Pengertian dan Contoh Karya Tulis Ilmiah

Indobot Academy

pengertian dan contoh karya tulis ilmiah
pengertian dan contoh karya tulis ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah salah satu bentuk tulisan yang penting dalam dunia akademik. Untuk Anda yang ingin mencari jenis dan contoh karya tulis ilmiah, artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis dalam membangun dasar-dasar karya tulis ilmiah yang baik.

[lwptoc]

Pengertian Karya Tulis Ilmiah Menurut Para Ahli

Pengertian karya tulis ilmiah dapat bervariasi tergantung pada perspektif dan konteks yang digunakan. Berikut adalah beberapa pengertian karya tulis ilmiah menurut beberapa ahli:

  1. John W. Creswell: Karya tulis ilmiah adalah “suatu penelitian yang dilakukan menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan penelitian yang terkait dengan bidang ilmu tertentu. Hasil penelitian tersebut kemudian disajikan dalam bentuk tulisan yang sistematis dan terstruktur.”
  2. Miles and Huberman: Karya tulis ilmiah adalah “proses penyelidikan yang menggunakan metode ilmiah untuk menghasilkan pengetahuan baru yang berkualitas. Pengetahuan ini kemudian disajikan dalam bentuk tulisan yang berfungsi untuk berbagi temuan, mendorong diskusi, dan memajukan bidang ilmu tertentu.”
  3. Haryatmoko: Karya tulis ilmiah adalah “suatu tulisan yang berlandaskan pada keilmuan dan menggunakan metode ilmiah untuk mengungkapkan dan menyampaikan gagasan serta hasil penelitian secara sistematis dan logis.”
  4. Suharsimi Arikunto: Karya tulis ilmiah adalah “hasil dari suatu kegiatan yang berlandaskan pada penelitian yang sistematis dan menggunakan metode ilmiah. Karya tulis ilmiah ditulis dengan tujuan untuk menyumbangkan pengetahuan baru dalam bidang ilmu tertentu dan dapat dikomunikasikan kepada pembaca yang tertarik.”
  5. Prof. Mulyana: Karya tulis ilmiah adalah “tulisan yang berdasarkan pada penelitian atau pemikiran yang dilakukan secara sistematis dan menggunakan metode ilmiah. Karya tulis ilmiah harus mengikuti aturan penulisan ilmiah yang baku dan memiliki keakuratan serta keabsahan data dan informasi yang disajikan.”

Baca Juga Mengenal Arjuna Sistem Akreditasi Jurnal Nasional

Meskipun terdapat variasi dalam definisi ini, pada dasarnya karya tulis ilmiah mencakup penelitian yang dilakukan menggunakan metode ilmiah, penyajian yang sistematis dan terstruktur, serta tujuan untuk berkontribusi pada pengetahuan dan kemajuan dalam bidang ilmu tertentu.

Jenis dan Contoh Karya Tulis Ilmiah

Ada beberapa jenis karya tulis ilmiah yang umum digunakan dalam dunia akademik dan penelitian. Beberapa jenis karya tulis ilmiah yang sering ditemui antara lain:

Artikel Jurnal Ilmiah

Artikel jurnal ilmiah merupakan karya tulis yang di terbitkan dalam jurnal akademik. Berisi penelitian orisinal yang di kontribusikan kepada pengetahuan di bidang tertentu. Artikel jurnal ilmiah biasanya meliputi pendahuluan, metodologi, hasil penelitian, analisis data, dan kesimpulan.

Makalah Konferensi

Makalah konferensi adalah karya tulis yang di sajikan dalam konferensi ilmiah atau pertemuan akademik. Berfokus pada penelitian yang sedang di lakukan dan sering kali belum di terbitkan secara resmi. Makalah konferensi juga mencakup pendahuluan, metodologi, hasil, analisis, dan kesimpulan.

Skripsi, Tesis dan Di sertasi

Skripsi, Tesis dan di sertasi adalah karya tulis yang di tulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari program sarjana atau pascasarjana. Adalah karya tulis yang lebih pendek dan lebih terbatas dalam cakupannya, sedangkan di sertasi lebih panjang dan lebih mendalam. Keduanya berisi penelitian original dan umumnya meliputi pendahuluan, tinjauan literatur, metodologi, hasil, analisis, dan kesimpulan.

Baca Juga Contoh Judul Skripsi Pendidikan Teknik Elektro

Buku dan Monograf

Buku dan monograf adalah karya tulis yang berfokus pada topik tertentu dan di tujukan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam dalam bidang penelitian tertentu. Sering kali di tulis oleh pakar dalam bidangnya dan mencakup aspek teoritis dan praktis.

Review Artikel

Review artikel adalah jenis karya tulis yang menyajikan rangkuman dan evaluasi dari penelitian yang sudah ada dalam bidang tertentu. Artikel ini mengidentifikasi tren, perbedaan, dan kesamaan dalam penelitian yang ada, serta memberikan sintesis yang komprehensif tentang topik tersebut.

Laporan Penelitian

Laporan penelitian adalah karya tulis yang berisi deskripsi rinci tentang proses, metode, dan hasil penelitian yang di lakukan. Dapat bersifat formal atau informal dan di gunakan untuk mengkomunikasikan temuan penelitian kepada pihak yang berkepentingan.

Tinjauan Buku

Tinjauan buku adalah karya tulis yang berupa analisis, penilaian, dan ringkasan dari suatu buku ilmiah. Memberikan pandangan kritis tentang kualitas, kelebihan, dan kekurangan buku tersebut.

Karya Tulis Popular

Karya tulis popular adalah karya tulis yang di tujukan untuk menyampaikan informasi ilmiah kepada publik yang lebih luas. Jenis karya tulis ini menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan menghindari penggunaan terminologi khusus untuk mempermudah pemahaman.

Perbedaan Jurnal Ilmiah dan Skripsi

Jurnal ilmiah dan skripsi adalah dua jenis karya tulis ilmiah yang memiliki perbedaan dalam konteks tujuan, cakupan, dan penggunaannya. Berikut adalah perbedaan antara jurnal ilmiah dan skripsi:

Tujuan

  • Jurnal Ilmiah: Tujuan utama dari jurnal ilmiah adalah untuk mempublikasikan penelitian orisinal dan kontribusi ilmiah kepada komunitas akademik dan ilmiah. Jurnal ilmiah bertujuan untuk menyebarkan pengetahuan baru, memperluas pemahaman, dan mendorong di skusi dan kolaborasi di bidang yang relevan. Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah minimal harus memiliki unsur subjek dan predikat serta penggunaan kata yang hemat.
  • Skripsi: Skripsi di tulis oleh mahasiswa sebagai persyaratan akademik dalam menyelesaikan program sarjana. Tujuan utama skripsi adalah untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian, menerapkan metode ilmiah, serta mengorganisir dan menyajikan temuan penelitian secara terstruktur.

Cakupan

  • Jurnal Ilmiah: Jurnal ilmiah umumnya berfokus pada penelitian orisinal yang di lakukan oleh para peneliti profesional atau akademisi. Artikel jurnal ilmiah mencakup aspek metodologi, hasil penelitian, analisis data, serta interpretasi dan kesimpulan yang di sampaikan secara terinci.
  • Skripsi: Skripsi adalah karya tulis yang di tulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari program sarjana. Skripsi mencakup deskripsi tentang permasalahan penelitian, tinjauan literatur terkait, metode penelitian, analisis data, serta kesimpulan yang di peroleh dari penelitian yang di lakukan oleh mahasiswa.

Proses Penulisan dan Penerbitan

  • Jurnal Ilmiah: Artikel jurnal ilmiah melalui proses peer-review yang ketat, di mana artikel akan di nilai oleh para ahli sejawat dalam bidang yang relevan. Jika di terima, artikel tersebut akan di terbitkan dalam jurnal ilmiah yang di akui. Proses penerbitan jurnal ilmiah melibatkan proses editorial dan persyaratan yang di tetapkan oleh jurnal tersebut.
  • Skripsi: Skripsi di tulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari program sarjana. Skripsi biasanya di evaluasi oleh dosen pembimbing dan dewan penguji yang menilai kualitas penelitian, analisis data, dan penyajian skripsi secara keseluruhan. Setelah berhasil mempertahankan skripsi, mahasiswa akan memperoleh gelar sarjana.

Target Pembaca

  • Jurnal Ilmiah: Jurnal ilmiah di tujukan kepada komunitas akademik dan ilmiah, seperti peneliti, ilmuwan, dan mahasiswa pascasarjana. Jurnal ilmiah menyediakan informasi terkini dalam bidang yang spesifik dan memfasilitasi pertukaran ilmiah di antara para ahli dalam disiplin ilmu tertentu.
  • Skripsi: Skripsi di tulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akademik dalam program sarjana. Target pembaca skripsi terutama adalah dosen pembimbing, dewan penguji, dan sesama mahasiswa yang tertarik dalam topik penelitian yang di bahas.

Meskipun ada perbedaan antara jurnal ilmiah dan skripsi, keduanya merupakan upaya untuk berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan dalam bidang akademik dan ilmiah.

Tahapan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah

tahapan utama dalam menyusun karya tulis ilmiah, mulai dari perencanaan hingga penulisan akhir. Dengan mengikuti panduan ini, di harapkan penulis akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang proses karya tulis ilmiah dan mampu menghasilkan tulisan yang berkualitas tinggi.

Pendahuluan

Karya tulis ilmiah merupakan suatu bentuk tulisan yang menggabungkan gagasan dan penelitian yang sistematis untuk membahas suatu topik secara objektif. Tulisan ini di gunakan sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan, mendorong diskusi ilmiah, dan menyumbangkan kontribusi pada bidang penelitian tertentu.

Baca Juga Jenjang Jabatan Dosen dan Syarat Jumlah Angka Kredit

Membuat karya tulis ilmiah yang baik memerlukan pemahaman yang jelas tentang struktur, metode penelitian, dan bahasa yang digunakan dalam bidang akademik.

Perencanaan

Tahap pertama dalam menyusun karya tulis ilmiah adalah perencanaan. Pada tahap ini, penulis harus menentukan topik yang akan di bahas, merumuskan tujuan penulisan, dan membuat kerangka tulisan. Perencanaan yang matang akan membantu mengarahkan penulis dalam mengumpulkan data dan merumuskan argumen yang kuat.

Penelitian

Setelah perencanaan, tahap berikutnya adalah melakukan penelitian. Penulis perlu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang relevan dengan topik yang di bahas. Sumber informasi dapat berupa buku, jurnal ilmiah, artikel, atau sumber daya online yang terpercaya. Selama penelitian, penting untuk mencatat dan menyimpan informasi yang relevan untuk menghindari plagiarisme dan memudahkan proses kutipan.

Analisis dan Interpretasi Data

Setelah mengumpulkan data, penulis perlu menganalisis dan menginterpretasikan data tersebut. Tahap ini melibatkan pemahaman yang mendalam terhadap data yang di peroleh dan kemampuan untuk menghubungkannya dengan topik yang sedang di bahas. Analisis yang baik akan menghasilkan kesimpulan yang kuat dan mendukung argumen yang di ajukan.

Penulisan dan Struktur

Setelah memahami data dan argumen, penulis dapat mulai menulis karya tulis ilmiah. Penting untuk mengikuti struktur yang baku, seperti pendahuluan, tinjauan literatur, metodologi, hasil penelitian, analisis, dan kesimpulan. Setiap bagian harus saling terkait dan mengalir secara logis. Penggunaan bahasa yang jelas dan teratur juga sangat penting untuk memastikan tulisan dapat di pahami dengan baik oleh pembaca.

Referensi dan Kutipan

Dalam karya tulis ilmiah, penting untuk memberikan penghargaan kepada penulis dan peneliti sebelumnya dengan menyertakan referensi yang relevan. Setiap sumber yang di gunakan dalam tulisan harus d akui dan di kutip sesuai dengan gaya penulisan yang di tentukan. Hal ini penting untuk menghindari plagiarisme dan memperkuat kredibilitas karya tulis ilmiah.

Revisi dan Penyuntingan

Proses revisi dan penyuntingan penting dalam proses pembuatan KTI. Penulis harus membaca kembali tulisan dengan kritis, memperbaiki kekurangan struktural atau gramatikal, dan juga memastikan keseluruhan tulisan menjadi lebih kohesif dan konsisten. Dalam tahap ini, dapat membantu melibatkan orang lain sebagai pembaca kritis yang memberikan masukan konstruktif. Anda bisa menggunakan Turnitin guna memastikan tidak ada plagiasi alam karya tulis ilmiah Anda.

Baca Juga Turnitin, Plagiarism Checker di Dunia Akademik

Kesimpulan

Membangun dasar-dasar karya tulis ilmiah yang baik memerlukan perencanaan, penelitian, analisis data, penulisan yang terstruktur, pengutipan yang akurat, dan juga revisi yang cermat. Dalam proses ini, kesabaran, dedikasi, dan kritisisme diri sangat di perlukan. Dengan mengikuti panduan ini, di harapkan penulis dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas tinggi dan memberikan kontribusi berarti pada bidang penelitian yang di pilih.

Bapak ibu yang ingin belajar untuk membuat karya tulis ilmiah, bisa melakukan request diklat di Mydiklat by Indobot Academy juga lho

Referensi:

  1. Badke, W. (2017). Research Strategies: Finding Your Way through the Information Fog. iUniverse.
  2. Day, R. A., & Gastel, B. (2011). How to Write and Publish a Scientific Paper. Cambridge University Press.
  3. Hailman, J. P., & Strier, K. B. (2017). Steps in the Scientific Process: How to Write a Scientific Paper. American Journal of Primatology, 79(9), e22658.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp