Tutorial Arduino Nano Menampilkan Pesan di LCD I2C

Indobot Academy

Arduino LCD
Arduino LCD

LCD I2C berbasis Arduino Nano R3 adalah komponen yang sering di gunakan dalam proyek-proyek elektronika untuk menampilkan informasi secara visual dengan cara yang efisien. LCD (Liquid Crystal Display) di gunakan untuk menampilkan teks, angka, atau bahkan grafis dengan jelas. I2C (Inter-Integrated Circuit) adalah protokol komunikasi yang memungkinkan Arduino Nano R3 untuk berkomunikasi dengan LCD dengan menggunakan hanya dua kabel. Yaitu SDA (Serial Data Line) dan SCL (Serial Clock Line), meminimalkan jumlah pin yang di  butuhkan.

Dengan menggunakan LCD I2C, pengguna dapat menyederhanakan koneksi dan mengoptimalkan penggunaan pin pada Arduino Nano R3. Yang umumnya memiliki keterbatasan jumlah pin I/O. Pemasangan dan penggunaan LCD I2C pada Arduino Nano R3 sangat mudah karena sudah tersedia library dan modul pendukung yang mempermudah pengaturan dan pengendalian tampilan.

Papan Arduino Nano R3 dapat dengan mudah mengirimkan perintah dan data ke LCD I2C. Sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat antarmuka pengguna (UI) yang intuitif untuk proyek mereka. Pengaturan kontras dan kecerahan layar dapat di sesuaikan sesuai kebutuhan. Memberikan fleksibilitas dalam penyesuaian tampilan sesuai dengan kondisi lingkungan atau preferensi pengguna.

LCD I2C juga sering di gunakan dalam proyek-proyek pemantauan atau pengendalian, di mana informasi yang di hasilkan oleh Arduino Nano R3 dapat dengan jelas di tampilkan kepada pengguna. Contoh penggunaan umum melibatkan proyek-proyek seperti termometer digital, jam digital, atau sistem kendali otomatis yang membutuhkan tampilan informasi secara real-time. Kesederhanaan penggunaan dan efisiensi koneksi membuat LCD I2C berbasis Arduino Nano R3 menjadi pilihan yang populer dalam pengembangan proyek-proyek elektronika yang melibatkan tampilan visual.

Berikut adalah Tutorial Menampilkan Pesan di LCD I2C berbasis Arduino Nano R3

Ini adalah sketch program arduino

 

#include 
#include 
#include 

#define I2C_ADDR 0x27 // Alamat LCD 16x2 yang digunakan.
#define BACKLIGHT_PIN 3
#define En_pin 2
#define Rw_pin 1
#define Rs_pin 0
#define D4_pin 4
#define D5_pin 5
#define D6_pin 6
#define D7_pin 7

LiquidCrystal_I2C lcd(I2C_ADDR,En_pin,Rw_pin,Rs_pin,D4_pin,D5_pin,D6_pin,D7_pin);

void setup() {
lcd.begin (16,2);
lcd.setBacklightPin(BACKLIGHT_PIN,POSITIVE);

lcd.setBacklight(HIGH);
lcd.setCursor(2,0);
}

void loop() {
lcd.setCursor(2,0);
lcd.print("INDOBOT ACADEMY");
delay(1000);
lcd.setCursor(0,1);
lcd.print("BELAJAR ARDUINO");
delay(5000);
lcd.clear();
delay(1000);
}

Kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp