Tutorial Arduino UNO R3 Mengakses Sensor Suara

Indobot Academy

Hallo Sahabat indobot… gimana kabarnya? Harus baik ya hehe. Pada tutorial Kali ini masih belajar dengan Arduino UNO namun sensor yang kita gunakan tentunya sedikit lebih keren dari tutorial-tutorial sebelumnya. Pasti Sahabat indobot sudah Penasaran kan? Oke langsung saja lihat gambar dibawah ini.

 

 

 

Gambar Sensor Suara
Gambar Sensor Suara

Sensor

Seperti yang bisa Sahabat lihat semua bahawa sensor diatas adalah sensor suara. Jadi sensor suara ini adalah sebuah sensor yang mensensing besaran suara untuk diubah menjadi besaran listrik. Dan dia ini bekerja berdasarkan prinsip kekuatan gelombang suara yang masuk. Kemudian nih sahabat Indobot, gelombang suara tadi akan mengenai membran sensor yang nantinya memberikan efek getaran pada membran sensor. Nah pada membran itulahterdapat sebuah kumparan kecil yang dapat menghasilkan besaran listrik. Gimana nih sahabat indobot? Smapai sini cukup paham ya apa itu yang disebut sensor suara. Jika belum Sahabat indobot silahkan bisa mempelajari lebih dalam mengenai sensor yang satu ini dari berbagai sumber. Oke ya selanjutnya kita praktikkan cara mengakses sensor yang satu ini, silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

Alat dan Bahan

Untuk tahap Pertama, Sahabat indobot harus menyiapkan alat tempurnya seperti yang tertera dibawah ini:

  1. Komputer yang terinstal Arduino IDE            1 unit
  2. Arduino UNO R3 & Kabel USB                         1 buah
  3. Buzzer piezoelectric                                         1 buah
  4. Kabel Penghubung                                            Secukupnya

Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Segera Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!

Gambar Rangkaian

Gambar Rangkaian Sensor Suara dan Arduino Uno
Gambar Rangkaian Sensor Suara dan Arduino Uno

 

Programming

Selanjutnya jika alat dan bahan sudah siap dan rangkaian sudah benar langsung saja eksekusi program dibawah ini. Ketik kemudian upload pada board arduino UNO.

int sensorPin = A0; //output dari sensor

int sensorValue = 00;  //Nilai default sensor

//int CompareSensor=300;

 

void setup() {

Serial.begin(9600);

}

 

void loop()

{

//Pembacaan sensor

sensorValue = analogRead(sensorPin);

//menampilkan nilai pembacaan sensor di serial monitor

Serial.print(“Nilai pembacaan sensor: “);

Serial.println(sensorValue, DEC);

}

 

Oke sahabat Indobot, sampai sini tutorialnya telah selesai. Hasil pembacaan sensor suara dapat kalian lihat pada serial monitor maka bukalah serial monitor yang ada pada Arduino IDE kalian. dan Sampai ketemu di tutorial selanjutnya….

Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp