Timbangan Digital Mengenal Sensor yang Digunakan di Dalamnya

Indobot Update

Apakah Fanbot tau Sensor Load Cell merupakan sensor yang di rancang untuk mendeteksi tekanan atau berat sebuah beban? Sensor load cell ini umumnya di gunakan sebagai komponen utama pada sistem timbangan digital. Bahkan tingkat ke-akurasian suatu timbangan digital tergantung dari jenis dan tipe Load Cell yang di pakai.

Contoh lainnya di aplikasikan pada jembatan timbangan yang berfungsi untuk menimbang berat dari truk pengangkut bahan baku. Pengukuran yang di lakukan oleh load cell menggunakan prinsip tekanan. Tapi, tentu saja spesifikasi Load Cell sensor yang di gunakan berbeda dengan yang di gunakan pada timbangan digital.

Keterangan :

  • Kebel Merah : Input Tegangan Sensor
  • Kabel Hitam : Input Ground Sensor
  • Kabel Hijau : Output Positif Sensor
  • Kabel Putih : Output Ground Sensor

Sensor Load Cell ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  1. Kapasitas 2 Kg
  2. Bekerja pada tegangan rendah 5-10 VDC atau 5-10 VAC
  3. Ukuran sensor kecil dan praktis
  4. Input atau output resistansi rendah
  5. Nonlinearitas 0.05%
  6. Range temperatur kerja -10oC sampai +50oC

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Bagaimana dengan prinsip kerja Sensor Load Cell ini?

Saat proses penimbangan akan mengakibatkan reaksi terhadap elemen logam pada load cell yang mengakibatkan gaya secara elastis. Gaya yang di timbulkan oleh regangan ini di konversi ke dalam sinyal elektrik oleh strain gaige )pengukur reganagn) yang terpasang pada load cell.

 

Prinsip kerja load cell berdasarkan rangkaian Jembatan Wheatstone :

Apa yang di sebut strain gauge dan apa fungsinya?

Strain gauge adalah sebuah konduktor yang di atur sedemikian rupa dengan pola zig-zag dan terdapat di permukaan membrane. Ketika terjadi peregangan membrane, otomatis resistansinya mengingkat. Strain gauge berfungsi sebagai sensor untuk mengukur berat benda atau barang dalam ukuran besar. Umumnya sensor strain gauge ini terdapat pada jembatan timbang atau timbangan truk (truck scale).

Secara fisik strain gauge berupa grid metal foil cukup tipis yang melekat pada permukaan Load Cell. Akibat adanya beban di load cell maka terjadi strain lalu di transmisikan ke foil grid. Tahanan dari foil grid ini mengalami perubahan dengan nilai sebanding strain induksi beban.

Umumnya strain gauge memiliki sensor tipe metal foil di mana proses photoeching kemudian membentuk konfigurasi grid. Prosiesnya sendiri sangat sederhana sehingga bisa dibuat beragam ukuran gauge maupun bentuk grid. Gauge memiliki ukuran terpendek 0.20 mm dan 102 mm untuk ukuran terpanjang. Untuk tahanan standar 350 ohm namun ada juga gauge dengan tahanan 500 ohm – 10.000 ohm untuk kepentingan khusus.

Nah, sekarang kamu sudah mengenal sensor Load Cell ini, mungkin kamu bisa langsung terpikirkan dengan sensor ini kamu bisa membuat project apa. Jangan lupa tuliskan project yang akan kamu buat dengan sensor Load Cell ini di kolom komentar ya!

 

Penulis : Dicky Setyawan

Kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp