Kursus Praktik Kok Online, Yakin Bakal Bisa?

Indobot Update

Halo Fanbot.

Di masa pandemi pandemi ini banyak hal yang harusnya kita lakukan dengan pertemuan, namun hanya secara online. Meet secara online sudah mulai banyak diterapkan di Indonesia sekitar pada tahun 2019 di mana pandemi mulai ada di Indonesia. Di awal pasti banyak siswa yang merasa senang, karena seperti diliburkan dalam jangka waktu panjang. Namun semakin lama, ketidakefektifan dari pembelajaran tanpa pertemuan mulai terasa. Sehingga pertemuan melalui daring semakin sering dilakukan oleh guru untuk menjelaskan materi.

Peran aplikasi Meeting online sangat besar di masa sekarang ini. Banyak sekali dari kita yang menggunakannya untuk berbagai hal, dari sekolah, kantor, organisasi, dan bahkan untuk sekedar menyapa saudara-saudara yang berjauhan.

Konsep daring (dalam jaringan) sudah sangat melekat dalam setiap kegiatan kelompok. Begitu juga ketika kita ingin mengikuti suatu kursus. Kursus merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan pengetahuan tambahan. Kursus dapat berupa memperkuat materi sekolah/perkuliahan, lolos suatu tes, atau untuk menambah skill dari personal. Misalnya ketika kita kursus matematika SMA, maka kita punya tujuan untuk meningkatkan nilai dari mata pelajaran tersebut. Jika kita kursus SBMPTN misalnya, artinya kita berusaha agar kita lolos. Sedangkan jika kita belajar skill tambahan seperti elektronika, seni, bela diri, atau yang lainnya (yang tidak diperlukan di sekolah atau perkuliahan), maka kita punya tujuan untuk meningkatkan skill dari peminatan kita sendiri.

Hal yang menjadi pertanyaan dalam bahasan kali ini adalah terkait kursus online. Kursus yang dilaksanakan online dapat dilakukan melalui zoom atau aplikasi meet lainnya. Mudah? Yap. Solusi teratasi. Lalu bagaimana kita dapat melaksanakan kursus yang harus dipraktikkan? Apakah bisa juga kita laksanakan dengan online.

Nah kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara kita untuk kursus tapi secara online. Yuk kita simak beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melaksanakan kursus praktik online.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Materi

Materi pembelajaran untuk kelas kursus praktik secara online harus disediakan juga dalam bentuk tulisan untuk mempermudah kita dalam belajar. Di sini tidak hanya dalam bentuk teori, namun juga dalam bentuk tutorial yang tertulis . Hal ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan memudahkan bagi kita yang terbiasa dengan belajar dengan tulisan.

 

Video Praktik

Disini tidak hanya berarti kita mendapatkan video tutorialnya saja, tapi bisa jadi dengan adanya live Meeting yang dijadikan sebagai patokan kelas awal dan munculnya tanya jawab dalam kegiatan tersebut. Video Ini juga dapat berfungsi sebagai bahan pembelajaran yang dapat kita lihat kapanpun . Jadi tidak terpatok waktu harus kapan kalian mempraktekannya. Dengan kebebasan akses ini, kita akan lebih tenang untuk mempelajari setiap detail pembelajaran. Namun bukan berarti kita boleh bermalas-malasan sehingga menunda untuk mempelajarinya.

 

Baca juga : Ikut Kelas Kursus Online Internet of Things

 

Device Sama dengan Praktik

Nah ini yang sering terjadi miss communication. Jika kita menganggap semua praktik itu sudah ada di youtube atau platform video lainnya, maka kita harus benar-benar menyamakan device kita untuk menyelesaikan project. Sehingga ketika kita mengalami kesalahan, kita dapat langsung memperbaikinya dengan menyesuaikan dengan materi atau video pembelajaran. Jika device tidak sama maka kita akan kesulitan. Mungkin yang akan mengalami kesulitan adalah mereka yang memerlukan device dengan harga mahal seperti PLC, Mesin industri atau yang lainnya. Solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi simulasi atau ada prototype yang hampir menyamai device praktik . Meskipun tidak benar-benar menyentuh alat yang harusnya kita gunakan, kita sudah bisa mempraktekkan di skala yang lebih kecil.

 

Konsultasi

Konsultasi dalam project praktik  untuk mengatasi ketika ada error atau adanya keinginan untuk mengembangkan suatu project yang sudah ada sebelumnya. Peran konsultasi biasanya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi dan pengembangannya. Adanya konsultasi bertujuan untuk memberikan fasilitas tambahan untuk menghindari kebingungan dari kita untuk menyelesaikan suatu project yang ada dalam materi.

 

Baca juga: Macam-Macam Pelatihan Teknologi untuk Guru Elektro Elektronika

 

Bagaimana? tempatmu sudah menyediakan hal yang di atas? Banyak hal yang memang kita butuhkan dalam belajar melalui kursus praktik secara online. Bukan hanya dalam hal fasilitas, namun juga kemauan kita untuk menyelesaikan projectdalam kursus tersebut.

Jika kemauan yang kita miliki masih belum kuat, maka kita pembelajaran kursus praktik online akan sangat tidak berfungsi. Bukan hanya praktik, namun kursus teori juga akan mengalami proses yang sama. Mungkin kita hanya akan mendapatkan sertifikat tertentu untuk mendaftar kerja atau yang lainnya, namun tidak berkembang dalam hal skill.

Semua tergantung kepada kita yang ingin belajar ya. Bagi kalian yang memilih kursus praktik untuk meningkatkan atau menambahkan skill, Minbot yakin kalian akan menyelesaikan setiap tahapnya dengan baik. Semangat!

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp