Macam-Macam Pelatihan Teknologi untuk Guru Elektro Elektronika

Indobot Update

Halo semuanya.

Kali ini kita akan membahas terkait berbagai materi tema untuk pelatihan guru elektronika baik sebagai sertifikasi, menjaring koneksi, atau khusus untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam bidangnya.

Di masa pandemi seperti ini, kita seringkali menemukan pelatihan-pelatihan secara online. Hal ini memudahkan kita untuk mengakses berbagai pelatihan hanya sekali klik untuk dapat mengikutinya. Hingga kemudian kita bisa langsung mendapatkan sertifikat pelatihan tersebut.

Selain itu, ada juga sekolah yang mengkhususkan untuk mengadakan pelatihan dengan mengundang berbagai ahli melalui instansi tertentu. Tujuannya sama yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolahnya. 

Guru merupakan orang yang mendidik dan mengajar siswanya sesuai bidangnya. Sehingga guru diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar agar dapat diterima siswa dan guru juga dapat menguasai bahan ajar tersebut. Guru SMK sebagai terutama guru elektronika harus selalu upgrade pengetahuan sesuai dengan kemajuan teknologi. Inilah salah satu hal yang membuat guru yang berpatokan pada teknologi harus terus belajar. Nah langsung saja kita simak, apa saja sih materi untuk guru elektronika.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

 

K3

Singkatan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. K3 merupakan kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja dengan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Materi ini akan berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi produksi. Dimana setiap teknologi yang berbeda memiliki penanganan K3 yang berbeda. Biasanya K3 ini tidak dijadikan bahan ajar kepada siswa saja, namun lebih banyak penerapan langsung untuk tiap-tiap materi dan bengkel. 

 

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran merupakan salah satu materi hampir seluruh guru. Di mana kita perlu mengembangkan bahan ajar biasa menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa guru memiliki tugas untuk mengembangkan bahan ajar agar dapat diterima siswa dengan baik. Banyak yang dapat dipelajari pada bagian Media pembelajaran ini. Mulai dari aplikasi seperti powerpoint, mind Mapping, Simulator, Animate, dan lain sebagainya yang dapat mendukung jalannya pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran juga menyangkut pada suatu barang dalam bentuk fisik, seperti maket, prototype, atau yang lainnya. Semakin banyak bermunculan teknologi yang dapat membuat siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran. 

 

baca juga: Ingin Belajar IoT? Inilah Perangkat yang harus Kamu Punya

 

Mikrokontroler

Merupakan teknologi yang dikembangkan untuk mengendalikan suatu alat hanya dengan program komputer yang dikirimkan ke IC. Mikrokontroler juga sudah masuk ke kurikulum SMK, di mana siswa diharuskan untuk belajar program mikrokontroler. Saat ini, SMK lebih sering menggunakan Arduino Uno sebagai media pembelajaran untuk mikrokontroler. Dengan bertambahnya waktu, semakin banyak mikrokontroler yang terus berkembang dan tentunya memberikan fasilitas lebih jika kita bandingkan dengan Arduino Uno. Nah kemajuan seperti inilah yang harus dipelajari lagi oleh guru elektronika dalam memberikan materi mikrokontroler. Contoh mikrokontroler dalam hal  ini adalah seperti NodeMCU ESP8266, Wemos, Rassberry Pi, ESP32, LoRa, dan lain sebagainya. 

 

PLC/HMI

PLC (Programmable Logic Controllers) dan HMI (Human Machine Interface) adalah dua hal yang saling berhubungan. PLC merupakan gabungan relay untuk kebutuhan controlling. Program PLC ini tidak serumit arduino IDE. Kita dapat menggunakan Ledder atau bentuk lainnya yang cukup mudah untuk dikendalikan. Sedangkan HMI lebih ke display dari pembacaan beberapa sensor di yang terhubung. Selain itu, kita juga dapat membuat tombol atau slider untuk mengendalikan kinerja dari PLC. Nah di pelatihan ini biasanya ketika sekolah berencana untuk membeli alat baru untuk trial dan mengajarkan ke guru bagaimana cara mengoperasikannya. Sehingga guru dapat mengajarkannya juga ke siswa sebagai materi tambahan.

 

Robotika

Materi robotika untuk SMK tidak akan jauh dari pembelajaran mikrokontroler. Hanya saja, biasanya materi ini akan lebih mengarah ke penerapan langsung. Baik dengan menggunakan lengan robot, robot humanoid, Line follower, atau yang lainnya. Pelatihan robotika bagi guru akan menciptakan pengalaman dan pengetahuan baru dalam bidang elektronika. 

 

Internet of Things

Internet of Things (IoT) merupakan sistem terintegrasi yang memudahkan user untuk mengendalikan dan memonitoring suatu rangkaian elektronika. Sistem ini menggunakan jaringan internet untuk saling terhubung dengan tiap-tiap device. Adanya IoT akan membuat kita dapat melakukan controlling dan monitoring di manapun dan kapanpun. Nah materi ini tergolong baru untuk siswa, namun untuk mempersiapkan siswa dalam mengembangkan kemampuannya di industri, materi ini menjadi sangat siswa butuhkan. Sehingga guru mempelajarinya dan dapat mengajarkannya ke siswa nantinya.

 

baca juga: Rekomendasi Sensor Murah tapi Variatif untuk Belajar IoT Pemula

 

Nah itu adalah beberapa materi pelatihan yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan kompetensi guru. Bukan hanya elektronika, tetapi juga guru elektro, mekatronika, elektronika industri, otomasi industri, dan jurusan-jurusan sejenisnya.

Yuk ikut pelatihan.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp