Tips Membangun Start Up Sukses Masa Kini

Oby Zamisyak

Tips Membangun Start Up Sukses Masa Kini
Strategi Start Up sukses di Masa Kini

[lwptoc numeration=”none” title=”Daftar Isi”]

Hallo, Fanbot? Kembali lagi nih kita ketemu. Meskipun hanya bertemu melalui untaian tulisan, Minbot merasa tetap dekat dengan kamu lohh. Eaa.

Siapa nih yang punya ide bisnis segudang tapi bingung mulainya dari mana? Atau punya mimpi membangun start up tapi bingung gimana cara mewujudkannya? Biar enggak cuma sebatas imajinasi dan bayang-bayang aja, wajib baca sampai akhir yaa.

Nah, artikel kali ini cocok banget buat Fanbot yang pengen banget membangun start up sukses di 2022. Startup sendiri adalah usaha yang baru berdiri namun mampu berkembang dengan cepat dan pesat.

Startup bekerja dengan cara memecahkan suatu masalah menggunakan ide-ide atau memanfaatkan masalah itu sendiri sebagai ide bisnis sekaligus diberikan terobosan yang cukup revolusioner dengan membawa pengaruh besar pada komunitas di masyarakat. Meskipun banyak usaha lain yang dapat dipilih, membangun start up menjadi jawaban tepat kalau kamu pengen menyalurkan jiwa kreatif, gesit, tekun, dan skill problem solving serta project management yang bagus.

Di Indonesia sendiri, sudah ada ratusan lebih start up yang saat ini masih terus berusaha bangkit dan mendapatkan posisi yang tepat minimal di pasar nasional hingga dunia. Siapa sih yang nggak pengen start up yang dibangun tembus ke pasar dunia? Indobot Academy juga lagi usaha nih, Fanbot dukung terus yaa. Tapi perjalanan untuk sampai sana pun tak akan mudah. Namun, tak perlu khawatir karena masing-masing start up pasti memiliki karakternya masing-masing.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Untuk itu, membangun start up hingga sukses tentu membutuhkan strategi khusus. Yuk simak deretan tips&trick agar start up kalian dapat berkembang pesat dan terbang tinggi seperti kupu-kupu:

Bentuk Tim Yang Solid Dan Jaga Konsistensi

Tips Membangun Start Up Sukses Masa Kini

Sebuah start up harus didirikan dan dijalankan dengan tim yang solid. Tanpa tim yang solid bisnis start up tidak akan berkembang bahkan akan menimbulkan kegagalan. Tips membentuk tim yang solid harus memiliki visi yang sama serta menetapkan komitmen bahwa usaha yang dijalankan adalah usaha yang berkelanjutan. Tim yang solid juga akan memengaruhi citra bisnis dihadapan para investor dan juga shareholder.

 

Baca juga : Sharing Session Bersama Indobot, Start Up Robot Edukasi Anak Lokal yang Mendunia

Carilah Investor Yang Dapat Menguntungkan Bisnis Anda

Tips Membangun Start Up Sukses Masa Kini

Tips dalam mencari investor adalah dengan menyesuaikan visi, model bisnis, dan produk Anda. Perlu diingat, banyak start up yang berkembang cukup lambat salah satunya karena perbedaan visi dengan inevstor.  Banyak investor yang hanya mencoba memanfaatkan nilai bisnis start up dan merugikan. Jangan takut dan mengemis pula dengan investor. Jika bisnis start up memiliki nilai yang baik, maka dengan sendirinya investor akan datang kepada Anda.

 

Baca juga : Program Kolaborasi SMK dan Industri Membangun Startup

Idealisme Penting, Mentor Lebih Penting

Tips Membangun Start Up Sukses Masa Kini

Mendirikan bisnis terutama start up tidak semata-mata mengandalkan pengetahuan pribadi dan juga rekan kerja saja. Kita juga perlu mentor untuk mengenal ekosistem dan juga cara kerja pada bidang bisnis satu ini. Pelaku start up gagal karena sering kali mengabaikan masukan dan kekeuhdengan idealisme yang mereka bangun. Terkadang idealisme yang kita punya, belum tentu sesuai dengan ekosistem bisnis dan pasar loh.

Selalu Buat Roadmap Usaha

Tips Membangun Start Up Sukses Masa Kini

Roadmap adalah petunjuk untuk menjalankan suatu hal untuk mencapai tujuan. seringkali para pelaku start up gagal karena melupakan hal-hal sepele namun penting seperti membuat roadmap dan master timeline. Dua hal tersebut berguna untuk menganalisis ide, pertanyaan-pertanyaan, riset, dan juga memantau jalannya usaha Anda.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp