pada kelas Robot pemadam api berkaki, meraih penghargaan robot dengan performa terbaik serta best score pada level 2 dan 3. (source : detik.com) 

Tim Robotik Unissula Kembali meraih Juara I Tingkat Nasional - Universitas Islam Sultan Agung

Karya-karya yang telah berkiprah baik di nasional maupun internasional tentunya tidak di dapatkan dalam waktu singkat. Banyak hal yang di persiapkan dari riset sampai implementasi untuk robot-robotnya. Saat ini, membuat robot dapat dipelajari mulai dari usia dini, baik pembaca maupun adek-adek karena membuat robot dapat melatih ketekunan dan motorik. Untuk mempelajari robot mulai dari bagian sampai memasang sendiri bisa didapatkan diwww.indobot.co.id atau via Instagram di @indobot.co.id. Ayo buat robotmu sendiri !

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp