Begini Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Indobot Academy

Resign atau mengundurkan diri dari sebuah perusahaan merupakan sebuah hal yang biasa terjadi dalam dunia kerja yang dilakukan karena berbagai alasan. Pengunduran diri ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik atau karena ingin fokus berbisnis. Pengunduran diri di lingkungan kerja ini bisa juga dilakukan karena terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam lingkungan kerja tersebut.

Ketika kamu sudah sekian lama bekerja, mungkin ada yang sudah berencana untuk melakukan pengunduran diri resign dengan berbagai alasan. Mungkin akan menjadi sebuah masalah jika kamu ingin melakukan resign untuk pertama kalinya. Ternyata, terdapat berbagai solusi agar kamu bisa melakukan resign dengan lebih baik. Kamu perlu mengetahui beberapa cara yang tepat untuk mengajukan resign dengan lebih hormat dan santun.

Langkah-Langkah untuk Mengundurkan Diri dari Pekerjaan dengan Cara yang Lebih Baik

Jika kamu sudah di terima kemudian masuk ke dalam sebuah perusahaan dalam keadaan baik dan terhormat, maka kamu perlu melakukan hal yang sama juga saat mengundurkan. Saat tiba masa kamu akan mengajukan pengunduran diri dari perusahaan karena alasan tertentu, maka sudah pasti kamu juga harus izin resign dengan cara yang baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengunduran diri dengan cara yang lebih baik.

Buatlah perjanjian terlebih dahulu untuk meeting secara privasi dengan atasan

Jika kamu ingin mengajukan pengunduran diri dari sebuah perusahaan, maka tidak semua orang kantor wajib untuk mengetahui bahwa ku mengundurkan diri. Mengajukan pengunduran kerja sebaiknya di bicarakan dan di diskusikan secara privat karena hal itu akan menunjukkan jika kamu adalah seorang pegawai yang cukup profesional.

Kamu bisa mendiskusikan dengan atasan atau HRD terlebih dahulu terkait dengan hal pengunduran diri. Sangat penting sekali untuk kamu lakukan agar membuat perjanjian meeting 1-on-1 terlebih dahulu sebagai bentuk komunikasi dan diskusi pengunduran diri kerja yang baik. Kamu perlu mengkonsultasikan hal-hal yang dianggap penting untuk dibahas sebelum mengundurkan diri.

Baca Juga Manfaat Slip Gaji untuk Karyawan

Ceritakan alasan yang logis dan jelas terkait dengan rencana resign

Ketika sudah membuat janji untuk menghadap dan berdiskusi dengan atasan atau HRD, kamu juga wajib untuk mempersiapkan alasan yang jelas. Alasan yang kamu buat harus logis dan jelas untuk menghindari penafsiran yang tidak di inginkan. Beberapa alasan yang bisa kamu berikan ketika akan mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan, misal seperti minim apresiasi, tidak ada perkembangan karir, mendapatkan tawaran lebih baik, dan masih banyak lainnya.

Berikan informasi pengunduran diri jauh-jauh hari sebelumnya

Jika kamu yang ingin melakukan resign, maka biasanya sudah tidak asing dengan istilah one month notice. Kamu harus menginformasikan pengunduran diri dengan waktu minimal pemberitahuan dalam beberapa waktu yang telah ditentukan dalam kontrak kerja. Tujuan dari pemberitahuan jauh-jauh hari ini adalah agar kamu masih bisa menyelesaikan tanggung jawabmu di tempat kerja sambil perusahaan mencari penggantimu. 

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri dalam peraturan pemberitahuan informasi pengunduran diri kerja sebelum melakukan resign. Sebelum itu, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah pekerjaan yang masih menjadi tanggunganmu masih ada atau tidak.

Jika masih ada kamu bisa menyelesaikannya terlebih dahulu sembari perusahaan menggunakan waktu untuk mencari pekerja yang baru. Pastikan apakah ada denda yang harus di bayarkan jika kamu mengundurkan. Hal ini bisa kamu lihat dengan lebih praktis pada surat kontrak kerja sebelumnya.

Membuat surat resign dengan baik untuk perusahaan

cara membuat surat pengunduran diri karyawan

Pengunduran diri kerja yang baik dan profesional harus selalu melampirkan surat pengunduran diri yang diserahkan pada saat pertemuan dengan atasan atau HRD. Serahkanlah surat surat resign yang sudah kamu buat dengan baik terlebih dulu sebelum kamu menceritakan alasan yang rasional dalam mengundurkan diri.

Berikan rasa hormat dan ucapkan terima kasih

Hal sangat penting dan tidak boleh untuk kamu lupakan yaitu selalu menunjukkan rasa hormat dan selalu menunjukkan sikap yang baik. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan rasa terima kasih kepada atasan, HRD, dan rekan kerjamu yang selama ini sudah sangat berarti dalam mengembangkan karirmu.

Tetap jagalah hubungan baik dengan mereka, walaupun sudah resmi pindah ke perusahaan yang baru. Kamu bisa mentraktir makan bersama di restoran atau memberi hadiah kecil sebagai ucapan perpisahan dan terima kasih.

Cara Menuliskan Surat Pengunduran Diri Kerja yang Sopan

Surat pengunduran diri kerja atau surat resign menjadi salah satu komponen yang cukup penting yang diserahkan secara tertulis dan menjadi dokumen penting ketika akan mengundurkan diri. Untuk membuat surat pengunduran ini kamu harus menuliskannya dengan bahasa yang sopan dan baik. Hindarilah untuk membahas hal-hal yang akan menyudutkan perusahaan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara untuk menuliskan surat pengunduran diri ini. Berikut adalah beberapa format yang harus ada di dalam pembuatan surat pengunduran diri dengan mudah.

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat pengunduran diri ini harus dituliskan secara lengkap pada surat yang akan diserahkan.
  2. Pihak yang di tuju untuk penyerahan surat ini harus di tuliskan dengan jelas. Misalnya saja bisa untuk atasan kamu atau HRD.
  3. Gunakanlah salam pembuka yang sopan dan santun.
  4. Sertakan nama lengkap beserta dengan alamat lengkap perusahaan yang akan kamu kirimkan surat pengunduran diri ini.
  5. Tuliskan mengenai identitas diri seperti halnya nama lengkap, NIK, jabatan, dan departemen di mana kamu bekerja.
  6. Berikan alasan yang logis dalam hal pengunduran diri kerja beserta dengan tanggal pengajuan pengunduran diri yang kamu rencanakan.
  7. Jangan lupa selalu ucapan rasa terima kasih dan permintaan maaf bila ada kesalahan yang di lakukan  kepada atasan, HRD, dan rekan kerja. 
  8. Tuliskan salam penutup dengan bahasa yang baik dan berkesan.
  9. Tuliskan nama lengkap di sertai dengan tanda tangan pada bagian bawah baik sebelah kiri maupun kanan.

Baca Juga Cara Membuat CV ATS Friendly

Apa Pentingnya Surat Pengunduran Diri?

Surat pengunduran diri bukanlah hanya sekedar dokumen formalitas biasa yang dibuat oleh seseorang ketika ia akan mengundurkan diri dari sebuah perusahaan. pengunduran  diri menjadi dokumen wajib yang memiliki fungsi penting untuk memberi waktu bagi perusahaan dalam mencari pengganti karyawan.

Surat pengunduran diri harus di serahkan beberapa waktu sebelum hari terakhir bekerja di kantor agar tidak mengejutkan perusahaan dengan informasi yang mendadak. Waktu yang tertera pada surat akan memberikan peluang kepada perusahaan agar bisa berencana merekrut pegawai baru untuk mengisi posisimu.

Surat pengunduran juga berfungsi dalam memberikan informasi mengenai status pekerjaan yang menjelaskan tugas atau tanggung jawab pekerjaanmu sudah selesai di garap. Surat ini akan menegaskan bahwa kamu sudah tidak memiliki sangkut paut dengan urusan perusahaan. Selain itu, surat pengunduran menunjukkan profesionalitas seperti pada kontrak dan surat persetujuan saat awal masuk. Ketika kamu akan keluar, maka sebaiknya harus di lakukan sesuai dengan prosedur yang di laksanakan dengan baik.

Contoh Surat Pengunduran

Surat Pengunduran Diri Guru Honorer

contoh surat pengunduran diri guru

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan UKM

contoh surat pengunduran diri karyawan ukm

Nah itulah pembahasan kita tentang surat pengunduran diri karyawan, jangan takut jika memang harus keluar dari perusahaan ya Fanbot

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp