5 Menit Aja! Cara Membuat Google Form di HP

Indobot Academy

cara membuat google form di hp

Menginput data dalam jumlah yang cukup banyak tentu akan sangat merepotkan dan menyita banyak waktu. Akhirnya, waktu akan terbuang secara sia-sia dan akan banyak pekerjaan yang akhirnya tidak selesai. Seiring dengan canggihnya perkembangan teknologi, pekerjaan untuk mengumpulkan dan menginput data kini menjadi lebih mudah dengan adanya Google Form.

[lwptoc]

Formulir kini sudah tersedia dalam bentuk digital yang akan sangat memudahkan karena bisa dibuat dan sekaligus disebarkan secara daring. Sehingga, banyak yang mengisi formulir dengan target yang semakin luas dan data dari respons yang didapat juga akan semakin banyak. Banyak perusahaan maupun individu yang menggunakan Google Form untuk lebih memudahkan pekerjaan mereka dalam mendapatkan data yang diinginkan.

Pengertian Google Form

Google Form merupakan sebuah fitur dari browser Google yang dapat dimanfaatkan secara gratis untuk beberapa urusan administrasi dan mengenai survei online yang bisa digunakan dalam banyak bidang. Sering digunakan sebagai sebuah platform untuk menyebarkan formulir secara online terhadap suatu topik.

Google Form kerap kali dimanfaatkan sebagai media untuk mengumpulkan informasi secara praktis dari audiens secara daring. Sebagai sebuah fasilitas akan sangat berguna untuk membuat, mengirim, mengedit, dan menerima respon dari formulir tersebut. Google Form yang sudah selesai dibuat kemudian akan di sebar secara online, lalu akan di isi oleh para respondennya. Layanan formulir secara praktis ini sudah tersedia secara gratis yang disediakan oleh Google. 

Untuk sebagian orang, sangat awam sekali untuk membuat sebuah formulir dalam menyelesaikan sebuah tugas. Dahulu, saat akan membuat formulir untuk mendapatkan sebuah data harus di lakukan secara manual dan tergolong sangat tidak praktis. Namun, kini membuat formulir tersebut sangat bisa dilakukan dan sangat memudahkan para pencari data dengan melalui Google Form. Google Form bisa menjadi sebuah solusi yang terbaik bagi kamu yang ingin membuat sebuah formulir secara lebih efisien.

Manfaat Google Form

Kemudahan yang di dapat dari Google Form ini sangat di gemari oleh kebanyakan orang. Orang-orang menganggap pekerjaan mereka menjadi lebih cepat selesai dan sangat efisien. Karena berbagai manfaat yang dapat di rasakan tersebut, membuat Google Form semakin terkenal dalam membuat formulir secara daring. Selain itu, terdapat beberapa manfaat Google Form sebagai berikut:

  1. Google Form akan memudahkan dalam membuat berbagai macam formulir dan kuis online dalam segala bidang. Formulir ini bisa di buat secara online dengan sangat praktis untuk memberikan kemudahan kepada para pemakainya.
  2. Bisa di unakan untuk mengelola berbagai macam pendaftaran acara untuk mendapatkan data dari para pengunjung yang akan hadir.
  3. Membuat jajak pendapat dari para audiens secara cepat hanya dengan mengisikan formulir di Google Form yang sudah dibuat.
  4. Berguna dalam membuat dan menganalisis hasil survei secara langsung yang bisa di lakukan melalui HP ataupun browser web.
  5. Akan mendapatkan hasil atau respon secara instan dari responden dengan mudah hanya dengan menyebarkan link formulir yang harus di isi.
  6. Mampu untuk meringkaskan hasil survei secara cepat, akurat, dan jelas dengan menggunakan bagan atau grafik.

Kelebihan Menggunakan Google From

Google Form ternyata memiliki beberapa keunggulan dari beberapa browser formulir daring lainnya. Di antara beberapa keunggulan google form, yaitu: 

  1. Layanan dari Google Form akan bisa di gunakan dengan lebih mudah dan praktis yang pengisiannya secara online dan gratis.
  2. Bisa membuat berbagai pertanyaan survei sekaligus dalam 1 formulir yang bisa di lakukan dalam beberapa menit dengan lebih mudah.
  3. Di lengkapi dengan desain yang cukup menarik dan bisa di gunakan untuk memilih antara palet warna, gambar, dan latar belakang.
  4. Google From dapat menyimpan umpan balik yang di terima dan bisa terintegrasi dengan Google Spreadsheet agar bisa mengakses tampilan spreadsheet.
  5. Mampu mengumpulkan alamat email penerima dan membatasi jawabannya dan bisa memungkinkan pembuatnya untuk mengirimkan formulir melalui email atau melalui sosial media.

Kekurangan Menggunakan Google Form

Selain memiliki sisi keunggulan dari Google Form yang lebih memudahkan pekerjaan. Ternyata, produk dari platform Google ini memiliki kekurang yang perlu di perhatikan. Berikut adalah beberapa macam kekurangan dari Google Form.

  1. Google Form perlu terhubung dengan akses internet agar bisa menggunakannya dengan lancar dan tanpa hambatan.
  2. Kustomisasi desain dari formulir Google Form ini sangat terbatas pada beberapa template desain yang telah di sediakan.
  3. Google Form ini akan berisiko mengenai beberapa masalah keamanan terkait dengan akun dan password dari para respondennya.

Cara Membuat Google Form di HP Android

cara membuat google form di hp android

Cara untuk membuat Google Form di HP sangatlah mudah asalkan saja kita memiliki akses internet yang lancar dan akun Google yang sudah di siapkan. Formulir dari Google ini akan terdiri dari judul, deskripsi, serta pilihan daftar pertanyaan untuk menunjukkan jenis informasi yang di tanyakan kepada responden. Berikut adalah cara membuat Google Form di HP android dengan lebih mudah seperti hanya membuat formulir di komputer.

  1. Bukalah form.google.com melalui browser web seluler di HP kamu, misalnya seperti melalui Google Chrome.
  2. Nantinya, secara otomatis formulir baru dari Google Form ini akan langsung terbuka dengan mudah dan cepat.
  3. Jika sudah, kamu akan bisa langsung untuk menambahkan judul dan deskripsi dari formulir yang akan kamu bagikan kemudian.
  4. Isilah beberapa pilihan jawaban yang sudah di pastikan kemudian pilihlah add question tanda “+” di bagian bawah kiri layar untuk menambahkan beberapa pertanyaan yang di tanyakan kemudian.
  5. Kamu bisa melihat Google Form yang kamu buat dengan klik preview lalu pilihlah tempat untuk menyimpan tanggapan dari Google Form.
  6. Klik tombol “Send” di bagian kanan atas dan Google Form yang kamu buat sudah selesai dan siap untuk mengirim link Google Form tersebut.

Baca Juga Cara Membuat Skala Linier di Google Form

Cara Membuat Google Form Melalui HP Iphone

Berikut adalah cara membuat Google Form di HP Iphone yang sangat mudah untuk di lakukan dan di tiru.

  1. Bukalah formulis Google Form di laman form.google.com melalui Safari, maka secara otomatis formulir baru akan terbuka dengan cepat dan mudah.
  2. Jika sudah, kamu bisa langsung menambahkan judul dan deskripsi formulir dan isilah beberapa pilihan jawaban yang sudah di tetapkan.
  3. Pilih add question tanda “+” pada bagian bawah kiri layar untuk menambahkan beberapa pertanyaan tambahan lainnya.
  4. Jika sudah, maka klik tombol “Send” , kemudian Google Form yang di buat sudah selesai dan siap untuk di bagikan.

Cara Membagikan Google Form

Formulir Google Form bisa d ikirimkan langsung dengan menggunakan akun pribadi maupun workspace akun atau bisa juga di bagikan langsung ke media sosial. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membagikan formulir Google Form ini.

  1. Bukalah formulir di Google Form dan kemudian klik tombol kirim/send di bagian kanan atas.
  2. Pilihlah dengan metode untuk mengirim formulir, misalkan melalui email dan tambahkan alamat email di kolom kepada/to bersama dengan subjek email dan pesan.
  3. Kemudian klik tombol kirim agar formulir yang sudah di buat bisa di sebarkan ke para audiens.
  4. Jika kamu ingin membagikan Google Form di sosial media, kamu hanya perlu mengklik salah satu ikon media sosial yang tersedia kemudian ikuti petunjuk untuk membagikan formulirnya.

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp