Mengenal Penerapan Nanoteknologi dalam Kehidupan Sehari-hari

Indobot Academy

Mengenal Penerapan Nanoteknologi dalam Berbagai Bidang
Mengenal Penerapan Nanoteknologi dalam Berbagai Bidang

Nanoteknologi dapat memberikan banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Sudah ada berbagai alat dalam setiap bidang yang pastinya menggunakan teknologi ini juga, bahkan Anda dapat mengenal penerapan Nanoteknologi jika melihat dari berbagai macam bidang. 

[lwptoc title=”Daftar Isi”]

Teknologi yang luas manfaatnya ini juga sudah di aplikasikan dalam bidang kesehatan hingga berbagai macam bidang lainnya. Contohnya dalam penciptaan material yang memang kuat tetapi tidak berat. Yuk, ketahui informasi lebih lanjut dengan simak hingga akhir!

Baca Juga Indonesia Raih Penghargaan Rice Research Institute Berkat Teknologi IoT

Mengenal Penerapan Nanoteknologi dalam Berbagai Bidang 

Walaupun sudah di gunakan dalam berbagai macam bidang, tetapi ada beberapa orang yang belum mengenal teknologi ini dengan baik. Wajar halnya jika Anda masih merasa asing dengan pengertian dari Nanoteknologi. 

Jadi, teknologi ini merupakan teknologi ciptaan dengan memanfaatkan skala nano yang dapat menghasilkan sifat baru pada material. Berikut penerapannya: 

  • Transplantasi organ tubuh 

Penerapan pertama dari Nanoteknologi ini ada dalam dunia kedokteran. Pastinya, banyak proses yang harus di lakukan untuk menyelamatkan nyawa manusia. 

Salah satunya adalah melakukan transplantasi organ. Sayangnya, kemungkinan selamat juga kecil karena organ tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama. Hal ini akan membuat banyaknya organ dari pendonor menjadi sia-sia. 

Karena itu, kehadiran Nanoteknologi sangat membantu karena dapat membekukan organ dan tidak merusak sel ketika di lakukan proses pencairan. 

Dengan begitu, organ dapat bertahan dengan baik dan di manfaatkan dalam proses transplantasi. Bahkan, tidak terlihat sedikitpun sisa dari proses pembekuan dan juga pencairan. Hal ini karena elastisitas dari organ ikut terjaga. 

  • Mengenal penerapan Nanoteknologi: Antena 

Tentunya, Nanoteknologi juga di gunakan dalam pembuatan antena. Ada antena yang berasal dari serat karbon dengan ukuran tabung nano. Hasil penelitian ini ditemukan oleh Arman Bengio yang berasal dari Rice University. 

Tidak jauh berbeda dengan antena tembaga, antena nanotube ini juga mempunyai kemampuan yang sama. Namun, jauh lebih ringan dan juga fleksibel dalam penggunaan. 

  • Produk rumah tangga 

Sebenarnya, ada berbagai macam produk rumah tangga yang sudah memanfaatkan Nanoteknologi juga. dalam mengenal penerapan Nanoteknologi, Anda juga harus tahu kalau beberapa produk seperti gelas atau juga keramik hingga sepatu sudah menggunakan lapisan dari Nanoteknologi. 

Baca Juga : Macam-Macam Mikrokontroler Terfasilitasi WiFi

  • Olahraga 

Nanoteknologi juga dimanfaatkan dalam bidang lainnya yaitu olahraga. Jadi, ada berbagai macam raket yang sudah menggunakan serat karbon. 

Dengan penggunaan teknologi ini, peralatan dapat menjadi jauh lebih kuat. Kemudian, lebih baik atau berdaya guna tinggi juga. Anda jadi tidak harus mengeluarkan biaya terus untuk melakukan pembelian. 

  • Produk perawatan 

Orang juga menggunakan nano teknologi dalam bidang kesehatan lainnya selain transplantasi organ. Jadi, ada TiO3 dan juga SiO2 yang dimanfaatkan untuk membuat pasta gigi. 

Kemudian, ada juga perak yang dimanfaatkan dalam plester. Hal ini untuk pencegahan infeksi pada luka. Bahkan, ada pemanfaatan nano teknologi  dalam tes kehamilan. 

  • Mobil 

Pemanfaatan lain dalam Nanoteknologi ada pada mobil. Banyak mobil yang sudah menggunakan Nanoteknologi sebagai pelapis karena dapat mengkilapkan mobil. Selain itu, penggunaan nano teknologi ini juga mampu membuat mobil tahan terhadap berbagai macam goresan. 

Ini adalah hal yang perlu Anda ketahui dalam mengenal penerapan Nanoteknologi. Tentunya, akan terus ada kemajuan pada penggunaan Nanoteknologi ini. Bahkan, ada rencana untuk membuat pembangkit listrik menggunakan aliran darah dari teknologi ini.

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp