Simulator Arduino untuk Belajar Tanpa Perangkat

Indobot Update

Simulator Arduino
Simulator Arduino untuk Belajar Tanpa Perangkat

Halo Fanbot.

Sedang ada project hari ini?

Buat kalian yang baru penasaran dengan mikrokontroler, Minbot sarankan untuk belajar simulatornya terlebih dahulu nih sebelum akhirnya membeli perangkat mikrokontroler.

Pengertian Simulator Arduino

Simulator arduino adalah software yang dirancang untuk menggantikan peran hardware arduino untuk digunakan dalam pembelajaran atau pembuatan project arduino maupun internet of things. Simulator dapat digunakan sebelum kita mengupload sketch program ke board arduino. Dengan menggunakan simulator terlebih dahulu kita bisa mengurangi resiko kegagalan sistem yang terlanjur diupload.

Sudah banyak simulator yang dapat kita gunakan untuk melakukan berbagai percobaan untuk mengembangkan project kita. Walaupun kebanyakan simulator berfungsi untuk menguji coba beberapa program yang tidak terlalu kompleks dengan adanya berbagai sensor. Simulator biasanya hanya berisi beberapa contoh sensor saja yang dapat dikembangkan sendiri.

contoh simulator arduino

Makanya dari Minbot sangat merekomendasikan simulator ini untuk para pemula untuk mengetahui kesulitan dan keseruan membuat project-project kendali dari pembacaan sensor hingga mengendalikan LED atau yang lainnya.

Nah kali ini, kita akan membahas beberapa simulator Arduino yang patut teman-teman coba nih. Apa saja? Yuk kitak simak.

Tinkercad

Thinkercad adalah platform simulator arduino dan elektronika lainnya yang open source untuk keperluan simulasi berbasis website. Adanya platform ini memudahkan pengguna untuk menguji coba program tanpa harus melalui pengiriman atau uploading ke mikrokontroler.

tinkercad simulator arduino
gambar tinkercad simulator arduino

Penggunaan platform ini membutuhkan koneksi internet untuk membuat rangkaian hingga melakukan pengujian. Platform Thinkercad cukup populer untuk media belajar mikrokontroler dasar.

Arduino Simulator Autodesk Eagle

Eagle (Eesily Applicable Graphical Layout Editor) telah mengembangkan software untuk simulator Arduino secara online yang dikembangkan oleh Cadsoft Computer GmbH.

Pada aplikasi ini dapat melakukan programming dan membuat rangkaian elektronika yang dapat disimulasikan langsung. Aplikasi ini sering dipilih oleh engineer untuk uji coba.

Arduino Simulator Proteus

Aplikasi ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi teman-teman elektro elektronika. Proteus sering digunakan untuk membuat suatu rangkaian PCB dan juga dapat dilakukan ujicoba suatu rangkaian elektronika. Saat ini Proteus juga sudah disediakan komponen arduino yang dapat diisi program yang sudah kita buat sebelumnya. Simulator ini pastinya sangat membantu pengguna untuk membuat rangkaian yang benar tanpa melakukan uji coba ke alat secara langsung. Proteus juga memiliki protokol untuk mode master/slave/monitor untuk SPI dan I2C.

Baca Juga Cara Install Proteus Simulator

Virtronics Simulator

Virtronics adalah aplikasi yang di buat oleh perusahaan Australia yang dapat di install di operasi Windows. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan debugging sketch sebagai ujicoba.

Virtronics <yoastmark class=

Virtronics tidak berbasis online, sehingga teman-teman perlu download dan install aplikasi ini. Akan ada versi free dan pro untuk dapat menggunakannya.

Paul Ware’s Arduino

Aplikasi simulator Arduino ini di namai menurut penciptanya, Paul Ware. Aplikasi Arduino Simulator oleh Paul Ware ini gratis dan dapat berjalan di sistem operasi Windows. Ini tergolong aplikasi yang paling lengkap untuk library, sensor, dan aktuator. Interface dari aplikasi juga tergolong User Friendly. Sangat bagus untuk teman-teman yang ingin mengembangkan project dengan device yang terbatas.

Arduino Smulator Mac Simduino

Aplikasi Mac Simduino adalah aplikasi khusus untuk perangkat Apple. Pengguna Windows dan linux belum dapat menggunakannya.

Bahasa pemrograman sudah sangat sesuai dengan bahasa pemrograman arduino membuatnya dapat di gunakan untuk menjalankan project sesuai kebutuhan penggunanya.

Yenka Electronics

Yenka Electronics adalah aplikasi simulasi elektronik yang memungkinkan Anda untuk mensimulasikan rangkaian listrik dengan lebih dari 150 komponen. Ini berguna untuk menguji dan menyempurnakan desain yang sudah di buat sebelumnya.

LTSpice Arduino Simulator

LTSpice Arduino Simulator adaah aplikasi simulator yang memiliki rangkaian yang multifungsi dan akurat. Simulasi dapat di jalankan berdasarkan sketch dan desain yang sudah di buat sebelumnya.  Aplikasi ini dapat di gunakan di operasi Windows dan Mac OS.

Nah itulah beberapa simulator arduino yang dapat teman-teman gunakan untuk simulator arduino baik online maupun offline. Semua simulator di atas, terbatas dengan komponen dan library yang mungkin tidak sesuai. Namun akan tetap lebih manarik jika kita langsung melakukan ujicobanya.

Ada beberapa aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk membuat sketch program hingga dapat di kirimakan ke mikrokontroler. Salah satunya adalah Arduino IDE.

Apliksi ini sudah sangat populer bagi kalian yang belajar Arduino. Arduino IDE tidak hanya untuk project arduino saja, namun mikrokontroler lainnya seperti ESP8266, ESP32, Attiny, Raspberry Pi, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga Datasheet NodeMCU ESP8266

Dapat menambahkan berbagai library untuk dapat mempermudah program dan untuk menemukan berbagai example yang relate dengan program kita.

Arduino IDE juga mulai ada yang mengembangkan untuk pembuatan program dengan menggunakan Android yang di namakan Arduinodroid.

Selain aplikasi Arduino IDE, ada juga aplikasi lainnya seperti VS Code, atau yang lainnya.

Bagaimana? minat untuk belajar Arduino? Minat dong ya. Langsung saja hubungi MINBOT ya.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp