Mediatek Hadirkan Chipset Smartphone IoT dan Chromebook

Indobot Academy

Chipset artificial iot mediatek genio
Chipset artificial iot mediatek genio

Mediatek kembali menggelar acara di Indonesia dengan acara bertajuk Mediatek Indonesia Media Gathering 2023. Dalam acara ini, perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut ingin memperkenalkan beberapa chipset terbaru kepada masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk smartphone, Mediatek juga memamerkan chipset yang digunakan untuk Chromebook dan perangkat IoT.

Pendapatan MediaTek Meningkat di 2022

Vice President Corporate Marketing Mediatek, Finbarr Moynihan, menyatakan bahwa selama delapan kuartal sejak tahun 2021, Mediatek telah menjadi pemimpin pangsa pasar SoC mobile. Hal ini terbukti dengan pendapatan sekitar $18,5 miliar yang berhasil mereka catatkan pada tahun 2022. Pada kuartal pertama tahun 2023, mereka juga telah mencapai pendapatan sekitar $3,3 miliar.

Baca Juga Perbedaan Chipset Mikrokontrol dan Mikroprocessor

Mediatek juga ingin memimpin dalam hal kecepatan di pasar smartphone dengan meluncurkan SoC terbarunya, Dimensity 9200+. Chipset ini menawarkan kecepatan sekitar 10% lebih tinggi dibandingkan dengan Dimensity 9000. Hal ini terbukti meningkatkan kinerjanya sebesar 10% dalam pengujian menggunakan aplikasi GeekBench. Pada sisi GPU, kinerjanya juga meningkat sebesar 10%.

Di Indonesia, Chromebook telah dikenal digunakan dalam bidang pendidikan di beberapa sekolah. Oleh karena itu, Mediatek memperkenalkan SoC khusus untuk Chromebook yang diberi nama Mediatek Kompanio. Pada tahun 2023, Mediatek memperkenalkan Kompanio 520 dan 528 sebagai chipset entry-level, Kompanio 820 dan 828 sebagai chipset kelas menengah, serta Kompanio 1200 dan 1380 sebagai chipset kelas premium.

Di bandingkan dengan versi sebelumnya, yaitu Kompanio 500 yang di luncurkan pada tahun 2020, kedua SoC ini mengalami peningkatan signifikan. Mediatek mengklaim bahwa kinerja single core dari kedua chipset ini meningkat sebesar 80%. Selain itu, proses multicore-nya juga mengalami peningkatan sebesar 15% yang lebih baik. Pada sisi grafisnya, kinerjanya mampu meningkat sebesar 20%.

Hadirkan Chipset Pendukung Artificial IoT

Chipset terakhir yang di perkenalkan adalah cip yang di gunakan untuk perangkat AIoT (Artificial Intelligence of Things). Chipset ini di beri nama Mediatek Genio. Di karenakan penggunaannya pada perangkat IoT, Genio menawarkan efisiensi daya yang tinggi dengan kinerja yang handal. Mediatek juga menjamin dukungan jangka panjang untuk SoC ini, termasuk pembaruan sistem operasi dan keamanan.

Genio juga di lengkapi dengan kemampuan untuk menangkap sinyal WiFi dan koneksi 5G di mana saja. Tentu saja, hal ini di dukung dengan tingkat keamanan yang dapat di andalkan oleh pengguna. Mediatek Genio juga di engkapi dengan Unit Pengolah AI dan Akselerator terpisah untuk memastikan perangkat yang menggunakan SoC ini menjadi lebih cerdas.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp