Wirausaha Merdeka 2023 Resmi Dibuka!

Indobot Update

Wirausaha-Merdeka-2023-Resmi-Dibuka
Wirausaha-Merdeka-2023-Resmi-Dibuka

Hai Fanbot! Sudah pernah dengar tentang Wirausaha Merdeka? Nah, ini adalah program yang cocok banget untuk kamu yang masih mahasiswa lho!

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Meredeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas.

Pada pelaksanaannya, Program Wirausaha Merdeka tersebut meliputi pembekalan kompetensi kewirausahaan, peningkatan kemampuan wirausaha melalui praktikum/magang, peningkatan pengalaman wirausaha melalui pengembangan ide atau implementasi bisnis, atau kegiatan lain yang bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha.

Bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar Program Wirausaha Merdeka 2023 dapat mengakses unggahan akun Instagram @wirausahamerdeka.

Berkaca pada tahun 2022, program Wirausaha Merdeka ini telah diikuti oleh sebanyak 47.723 pendaftar, 11.524 peserta, 453 perguruan tinggi asal peserta, dan 12 perguruan tinggi pelaksana program.

Baca Juga : BI Gunakan IoT untuk Efisiensi Sistem Pembayaran

Manfaat Wirausaha Merdeka 2023

Program Wirausaha Merdeka 2023 ini tentunya mempunyai tujuan serta manfaat bagi mahasiswa dan perguruan tinggi. Berikut manfaat mengikuti Wirausaha Merdeka 2023:

1. Memantik minat dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha
2. Menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan
3. Mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa
4. Meningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa
5. Membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan Perguruan Tinggi

Baca Juga : Tips Memilih Kursus Akuntansi Online Bersertifikat

Tahap Pembelajaran di Wirausaha Merdeka 2023

Mahasiswa yang mengikuti Wirausaha Merdeka 2023 ini nantinya akan melalui tiga tahap pembelajaran, antara lain:

1. Pre Immersion

Pada tahap ini mahasiswa akan belajar seputar pengetahuan dan kemampuan dasar wirausaha. Lewat ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pola pikirnya sehingga dapat memvalidasi ide bisnis yang dimiliki bersama dosen kewirausahaan, praktisi, dan coach.

2. Immersion

Tahapan immersion ini melibatkan mahasiswa langsung untuk melihat proses bisnis secara nyata dengan melakukan onboarding di UMKM. Langkah ini bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyusun model bisnis dan membuat prototype yang tervalidasi.

3. Post Immersion

Tahap post immersion ini merupakan proses market validation dan feasibility study yang dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memulai bisnisnya. Dengan langkah ini, diharapkan mahasiswa bisa menjalankan bisnisnya sesuai dengan rencana awal.

Baca Juga : Contoh CV Mahasiswa Baru di Awal Masuk Kuliah

Syarat Daftar Perguruan Tinggi

1. Memiliki bidang pengembangan kewirausahaan mahasiswa dan mempunyai rekam jejak prestasi di bidang kewirausahaan mahasiswa.
2. Bersedia mengembangkan program kewirausahaan bagi mahasiswa dan mengajukan proposal sesuai dengan format yang ditetapkan tim program.
3. Bersedia mengelola mahasiswa dari internal perguruan tinggi dan luar perguruan tinggi, dengan jumlah minimal mahasiswa 400 orang.
4. Telah menerapkan program MBKM dan menyusun capaian pembelajaran program sebagai acuan rekomendasi konversi SKS (20 SKS)

Syarat Daftar Mahasiswa

1. Mahasiswa aktif jenjang pendidikan D2, D3, D4, dan S1 (minimal semester 3) dan jenjang pendidikan S2 dan juga S3 (tanpa batasan semester)
2. Tidak sedang menyusun tugas akhir atau skripsi pada saat mengikuti program
3. Tidak mengambil mata kuliah di perguruan tinggi asal selama mengikuti program
4. Mendapatkan surat rekomendasi dari Ketua Program Studi dan juga pimpinan perguruan tinggi bidang akademik
5. Bersedia mengikuti program secara penuh waktu atau selama satu semester dibuktikan dengan surat pernyataan mahasiswa

Fanbot, siap mengikuti wirausaha buat Fanbot yang masih berstatus mahasiswa? Yuk jangan terlambat mendaftar ya!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp