Program 1 Juta Guru PPPK Masih Tersedia!

Indobot Update

Program 1 Juta Guru PPPK Masih Tersedia!
Program 1 Juta Guru PPPK Masih Tersedia!

Hai Fanbot! terkait dengan adanya Markeplace Guru saat ini, cukup menjadi perhatian publik ya!. Namun, selain itu Pemerintah Indonesia juga telah meluncurkan program 1 juta guru PPPK untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kira-kira bagaimana ya programnya? yuk baca artikel ini sampai akhir ya!

Program ini bertujuan untuk merekrut 1 juta guru sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2021 hingga 2024.

Program 1 juta guru PPPK menjadi sebuah solusi bagi permasalahan guru honorer di Indonesia. Salah satunya untuk mendapatkan penghasilan tetap serta tunjangan yang sama dengan guru yang sudah menjadi PNS.

Baca Juga : Berapa Gaji Guru PNS Setiap Golongan?

Namun, formasi dalam PPPK 2023 ini apakah masih banyak dan guru honorer bisa santai dalam mempersiapkan pengadaan ASN 2023? Simak informasinya di bawah ini.

Berikut penjelasan mengenai pengawalan 1 juta guru honorer yang di angkat menjadi PPPK dalam rangka memenuhi kebutuhan secara nasional. Sebagaimana dirangkum BeritaSoloRaya.com dari laman resmi Kemdikbud.

Kebijakan pengadaaan 1 juta guru PPPK bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan guru honorer yang telah mengajar lama dan belum menjadi bagian dari ASN.

Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru dan mengurangi jumlah guru honorer di Indonesia serta pengadaan PPPK diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan guru di Indonesia.

Selain itu, guru honorer yang belum memiliki penghasilan tetap dan tunjangan dari pemerintah sering kali mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Baca Juga : Panduan Registrasi SIM PKB Guru

Berdasarkan data yang di bagikan, Kemdikbud menyatakan bahwa jumlah guru honorer yang telah mengajar dengan kurun waktu relatif lama mencapai sebesar 700.000 orang.

Di katakan bahwa guru honorer tersebut akan di berikan kesempatan ke 3 untuk mengikuti seleksi PPPK apabila tidak memenuhi seleksi pertama dan kedua dengan ketentuan dan syarat yang harus di penuhi.

Pengadaan PPPK guru dengan target jumlah 1 juta guru PPPK ini akan menjadi sejarah baru semenjak berdirinya Indonesia karena baru pertama kali mengadakan guru PPPK dalam jumlah yang sangat besar.

Dengan merekrut guru melalui program PPPK, pemerintah dapat memilih guru yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidangnya.

Seperti yang di ketahui, pada tahun 2021, sebanyak 293.860 guru lolos dalam seleksi PPPK Guru 2021. Sedangkan pada tahun 2022, guru honorer yang berhasil lolos dalam seleksi PPPK Guru sebanyak 250.300.

Baca Juga : Tunjangan Sertifikasi Guru 2023 Resmi Cair!

Jadi untuk 2 tahun ini berhasil di kumpulkan sekitar lebih dari 540.000 guru honorer telah di angkat menjadi PPPK yang berarti bagian dari ASN serta berhak mendapatkan gaji sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Guru yang memiliki kualitas yang baik dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan berdampak positif pada masa depan bangsa.

Namun, penerapan program 1 juta guru PPPK juga menimbulkan beberapa permasalahan. Beberapa guru honorer yang telah mengabdi selama bertahun-tahun merasa tidak adil karena tidak di angkat menjadi PPPK.

Hal ini bisa terjadi karena keterbatasan kuota dan syarat yang harus dipenuhi oleh calon PPPK. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan komunikasi antara pemerintah dan para guru honorer agar mereka tetap merasa di hargai dan di pedulikan.

Kurangnya jumlah guru ang di angkat menjadi PPPK bahkan lebih dari 40 persen dari target awal yaitu 1 juta guru. Namun, pemerintah tetap dengan prinsip pengadaan guru PPPK sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Agar pengadaan PPPK Guru ini tetap menghasilkan guru terbaik yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan, sebagaimana pernah di sampaikan Menteri PANRB dalam laman resmi Kementerian PANRB beberapa waktu lalu.

Gimana nih Fanbot? siapkah kamu untuk mengikuti program 1 juta guru dari Pemerintah ini? siapkan diri kamu sebaik mungkin ya!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp