Smart City IKN akan mengintegrasikan sistem pertahananan 5.0

Indobot Academy

Konsep Smart City IKN dengan Pertahanan 5.0
Konsep Smart City IKN dengan Pertahanan 5.0

Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi sebuah kota yang berkonsep smart city, di mana teknologi akan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari di kota tersebut. Rencana pengaplikasian smart city di IKN tidak hanya sebatas pengembangan jaringan infrastruktur, tetapi juga meliputi sistem keamanan dan pertahanan cerdas. Tujuan utamanya adalah menciptakan solusi yang akurat dan tepat dalam penerapan strategi pertahanan.

Sistem Pertahanan Cerdas 5.0 untuk IKN

Salah satu aspek penting dalam konsep smart city IKN adalah penerapan Sistem Pertahanan Cerdas 5.0. Direktorat Pengkajian Pertahanan, Keamanan, dan Geografi Kedeputian Pengkajian Stratejik Lemhannas RI telah menyelenggarakan seminar tentang Pertahanan Nasional Pertahanan Keamanan sebagai upaya dalam mencari terobosan kebijakan dan memastikan bahwa pertahanan di IKN sesuai dengan perkembangan teknologi.

Dalam seminar tersebut, tokoh-tokoh penting seperti Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, Chappy Hakim, yang merupakan mantan Kasau/Kepala Pusat Study Air Power Indonesia Marsekal TNI (Purn), Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, dan Direktur Strategi TIK dan Bisnis Huawei Indonesia Mohamad Rosidi, hadir untuk berbagi pemikiran dan pengalaman.

Implementasi Teknologi dalam Sistem Pertahanan Cerdas

Andi Widjajanto menyatakan bahwa seminar tersebut bertujuan untuk mencari terobosan kebijakan dan memastikan pertahanan di IKN sesuai dengan perkembangan teknologi. Ia juga menekankan bahwa ada banyak terobosan yang mendukung perkembangan teknologi. Dan dalam tiga tahun terakhir, telah berhasil menghasilkan tema smart defence.

Baca Juga Kota yang Menerapkan Smart City di Indonesia 

Di rektur Strategi TIK dan Bisnis Huawei Indonesia juga menyampaikan bahwa Huawei telah aktif dalam melakukan eksplorasi teknologi inovatif yang terkait dengan smart city. Huawei telah melakukan banyak riset dan praktik untuk mendukung transformasi dgital serta menerapkan Sistem Pertahanan Cerdas 5.0. Teknologi seperti 5G, kecerdasan buatan (AI), big data, dan Internet of Things (IoT) akan menjadi bagian dari implementasi teknologi dalam IKN.

IKN sebagai Kota yang Menginspirasi Dunia

Dengan adanya sistem pertahanan cerdas yang terintegrasi. Di harapkan IKN dapat memberikan deteksi dini terhadap ancaman terhadap pertahanan dan keamanan negara. Melalui berbagi informasi dan pengolahan data yang akurat. Penerapan Sistem Pertahanan Cerdas 5.0 akan menjadikan IKN sebagai kota yang menginspirasi dunia.

IKN sendiri akan menjadi rumah untuk ribuan ASN yang akan pemerintah pindahkan dari Jakarta mulai tahun 2024 mendatang.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp