Cara Membuat CV ATS Friendly

Indobot Academy

Cara Membuat CV ATS Friendly

Fanbot udah bikin dan kirim lamaran kerja semaksimal mungkin tapi belum juga dapat panggilan buat interview? Mungkin kamu harus belajar dulu cara membuat CV ATS Friendly yang benar agar olos seleksi.

[lwptoc]

Menulis CV atau Curriculum vitae adalah salah satu dokumen yang wajib dilampirkan setiap kali hendak melamar kerja di Indonesia. 

Dokumen lamaran kerja ini nantinya akan menjadi pegangan bagi pihak HRD perusahaan, untuk memutuskan apakah Kamu kandidat yang tepat untuk bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. 

Baca Juga Daftar Pekerjaan yang Segera Tergantikan AI

Dulu, CV biasanya diketik berdasarkan format khusus yang sudah tersedia. Seiring berkembangnya teknologi, kini menulis CV itu sebaiknya harus yang ATS friendly.

Apa sih CV ATS friendly itu dan bagaimana cara membuatnya, supaya berpeluang dipanggil interview kerja? Berikut ulasan selengkapnya:

Pengertian ATS (Applicant Tracking System)

ATS atau singkatan dari Applicant Tracking System merupakan sebuah software yang saat ini banyak digunakan perusahaan, untuk mengelola proses rekrutmen dan seleksi karyawan agar lebih efisien.

Software ini dapat membantu perusahaan dalam menyaring, mengumpulkan, hingga mengevaluasi CV atau aplikasi yang telah masuk dari para pelamar kerja.

Sistem ini nantinya juga dapat dijalankan secara otomatis, termasuk saat memindai CV berdasarkan kata kunci dan kriteria tertentu yang diinginkan perusahaan tersebut.

cara membuat CV ats friendly cara kerja applicant tracking system

ATS juga dapat menetapkan penjadwalan untuk interview, serta memberikan feedback dan notifikasi kepada para pelamarnya.

Melalui software ATS, perusahaan juga dapat melakukan tracking atau pelacakan pada status para pelamar kerja, menghubungkan data dan informasi lowongan kerja, hingga analisis data rekrutmen.

Adanya Applicant Tracking System ini tentunya bisa membantu setiap perusahaan dalam hal pengambilan keputusan dengan lebih baik, khususnya dalam proses perekrutan karyawan.

Sistem ATS ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang menerima banyak aplikasi lamaran untuk suatu posisi.

Maka dari itu, setiap pelamar atau calon karyawan harus bisa memastikan bahwa CV yang dibuat akan terbaca oleh sistem ATS.

Para fresh graduate maupun pelamar kerja yang berpengalaman, wajib belajar cara membuat CV ATS friendly sekarang juga.

Perbedaan CV Biasa dan CV ATS

Masih bingung seperti apa penampakan CV ATS friendly itu? Lalu apa perbedaanya dengan CV lama yang biasa kita buat?

Coba Fanbot perhatikan contoh template CV ATS friendly dan CV tidak ATS friendly berikut ini, kalian tentu bisa menemukan dengan mudah apa perbedaaannya bukan?

perbedaan dan contoh template cv ats friendly

Keduanya memang memiliki perbedaan, baik dari sisi desain, format, hingga cara pengirimannya. Berikut perbedaan CV biasa dan CV ATS:

Desain dan Format

Ketika membuat CV, biasanya kita akan sibuk merancangnya dengan sekreatif mungkin. Setelah itu, kita akan menyiapkannya dalam berbagai format seperti .docx, .ppt, .pdf, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan format CV ATS, kamu cukup membuat format yang sederhana seperti .docx misalnya agar mudah dibaca, tanpa ada kolom, grafik, maupun tabel di dalamnya.

Kata Kunci

Cara membuat CV ATS friendly adalah dengan menuliskan kata kunci pada CV terkait. Maksudnya, keterangan pada CV harus mencakup kata kunci terkait dengan posisi yang dilamar.

Hal ini wajib dilakukan, agar CV kita nanti dapat terbaca oleh sistem ATS perusahaan dengan akurat. Kata kunci seperti ini bisa kamu temukan pada deskripsi lowongan kerja atau kualifikasi yang diinginkan.

Informasi pada CV

Jika biasanya kamu menulis dengan detail mengenai riwayat pendidikan, pengalaman kerja, penghargaan, sertifikat, hingga prestasi yang pernah diraih, maka itu tidak diperlukan pada CV ATS friendly.

Kamu hanya wajib mencantumkan informasi terkait posisi yang sedang di inginkan, sehingga tidak ada informasi yang tidak relevan atau tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang di lamar.

File Pengiriman

Jika biasanya Kamu bisa mengirimkan file CV untuk melamar kerja dalam format .pdf, .ppt, .jpg, maka CV ATS friendly hanya perlu menggunakan .docx saja.

File lamaran kerja tersebut kemudian di kirimkan melalui email dan menggunakan format yang benar, agar di terima oleh sistem ATS perusahaan yang di tuju. 

Cara Membuat CV ATS Friendly

Bagi para fresh graduate dan berpengalaman kerja, yang hendak melamar ke perusahaan skala besar, seperti rekrutmen bersama BUMN, hingga melamar ke situs lowongan kerja online, begini cara membuat CV ATS friendly yang benar:

Baca Juga Prakerja Gelombang 50 Di buka

Template yang Sederhana

CV ATS friendly hanya di buat menggunakan template yang sederhana. Tidak banyak warna, tidak banyak tabel atau garis seperti hal nya format CV yang sering di gunakan.

CV dengan template yang sederhana, justru akan lebih mudah lolos pada sistem ATS di bandingkan CV dengan format yang terlalu berwarna atau menggunakan desain grafis.

Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Mencantumkan kata kunci yang tepat adalah wajib pada CV ATS friendly. Pastikan kata kunci ini relevan dengan bidang pekerjaan yang di lamar.

Kata kunci atau keyword untuk CV ATS ini bisa Kamu temukan dengan membaca deskripsi pekerjaan yang di lamar dan melihat kata kunci yang sering muncul di situ.

Misalnya, seorang Programmer dapat menggunakan kata kunci seperti buat website, konfigurasi hosting dan domain, instalasi sistem operasi, dan lain sebagainya. Atau buat kalian yang mendaftar posisi sebagai IoT Engineer sertakan juga kemampuan yang kalian miliki setelah ikutan bootcamp IoT di Indobot

Gunakan Font Huruf Standar

Pastikan CV ATS yang di buat menggunakan format huruf standar saja. Hindari menggunakan font huruf yang terlalu berlebihan dan kreatif.

Font huruf standar seperti Arial atau Cambria dengan margin tidak lebih dari 1 inch dapat di gunakan pada CV ATS, karena lebih mudah di baca dan terkesan resmi.

Sertakan Informasi Dasar

Hal ini terkadang bisa terlewat dan tidak di tulis di CV ATS Kamu. Pastikan menulis informasi dasar seperti Nama, alamat email, dan nomor telepon dengan lengkap dan jelas.

CV Bahasa Inggris

Jika ingin menulis CV ATS menggunakan Bahasa Inggris, maka pastikan menggunakan present tense untuk mendeskripsikan pekerjaan yang sedang di jalani saat ini.

Tidak Perlu Gambar, Grafik, dan Foto

Cara membuat CV ATS friendly memang sangat sederhana. Jika biasanya kita harus mencantumkan foto, menulis grafik atau gambar, maka CV ATS tidak memerlukan itu semua atau lebih opsional.

Format File

Simpan CV ATS kamu dengan format yang tepat dan simple. Saat ini, biasanya format file .pdf dan .docx sangat di sarankan untuk CV ini.

Bikin CV Sendiri 

Mengingat pentingnya membuat CV ATS friendly bagi para pelamar, baik yang sudah memiliki pengalaman kerja atau para fresh graduate, cara bikin CV ini cukup mudah.

Kamu bisa membuatnya secara manual menggunakan Microsoft Word atau bisa juga melalui beberapa website gratis berikut ini:

  • Novoresume
  • Resume Genius
  • Indeed
  • Canva
  • Zety

Kamu juga bisa melihat beberapa contoh CV ATS friendly dari berbagai bidang pekerjaan secara lengkap dari internet. Penggunaan sistem Applicant Tracking System oleh beberapa perusahaan, ternyata dapat memudahkan HRD menemukan kandidat yang tepat.

Meskipun begitu, bagi para karyawan yang melamar menggunakan CV ATS. Harus benar-benar memperhatikan format keseluruhan, agar CV-nya bisa lolos tahap skrining nanti. 

Memperhatikan dengan seksama tentang cara membuat CV ATS friendly, dapat memudahkan Kamu menulis CV yang benar, menemukan kata kunci yang tepat, sebelum melamar pekerjaan.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp