Pengelolaan Parkir Kendaraan Berbasis Internet of Things

Indobot Update

Lahan parkir merupakan salah satu kebutuhan masyarakat, terlebih di lingkungan perkotaan. Padatnya penggunaan kendaraan mengakibatkan sering terjadi kekurangan lahan parkir dan membuat masyarakat memarkirkan kendaraannya di bahu jalan yang tentunya mengganggu kenyamanan bersama.

Teknologi Internet of Things Untuk Mengelola Lahan Parkir

Melihat potensi lahan parkir yang banyak dibutuhkan masyarakat, Centrepark Citra Corpora mengembangkan aplikasi pengelola parkir, yaitu “Parkee”. Aplikasi tersebut nantinya akan menjadi solusi pengelolaan parkir dengan berbasis kecerdasan buatan.

Centrepark Citra Corpora menginvestasikan kepada salah satu startup pengembang teknologi AI dan IoT bernama Alfabeta. Kolaborasi kedua perusahaan tersebut bertujuan untuk menciptakan lahan parkir yang dikelola dengan lebih baik menggunakan teknologi Internet of Things dan AI.

Alfabeta merupakan sebuah startup yang berdiri sejak tahun 2018. Perusahaan tersebut menciptakan berbagai produk berbasis AI dan IoT, salah satunya adalah Intelligent Analytics yang digunakan pada berbagai sektor bisnis. Alfabeta meluncurkan aplikasi pengelola parkir Parkee pada tahun 2019 dimana lahan parkir yang menggunakan aplikasi tersebut dapat dimonitor menggunakan aplikasi.

Penggunaan Parkee di Indonesia

Aplikasi pengelola lahan parkir, Parkee telah ada di berbagai kota besar Indonesia, mulai dari Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bandung, Medan, Batam, hingga daerah Jawa Tengah yaitu Semarang. Menurut Direktur Utama Centrepark Citra Corpora, Charles Richard Oentomo dari laman dailysocial.id beliau mengungkapkan bahwa “Kami ingin ciptakan onestop-solution untuk klien kami, seperti di mall, bandara, seaport dapat mengidentifikasi data”. Beliau juga mengatakan penggunaan teknologi ini akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Pihak Alfabeta mengungkapkan, bahwa kerjasama dengan Centrepark Citra Corpora tersebut karena Alfabeta mampu untuk menciptakan aplikasi tersebut dengan teknologi yang mereka miliki. Selain Parkee, terdapat banyak industri yang mengembangkan inovasi serupa, selain itu pihak Alfabeta juga memiliki berbagai teknologi penunjang seperti Automatic Number Plate Recognition (ANPR), Vehicle Detection, Counting, dan Tracking.

Teknologi Milik Alfabeta

Alfabeta memiliki beberapa teknologi untuk menunjang perangkat pengelola parkir berbasis AI dan IoT. Antaranya adalah ANPR yang dapat untuk mendeteksi Plat Nomor Kendaraan Bermontor kemudian mendaftarkannya ke data secara otomatis. Kemudian Vehicle Detection, Counting, dan Tracking merupakan teknologi untuk memonitor kendaraan yang lewat. Sedangkan Object Detection, Counting, dan Tracking untuk mendeteksi keberadaan kendaraan bermotor.

Teknologi tersebut sangat bermanfaat bagi pengguna parkir, karena keamanan dan kenyamanan dalam memarkirkan kendaraannya akan terjamin dengan baik. Selain itu pengguna lahan parkir yang telah menerapkan perangkat pengelola parkir berbasis IoT tersebut tidak perlu menyediakan uang tunai untuk pembayaran. Karena dapat langsung kita bayar menggunakan aplikasi keuangan yang tersedia di masing-masing smartphone.

Baca juga :Mengenal Sophia Robot AI Yang Mendapat kewarganegaraan Arab Saudi

Internet of Things Sebagai Solusi Masa Kini

Penggunaan perangkat-perangkat berbasis IoT tersebut, terbukti lebih menciptakan kenyamanan bagi para penggunanya. Seperti penggunaan perangkat IoT pada lahan parkir yang akan memudahkan pengguna untuk memarkirkan kendaraannya di lokasi tersebut. Internet of Things memiliki segudang manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Sehingga mempelajari Internet of Things akan menjadi sebuah keharusan di masa mendatang. Untuk mempelajarinya, bisa melalui lembaga-lembaga penyedia sarana belajar IoT atau mengikuti sekolah formal. Salah satu lembaga yang menyediakan pembelajaran terkait IoT adalah Indobot Academy. Bersama Indobot Academy, kita bisa belajar segala hal terkait AI, Arduino, dan segala hal terkait Internet of Things.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp