Tingkatkan skill IoT, BLK Surakarta Ikuti Pelatihan Indobot Academy

Indobot Update

BLK Surakarta gelar pelatihan IoT bersama Indobot Academy
BLK Surakarta gelar pelatihan IoT bersama Indobot Academy

Pelatihan IoT

Dalam rangka meningkatkan skill instruktur BLK Surakarta di bidang teknologi, khususnya Internet of Things (IoT), BLK Surakarta melaksanakan pelatihan IoT bersama tutor Indobot. Pelatihan berlangsung selama 6 hari, yaitu pada tanggal 17-20 dan 23-24 Mei 2022.

Pelatihan IoT di BLK Surakarta di ikuti oleh 4 orang peserta. Dalam pelatihan IoT bersama Indobot Academy, peserta tidak hanya belajar materi, tetapi juga Kit IoT Fullset sebagai pendukung pelatihan. Sehingga peserta mampu mempraktikkan langsung project-project dari oleh tim Indobot. Adapun susunan materi selama pelatihan mulai dari teori dasar Elektronika, Arduino, hingga project IoT.

Project Pelatihan

Pada hari pertama, membahas tentang Elektronika Dasar dan Sistem Kendali, lalu dilanjut membuat project sistem kendali. Hari kedua peserta belajar tentang konsep Internet of Things, membuat akun Blynk dan membuat Project IoT tentang Kendali Menggunakan Platform Blynk IoT dengan Smartphone. Pada sesi siang lanjut membuat project Monitoring Suhu Menggunakan Platform Blynk IoT dengan Smartphone.

Hari ketiga peserta pelatihan membuat akun Thingspeak terlebih dahulu, kemudian mengerjakan project monitoring suhu menggunakan platform Thingspeak dengan smartphone. Kemudian dilanjut membuat project  monitoring suhu dan kelembaban menggunakan platform Thingspeak dengan smartphone.

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Hari keempat pelatihan  dimulai dengan membuat project safety system yaitu alarm anti kebakaran dengan flame sensor, kemudian pada sesi siang melanjutkan project yang sama.

Hari kelima, peserta pelatihan membuat project Security System tentang alarm anti maling dengan sensor ultrasonik. Pada hari terakhir, peserta pelatihan mendapat pelatihan mengenal MIT App Inventor dan membuat project Smart Virtual Assistant yaitu perintah menyalakan lampu dengan suara.

Harapan Bersama

Harapannya setelah pelatihan IoT ini, para instruktur BLK Surakarta kemampuannya dalam praktikum IoT meningkat, sehingga dapat memberikan pelatihan IoT dengan baik kepada audiensnya. Semoga ke depan, kerja sama antara BLK Surakarta dengan Indobot bisa terjalin dengan lebih baik lagi.

Project IoT yang ada di Indobot sangat beragam, mulai dari yang sederhana hingga yang custom. Pembelajaran di Indobot bisa secara online melalui platform indobot.co.id atau bisa secara offline bagi kelompok, instansi, atau industri yang ingin bekerjasama. Indobot sangat terbuka untuk kerja sama pelatihan Arduino atau IoT. Informasi mengenai kerja sama bisa menghubungi public relations (PR) Indobot Academy.

Jika kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp