4 Cara Gratis Mengecilkan Ukuran PDF

Indobot Academy

cara mengecilkan ukuran pdf

Fanbot, biasanya dalam kebutuhan pengiriman berkas lamaran CPNS online maupun lowongan kerja online lainnya, kita diminta mengirimkan CV, surat lamaran dll dalam format PDF. File PDF terkenal mampu menangani konten multimedia secara utuh di dalamnya. Saking hebatnya memuat konten berkapasitas besar, seringkali kita terkendala untuk meng-upload berkas. 

Terkadang situs penyedia lowongan kerja meminta kita mengupload PDF dengan ukuran maksimal 200kb, atau 400kb. Di saat seperti itu, mengecilkan ukuran PDF adalah penyelamat jitu, apalagi jika kamu tahu ada beberapa cara gratis mengecilkan ukuran PDF.

[lwptoc]

Gratis, alias tanpa modal sedikitpun. Cukup bermodal PC dan koneksi internet, siapapun bisa mengakses layanan perkecil ukuran PDF/compress PDF. Untuk meng-compress file PDF, terdapat beberapa platform offline maupun online yang bisa kamu coba. 

Di bawah ini adalah beberapa sumber yang menyediakan fasilitas compress file PDF dan cukup sering menjadi pilihan banyak kalangan. Agar kinerjamu semakin maksimal mengaplikasikan layanan compress file, yuk simak baik-baik informasi berikut!

Microsoft Word

Masih berpikir aplikasi ini hanya bisa menciptakan file teks saja? Ini saatnya kamu harus tahu kalau Microsoft Word bisa melakukan lebih dari itu, termasuk mengecilkan ukuran PDF.

Perlu diperhatikan bahwa metode ini hanya mampu ditangani oleh Microsoft Word 2013 ke atas. Apabila versi yang kamu miliki termasuk dalam kriteria tersebut, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan.

Selain gratis, layanan Microsoft Word tidak memerlukan koneksi internet seperti ketika memutuskan compress melalui situs online. Tentu akan sangat nyaman untuk tetap memperkecil file meski jaringan internet sulit dijangkau.

Baca Juga Tools Desainer Grafis Terbaik

Ada beberapa tahapan untuk mengubah ukuran file menjadi lebih ringkas, yaitu:

  1. Buka Microsoft Word, lalu klik menu “File” dan pilih “Open”. Aplikasi akan menampilkan dokumen-dokumen tersimpan dalam memori agar bisa dipilih.
  2. Pilihlah file PDF yang kamu inginkan dan pilih “Open”. Microsoft Word akan mengoversi file PDF ke bentuk Word dengan tanda notifikasi bahwa file PDF akan menjadi file yang dapat disunting. Kemudian klik “Ok”.
  3. Untuk melanjutkan tahap ini, pastikan dulu kamu telah mengaktifkan permission aplikasi agar dapat membuka file dari ekstensi berbeda.
  4. Jika file sudah muncul, pilih menu “Save As” lalu “Save As Type PDF” untuk mengembalikan file ke format PDF. 
  5. Di saat yang sama, opsi untuk mengecilkan ukuran file bisa di-setting dengan memilih “Optimize for : Minimum Size. Setelah semuanya siap, pilih lokasi simpan dan segera klik tombol “Save”.
  6. Proses selesai dan file berukuran lebih kecil pun bisa anda dapatkan.

WorkinTool PDF Converter

Cara gratis mengecilkan ukuran PDF juga bisa kamu bisa coba dengan WorkinTool PDF Converter. Aplikasi ini sebelumnya perlu di-install pada PC, jadi pastikan kapasitas penyimpanan komputer/laptop masih cukup.

Menariknya, WorkinTool PDF Converter tidak hanya berfungsi sebagai media pengecil ukuran PDF ataupun alat konversi file ke jenis file lainnya. Kamu juga bisa gunakan untuk berbagai kebutuhan lain, seperti memisah dan menggabungkan file, menghapus watermark, dan beberapa fungsi lainnya.

Namun, khusus untuk fitur compress file, berikut adalah tahapannya :

  • Kunjungi Browser Dan Lakukan Pencarian Dengan Kata Kunci Workintool PDF Converter

Jika sama sekali belum meng-install aplikasi ini, kamu bisa mulai dengan mencari kata kunci Workintool PDF Converter pada search engine. 

  • Pilih Website Resminya dan Download Aplikasi Secara Gratis

Search engine akan menampilkan sederet website yang menyajikan file aplikasi ini. Pastikan hanya klik website resminya di www.workintool.com agar kamu mendapat file yang orginal.

Halaman utama website ini langsung menampilkan pilihan download dan membelinya. Untuk penggunaan secara gratis, tentu pilih tombol “Free Download’ dan lakukan pemasangan hingga proses selesai.

  • Buka Aplikasi Lalu Pilih Compress PDF

Setelah ter-install, silakan buka aplikasi seperti biasa. Nantinya akan muncul 2 bilah. Bilah kanan merupakan pilihan tools untuk mengoperasikan file dan bilah kiri adalah zona dimana operasi file berlangsung. 

Hal yang perlu kamu lakukan adalah memilih opsi “Compress PDF” pada menu “Tool Box”. Kemudian, klik tombol “Select PDF File” di bilah kiri.

  • Masukkan File Yang Ingin Di-Compress atau Drag File Ke Bilah Kiri Aplikasi

File yang sudah masuk ke dalam aplikasi kemudian akan diproses menurut pilihan, apakah dengan mode “Normal Compression” atau “Extreme Compression”. 

Masing-masing pilihan tersebut bisa kamu klik pada box “Select Compress” yang ada di sisi kanan.  Kemudian klik “Convert”.

  • Tunggu Sampai Proses Convert Selesai

Durasi proses convert bergantung pada besarnya ukuran file dan mode compress. Semakin besar ukuran file, aplikasi tentu memerlukan sedikit waktu lebih, meski tidak akan lama.

ILovePDF

Situs online yang satu ini mungkin sudah cukup lama kamu kenal untuk berbagai kebutuhan berkaitan dengan file. 

Di antara media kompres sekelasnya, IlovePDF tergolong cukup banyak digunakan. Tak heran karena fiturnya pun lengkap. Mulai dari pengkonversi, pemisah dan penggabung file, pembuka security PDF, editing file, sampai tentunya compress file PDF.

Situs ini cukup terdepan dalam layout fitur yang friendly untuk pengguna pertama. Sama sekali tidak sulit untuk mengecilkan ukuran file PDF menggunakan ILovePDF. Caranya sederhana, yaitu:

  1. Ketik ILovePDF di kolom pencarian browser atau search engine.
  2. Pada halaman utama pilih fitur “Compress PDF”.
  3. Masukan file yang diinginkan dengan klik “Select PDF Files”. Atau peletakan juga bisa dilakukan secara cepat dengan drag and down file PDF. Selain itu, kamu pun dapat memasukan file dari Google Drive atau Dropbox. Cukup klik salah satu dari 2 tombol kecil di sisi kanan, ILove PDF akan langsung terhubung dengan akunmu.
  4. Pilih “Compress PDF” dan tunggu website memproses beberapa saat.
  5. Setelah selesai, klik “Download Compressed PDF” atau cukup tunggu beberapa detik agar file terunduh secara otomatis. Hasilnya juga dapat kamu simpan secara langsung dalam Google Drive atau Dropbox dengan klik tombol di sisi kanan.

Mudah dan praktis, bukan?

PDF Compressor

compress pdf online

PDF Compressor adalah alternatif lain bagi kamu yang mencari cara gratis mengecilkan ukuran PDF tanpa harus meng-install aplikasi. Layanan ini merupakan sebuah platform online yang bukan hanya mampu melakukan kompresi file, tapi juga convert file ke beragam macam ekstensi.

Secara tampilan, situs ini unggul dengan layout yang jelas dan ringkas. Semua operasi file sejak upload, proses compress, hingga siap downlad pun selesai dalam satu halaman yang sama. Informasi ukuran yang telah diperkecil pun ditampilkan dalam font besar sehingga memudahkan pengguna mengetauinya. 

Baca Juga Membuat CV ATS Friendly

Bagi kamu yang hanya membutuhkan layanan perkecil ukuran file, platform ini menjadi opsi yang tepat karena sama sekali tidak membingungkan. Cara menggunakan PDF Compressor adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser lalu ketikan “PDF Compressor”.
  2. Pilih website PDF Compressor pada search engine dan tunggu hingga muncul halaman utama.
  3. Pada halaman utama, pastikan fitur yang dipilih adalah “PDF Compressor”.
  4. Klik “Upload Files”, kemudian pilih file PDF yang di inginkan dalam folder PC. Klik “Open” untuk menampilkan file pada situs.
  5. File yang muncul secara otomatis akan dilakukan proses compress beberapa saat. 
  6. Setelah selesai, file bisa langsung di unduh satu per satu ataupun sekaligus jika file yang di perkecil lebih dari satu. Untuk unduhan secara sekaligus, pilih tab Download All”, maka unduhan akan berupa file Zip.

Dengan demikian, itulah 4 cara gratis mengecilkan ukuran PDF yang bisa di coba. Meskipun tidak di kenakan biaya, platform-platform di atas tetap mampu mempertahankan kualitas file sesuai dengan format aslinya. Namun, rekomendasi di atas tidak membatasi pilihanmu untuk mencoba brand lainnya. Pastikan saja hasil file yang telah di perkecil sesuai dengan kebutuhan.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp