Tutorial Arduino : Rangkaian Sensor PIR Sebagai Saklar Lampu

Indobot Academy

Sensor Pir

Halo teman-teman Indobot. Jumpa lagi di tutorial Arduino!

Kali ini kita mau bahas tentang Sensor PIR. Jadi Sensor PIR (passive InfraRed) adalah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi adanya radiasi inframerah dari suhu benda yang berubah. Sensor ini tidak memancarkan sinar inframerah karena bersifat pasif tetapi hanya menerima radiasi sinar inframerah dari benda yang berubah.Jadi sebenarnya sensor ini tidak mendeteksi perubahan berdasarkan pergerakan melainkan berdasarkan pancaran radiasi inframerah suhu benda. Keluaran dari Sensor PIR sudah berupa output digital High(1)-Low(0) sehingga untuk pengaplikasian pada rangkaian akan sangat sederhana.

Daftar Komponen Utama

Komponen pendukung seperti kabel dan lampu bisa didapatkan di toko elektronik terdekat anda.

Baca Juga : Cara Belajar Arduino Untuk Pemula

Cara Kerja Rangkaian Sensor PIR tanpa Arduino

Baik kita akan bahas cara kerja rangkaian. Saat sensor mendeteksi tubuh manusia atau objek yang mirip dengan kondisi tubuh manusia, maka keluaran sensor berlogika 1 (HIGH), maka arus akan mengalir menuju Relay Modul sehingga menjadi aktif Normaly Open (NO) dan lampu menyala. Ketika sensor selesai mendeteksi tubuh manusia atau objek yang mirip dengan kondisi tubuh manusia maka keluaran sensor akan berlogika 0 (LOW). Cukup mudah kan.

Jika mau tahu cara belajar arduino untuk pemula, klik aja di sini!

Mau tahu lebih dalam soal Arduino? Klik di sini!

Mau tahu toko online arduino dan robotik yang terjamin dan pelayananya oke? klik di sini!

Seperti itulah ebook Arduino. Bagi yang mendapatkan ebook bisa share ke kami email ke admin@indobot.co.id. Jika anda membutuhkan kit yang praktis belajar arduino cek aja disini!

Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar dan juga share postingan ini ke teman-teman kalian ya. Sampai jumpa di Artikel berikutnya ya…

[zombify_post]

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

2 pemikiran pada “Tutorial Arduino : Rangkaian Sensor PIR Sebagai Saklar Lampu”

Tinggalkan komentar

whatsapp