Pengguna IoT Di Indonesia Lebih Banyak dari Pengguna Smartphone

Indobot Academy

Pengguna IoT di Indonesia di perkirakan telah mencapai 40 juta pengguna pada tahun 2021. Hal ini seiring dengan pertumbuhan teknologi dan inovasi yang semakin pesat di  Indonesia. Pengguna IoT di Indonesia meningkat dua kali lipat di bandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal ini tidak mengherankan karena memang sudah di prediksi sebelumnya. Menurut laporan World Economic Forum yang berjudul “The Future of Jobs Report 2020” memperkirakan, sebanyak 9% perusahaan di seluruh dunia pada 2025 sudah pasti akan memanfaatkan teknologi IoT.

Device IoT Lampaui Jumlah Smartphone di Indonesia

Tak hanya itu, Kemenkominfo tahun lalu menyebutkan jika jumlah perangkat IoT pada tahun 2022 di perkirakan telah mencapai 400 juta serta akan meningkat ke 678 juta perangkat pada 2025 nanti pascahadirnya layanan 5G.

Selain itu, nilai pangsa pasar perangkat IoT di Indonesia di prediksi juga akan meningkat hingga Rp355 triliun pada 2022 lalu serta akan naik pangsanya mencapai Rp557 triliun pada 2025 nanti. Angka ini tentunya sejalan dengan penetrasi internet yang sudah mendekati 80% dari total populasi Tanah Air per Januari 2023.

IoT Bukan Hanya Device Masyarakat Perkotaan

Menariknya, pengguna IoT di Indonesia juga tidak hanya terbatas pada kalangan masyarakat perkotaan. Namun juga menjangkau masyarakat di pedesaan.

IoT membawa banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah dalam bidang kesehatan. Di mana IoT dapat membantu para dokter untuk memantau kondisi pasien dari jarak jauh melalui sensor yang terhubung dengan internet.

pengguna iot lebih banyak dari smartphone

Di bidang pertanian dan peternakan, IoT dapat membantu petani dan peternak memonitor lahan dan hewan ternak mereka agar terhindar dari penyakit dan mengoptimalkan hasil panen. Selain itu, IoT juga dapat membantu dalam mengoptimalkan produksi dan manufaktur di industri. Mengurangi biaya produksi, dan meningkatkan efisiensi.

Baca Juga Indonesia Raih Penghargaan IoT Global di Bidang Pertanian

Namun, meskipun IoT menawarkan banyak manfaat bagi masyarakat, masih banyak orang yang belum memahami atau menggunakan teknologi ini dengan optimal. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mulai belajar tentang IoT dan memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Ada beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk mulai belajar tentang IoT. Dapat mempelajari dasar-dasar IoT, seperti bagaimana IoT bekerja, komponen utama IoT, dan cara menghubungkan perangkat IoT ke internet. Kedua, dapat mencari informasi tentang penggunaan IoT dalam kehidupan sehari-hari. Seperti penggunaan sensor pintar untuk mengontrol suhu dan pencahayaan dalam rumah atau kendaraan.

Selain itu, dapat juga mencari informasi tentang teknologi IoT yang di gunakan dalam industri dan bisnis. Hal ini dapat membantu individu untuk memahami bagaimana teknologi ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dan membuka peluang karir dalam bidang IoT. Kalian bisa mengikuti program kursus IoT online bersertifikat intensif di Indobot Academy yang sudah di percaya oleh 30 ribu user sejak tahun 2015.

Dalam kesimpulannya, pengguna IoT di Indonesia semakin meningkat dan menunjukkan bahwa teknologi IoT bukan lagi sesuatu yang hanya di gunakan oleh kalangan tertentu saja. Penting bagi masyarakat untuk mulai belajar tentang IoT dan memanfaatkannya dengan optimal untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan mengerti tentang teknologi ini. Individu dapat memanfaatkan potensi IoT dan memperluas peluang karir di bidang IoT.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp