Punya Arduino dan Sensor Ultrasonik?

Indobot Update

Arduino dan Sensor Ultrasonik Bisa Buat Project Apa Aja? Part 2
Kalian Punya Arduino dan Sensor Ultrasonik? Bisa Buat Project Apa Aja? Part 2

Haii. Balik lagi nih kita bahas terkait sensor ultrasonik yang terhubung dengan Arduino. teman-teman sudah bikin project di part pertama. Kalau belum, kunjungi dulu nih part 1 nya. Klik di sini.

Masih dengan pembahasan yang sama nih. Jadi buat kalian yang sudah punya arduino dan sensor ultrasonik, tapi bingung mau bikin project apa. Ikut simak aja ya gaes.

Sebelumnya kita sudah membahas project sensor ultrasonik dan arduino dengan project-project  seperti membaca jarak (dengan library atau tanpa library), membuat pintu otomatis, pendeteksi ketinggian air, penggukur tinggi badan otomatis, dan pengisi tandon otomatis. Kalau kalian sudah semuanya, atau masih belum nemu project yang pas nih buat tugas akhir, atau hanya menghilangkan kebosenan, mari kita lanjutkan project kita.

Robot Avoider

Kalian tau robot avoider? Yap. Robot halang rintang. Jadi robot ini akan menghindari penghalang yang ada di depannya dengan mencari jalan yang lainnya. Cara kerjanya adalah sensor ultrasonik yang digunakan memiliki fungsi untuk mengetahui jarak dengan penghalang, jika sudah kita ketahui, program akan memerintahkan motor DC untuk berputar menghindari penghalang. untuk project ini, silakan teman-teman bisa kunjungi laman berikut.

Robot Avoider

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

 

Sistem Irigasi Otomatis

Bidang pertanian harus memahami pengairan yang baik. Tanpa adanya sistem pengairan yang bagus hasil panen tanaman tidak akan optimal. Pengairan secara tradisional dilakukan dengan cara mengatur pintu air secara manual. Nah dalam project ini, kita bisa membuat pengairan otomatis. Sistem irigasi ini akan menjaga kondisi air tetap berada pada tinggi tertentu, jika berkurang, pompa bisa dinyalakan dengan otomatis. Berikut ini laman yang bisa dikunjungi untuk sistem irigasi ini.

Sistem Irigasi Otomatis

Pakan Ikan Otomatis

Pencinta ikan hias, bisa bikin project ini nih. Ketika kita dalam kesibukan, terkadang kita lupa dengan kewajiban kita untuk memberi makan ikan hias di waktu-waktu tertentu. Nah di project ini, kita bisa akan membuat pakan ikan otomatis dengan menggunakan aplikasi Blynk. Pada aplikasi Blynk akan tertampil jumlah pakan yang tersedia. Juga terdapat tombol untuk membuka tutup servo yang nantinya akan dapat mengendalikan penutup pakan ikan. Berikut ini laman yang bisa teman-teman akses dalam pembuatan pakan ikan otomatis.

Pakan Ikan Otomatis

Alarm Pintu

Pintu rawan pembobolan ya teman-teman. Di project ini, kita buat alarm pintu untuk menghindari pembobolan. Jadi ketika sensor aktif dan tertempatkan di depan pintu, ketika sensor mendeteksi gerakan pintu yang terbuka dengan jarak yang tertentu maka buzzer akan berbunyi sebagai alarm yang mendeteksi adanya aktifitas mencurigakan di pintu tersebut. Nah jangan lupa untuk mengaktifkan alarm ini ketika teman-teman mau tidur ya. Untuk lebih lengkapnya, kalian dapat kunjungi laman berikut.

Alarm Pintu anti Pembobolan

Pendeteksi Isi Tempat Sampah

Sensor ultrasonik bisa digunakan untuk membuat pendeteksi tempat sampah lo. Sensor ini akan dengan LCD. Kemudian sensor ditempatkan menghadap ke dalam tempat sampah. Sehingga kita dapat memantau kondisi tempat sampah dalam keadaan penuh atau tidak melalui LCD. Program bekerja dengan mendeteksi jarak sensor ultrasonik dengan sampah yang ada didalamnya. Layar LCD akan menampilkan hasil pembacaan dalam persen, jika sampah terdeteksi sedikit maka nilai yang ditampilkanpun kecil. Teman – teman bisa klik link di bawah ini untuk belajar membuat project ini.

Pendeteksi Isi Tempat Sampah

Dispenser Otomatis

Sensor ultrasonik dapat digunakan untuk membuat dispenser otomatis. HCSR-04 yang digabungkan dengan motor servo dapat mengalirkan air dispenser jika sensor ultrasonik mendeteksi adanya gelas. Dengan membuat alat ini, kita tidak perlu repot menekan keran dispenser untuk mengambil air minum. Program yang berfungsi untuk project ini adalah sensor mengukur jarak gelas, jika gelas sudah berada di bawah pancuran, maka air akan mengalir. Bisa klik laman berikut untuk lebih jelasnya.

Dispenser Otomatis 

Handsanitizer Otomatis

Handsatitizer otomatis menggunakan sensor ultrasonik, arduino, dan servo. Arduino UNO akan kita program dengan memberikan maksimal jarak antara tangan dan sensor untuk mengetahui apakah tangan sudah tepat berada di bawah handsanitizer atau masih jauh. Jika sudah berada tepat di bawahnya, maka bagian penekan hadzsanitizer akan bergerak untuk mengeluarkan cairan handsanitizer sekali tarik dan akan kembali ke posisi semula. Jika kita rasa masih kurang, pengguna hanya perlu menunggu penekan bergerak kembali dengan posisi tangan masih berada di bawah sensor. Penekan sensor bisa menggunakan motor servo ini secara mekanik agar handsanitizer dapat mengeluarkan cairan dengan baik. Tutorial lengkapnya kalian bisa coba kunjungi laman ini.

Handsanitizer Otomatis 

Nah sementara sampai sini dulu ya yang minbot berikan. Teman-teman yang masih bingung masalah program, rangkaian, atau yang lainnya, tidak usah khawatir. Kalian bisa ikuti tutorialnya yang tinggal klik di atas. Jika masih belum paham, tanyakan saja langsung ke kita. Oke? Kuylah bikin project Arduino.

Kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp