Social Media Agency? Ini Tips Agar Sesuai dengan Brand Kamu

Oby Zamisyak

Tips&Trick Gandeng Social Media Agency Yang Sesuai Brandmu
Strategi Gandeng Social Media Agency Yang Sesuai Brandmu

Hallo sobat Fanbot, mau cari Social Media Agency yang sesuai? Di artikel kali ini kita akan membahas tentang penggunaan sosial media untuk pemasaran brand kamu. Pemasaran merupakan kegiatan penting yang dilakukan perusahaan untuk bertujuan memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat melalui suatu produk yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi konsumen. Selain itu pemasaran ditujukan untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Menurut AMA (American Marketing Association) yang dikutip oleh Kotler dan Keller (2012:5) definisi pemasaran adalah “Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering,  and exchangingofferings that have value for customer, clients, partners and society at large”.

Table of Contents

Pemasaran

Pemasaran adalah sebuah kegiatan, fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan, klien, mitra kerja dan masyarakat luas pada umumnya. Apakah sosial media itu dan apa perannya dalam marketing? Sosial media adalah media yang relatif tidak mahal yang digunakan untuk mengkombinasikan teknologi dengan interaksi sosial melalui kata-kata. Media ini biasanya menggunakan internet untuk menjalankannya, seperti Twitter, Facebook, YouTube, dan lain sebagainya.

Tips&Trick Gandeng Social Media Agency Yang Sesuai Brandmu

Sosial media memungkinkan para pelaku pasar untuk berkomunikasi dengan sesamanya, pelanggan, dan calon pelanggan. Sosial media memberi “identitas”kepada “brand”atau merk yang dipasarkan dan membantu kamu untuk menyebarkan pesan kamu dengan cara yang santai dan komunikatif. Tujuan penggunaan media sosial sebagai media bisnis dapat berupa:

  1. Membentuk Brand Engagement, advokasi, dan loyalitas.
  2. Sarana promosi
  3. Sebagai layanan konsumen (Customer Service)

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Tujuan

Berdasarkan pada tujuan, saat ini, media sosial memegang peranan penting dalam siklus hubungan konsumen dengan perusahaan. Terdapat tiga parameter yang dapat menunjukkan kriteria kesuksesan dalam penggunaan media sosial sebagai media promosi atau pemasaran, yaitu:

  1. Terciptanya Kesadaran.
  2. Terbentuknya Kepribadian.
  3. Adanya hubungan antara konsumen dengan perusahaan.
Tips&Trick Gandeng Social Media Agency Yang Sesuai Brandmu

Penggunaan akan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone atau tablet mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan kebutuhan akanjaringan internet. Banyak hal yang dapat dilakukan, dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat ini.

Akibat hal itu tercipta sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang media sosial. Social Media Agency secara umum adalah agen perusahaan sebagai pihak ketiga yang membantu klien untuk membuat, merancang, dan mengelola kegiatan pemasaran atau branding melalui social media seperti Instagram, facebook, twitter ataupun media sosial lainnya.

 

Baca juga : Strategi Riset Pasar Biar Penjualan Brand-mu Sesuai Target

 

Beberapa perusahaan menggunakan trick ini untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial. Sebelum memilih sosial media agency untuk usaha kamu, mimin punya tips nih. Pertama Research/Lihat client, service yang mereka berikan, dan testimoni untuk mendapat insight apakah agency tersebut cocok untuk brandmu. Kedua Motives & opportunities, Pastikan agency memiliki kapasitas & kualitas sumber daya yang bisa memenuhi keinginanmu, seperti internal resources, tools, dan sistem untuk mengelola brand. Ketiga Expertise & execution. Idealnya, sebuah social media agency membutuhkan seorang desain grafis, copywriter, dan strategist. Terakhir ROI, results & reporting, Sebelum memilih agency, pastikan internal KPI mereka. Tanyakan bagaimana cara mengukur kesuksesan suatu project & pastikan mengetahui metrics yang mereka gunakan.

 

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp