Osiloskop Sederhana Menggunakan Arduino UNO

Indobot Academy

Halo Sahabat Indobot, mari kita lanjutkan kembali untuk belajar ardunio , pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang membuat Osiloskop Sederhana Menggunakan Arduino UNO, nah untuk kalian yang belum tahu tentang dasar dasar pengetahuan pemograman, kalian bisa cek Postingan ini .

Kadang-kadang, maker perlu melihat bentuk gelombang dari tegangan yang di hasilkan maupun yang akan di gunakan dari suatu proyek. Untuk menghasilkan tampilan tersebut, maker memerlukan sebuah alat yang bernama osiloskop. Dengan perangkat Osiloskop ini, maker dapat melihat proyeksi bentuk sinyal listrik dalam proyek yang sedang di kerjakannya. Namun, tidak semua maker memiliki perangkat osiloskop ini. Oleh karena itu, para maker dapat membuatnya dengan perangkat Arduino Uno

Dengan berbekal LCD TFT 2,4inch dan Arduino Uno, maker  dapat mengembangkan sebuah osiloskop sederhana. Prinsipnya sama dengan perangkat osiloskop sesungguhnya, para maker dapat melihat tampilan sebuah grafik yang menunjukan bentuk gelombang dari tegangan yang terhubung dengan pin A5.

Baca Juga : Cara Mengakses Sensor Gas Menggunakan Arduino

PERSIAPAN

Tidak banyak yang perlu di persiapkan dalam proyek membuat Osiloskop Sederhana Menggunakan Arduino UNO. Dari segi hardware, maker hanya perlu menyiapkan

  • Arduino Uno dan kabel data
  • LCD TFT 2,4″
  • Dua buah kabel jumper berbeda warna
  • sumber tegangan
  • solder
  • tenol
  • tang potong

Setelah alat-alat di atas tersedia, maker perlu membuat konektor untuk menghubungkan tegangan yang akan di uji dengan osiloskop sederhana yang akan di buat. Potong dua buah kabel jumper yang telah di persiapkan tersebut. Hubungkan masing-masing kabel pada pin LCD TFT 2,4” yang berhubungan dengan pin Analog 5 dan ground Arduino UNO.

Setelah selesai menyambungnya, kemudian pasangkan LCD TFT 2,4” pada perangkat Arduino UNO. Colokan kabel data Arduino ke Komputer untuk memprogram perangkat tersebut.

Sedangkan dari segi software, maker perlu menyiapkan Arduino IDE,

Baca Juga :  Mengapa kita memakai Arduino ya Sahabat Indobot ? #Throwback

UPLOAD PROGRAM

Buka file Arduino_Osiloskop.ino yang telah di unduh sebelumnya. Konfigurasi pengaturan board dan port yang di gunakan Arduino UNO. Setelah selesai, klik tombol Upload (anak panah ke kanan) dan tunggu hingga prosesnya selesai.

AKHIR

Untuk menggunakan Osiloskop sederhana ini, maker dapat menghubungkan kutup positif dari tegangan yang akan di uji dengan kabel yang terhubung dengan pin A5. Sedangkan untuk kabel yang terhubung Ground dapat di hubungkan dengan kutup negatif/ground dari tegangan yang di uji. Yang terpenting dan perlu di ingat, Osiloskop sederhana ini hanya mampu menguji tegangan searah atau DC.

Gimana Sahabat Indobot ?, apakah artikel ini menjawab kebingungan Sahabat Indobot dalam belajar ardunio ?, Tinggalkan komentarmu ya sahabat Indobot, jika ada pertanyaan .

[zombify_post]

 

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp