Kursus IoT Online? Jangan Ragu

Indobot Update

Internet of Things (IoT) merupakan sistem yang menggunakan koneksi internet untuk melakukan monitoring dan controlling. Dengan  menggunakan IoT, kita dapat memantau kondisi atau mengontrol suatu device kapanpun. Sistem IoT membutuhkan beberapa perangkat untuk melengkapinya, seperti device controller (mikrokontroler, contoh: NodeMCU, ESP8266, dan lainnya), Cloud, dan interface. Selain itu, dalam hal pemantauan kita membutuhkan tambahan sensor untuk membaca suatu kondisi, misalnya cahaya, suhu, kelembaban, tekanan, dan lain sebagainya.

Teknologi IoT masih terus berkembang hingga saat ini. Teknologi Iot akan menjadi salah satu teknologi masa depan yang ada pada segala bidang, seperti bidang industri, kesehatan, pendidikan, transportasi, dan beberapa bidang lainnya. Sehingga kita harus mulai mempelajarinya dari sekarang terutama bagi kalian yang ingin belajar bidang elektro, elektronika, mekatronika, atau yang sejenisnya. Namun saat masa pandemi seperti ini, kita akan terkendala dengan sulitnya melakukan pertemuan untuk belajar praktik. Karena jika kita hanya belajar IoT hanya pada teori, maka kita akan dibingungkan dalam pengaplikasiannya. Jalan satu-satunya adalah melakukan kursus IoT secara online.

Kursus bertujuan untuk meningkatkan skill personal dalam hal yang akan dipelajarinya. Dalam kursus praktik, hal yang diperlukan adalah menyentuh alat atau paling minimal adalah mensimulasikan suatu device. Begitu juga dengan kursus IoT sebagai kursus praktik. Kita perlu menggunakan device untuk belajar praktik IoT. Pertanyaannya, apakah kursus IoT memiliki device yang dapat digunakan untuk praktik dan bagaimana caranya agar kita dapat memahami apa yang kita praktekkan meskipun tidak bertemu langsung?

Nah Kursus IoT Online tidak berarti kita hanya menonton guru mempraktekkan device. Kita juga perlu untuk mempraktikkannya secara langsung. Bahkan kursus IoT secara online juga memiliki beberapa kelebihan loh.

 

Materi Sesuai

Pada materi pembelajaran untuk kelas kursus praktik IoT secara online sudah disediakan juga dalam bentuk pdf untuk memudahkan kita dalam belajar. Materi yang ada juga tidak hanya teori, namun juga disajikan dalam bentuk tutorial untuk mempermudah peserta kursus dalam memahami materi. Materi menyesuaikan dengan cakupan kemampuan dan kebutuhan pesertanya. Selain itu, isi materi juga sudah teruji coba dengan device yang sama dengan device yang tersedia untuk peserta.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

 

Tersedia Video Praktik

Video praktik pastinya sangat perlu untuk meningkatkan pemahaman dan melihat proses penyusunan alat secara detail.  Video tidak jauh dari materi sebelumnya. Jadi tidak akan membuat bingung peserta. Video yang tersedia ini juga dapat berfungsi sebagai bahan pembelajaran yang dapat terakses kapanpun. Jadi tidak terpatok waktu harus kapan kalian mempraktekannya. Dengan kebebasan akses ini, kita akan lebih tenang untuk mempelajari setiap detail pembelajaran. Namun bukan berarti kita boleh bermalas-malasan sehingga menunda untuk mempelajarinya. Berbeda dengan pertemuan secara offline, yang mana kita harus mempraktikkannya pada tempat itu juga.

 

Dapat Berkonsultasi dengan Ahlinya

Konsultasi dalam pembuatan project akan sangat perlu untuk mengatasi ketika ada kesalahan atau jika ada keinginan untuk mengembangkan proyek yang sudah ada. Peran konsultan umumnya untuk menjawab pertanyaan terkait materi dan perkembangannya. Adanya konsultasi yang bermaksud untuk memberikan fasilitas tambahan agar tidak terjadi kebingungan dari kita untuk melaksanakan suatu project yang ada pada dalam materi.

 

Baca juga: Platform Keren dan Userfriendly untuk Project IoT. Apalagi Kalau Bukan Blynk

 

Dapat Sertifikat

Sertifikat dari kursus pastinya tidak asing lagi ya, Hal ini bahkan seperti wajib. Sebabnya, dengan adanya sertifikat kursus, kita dapat menggunakannya untuk mendaftarkan diri di suatu instansi yang membutuhkan keahlian IoT. Namun untuk mendapatkan sertifikat ini, tidak cukup hanya dengan membeli kelas saja ya. Kita harus menyelesaikan kursus dari awal hingga akhir untuk mendapatkan sertifikat ini. Bagi kalian belum punya sertifikat keahlian sama sekali, ini penting loh.

 

Penyediaan Device yang Sesuai

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kendala paling sulit dari praktik online adalah device. Kursus IoT Online pastinya membutuhkan device untuk uji coba dan pengembangan. Device akan terkirim kepada peserta kursus untuk dapat berguna. Device ini memiliki banyak jenis yang dapat berkembang secara project dan fungsi. Jadi tidak hanya terpatok dengan tutorial yang sudah tersedia. Namun kita dapat mengembangkan pemahaman kita dengan mengganti-ganti program dan bisa jadi platform cloud yang bisa berguna.

 

Tertarik untuk belajar IoT? kalian bisa lakukan secara online kok. Dengan berbagai kelebihan di atas, sepertinya tidak perlu ada keraguan untuk memilih antara online atau offline. Yang perlu memikirkannya lagi sekarang adalah minat kita dalam belajar IoT sebagai teknologi masa depan.

Semakin kuat keinginan kita, maka semakin kuat pula semangat untuk mencapainya.

Yuk kita mulai belajar IoT dari sekarang.

 

Baca juga: Ikut Kelas Kursus Online Internet of Things

 

Jika ada yang ingin teman-teman tanyakan, jangan ragu untuk bertanya ke Minbot ya. Kalian juga dapat menyampaikan request kursus yang kalian butuhkan, misalnya ingin belajar IoT di bidang pertanian saja atau yang lainnya.

Yuk jangan ragu untuk belajar IoT.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp