Berkenalan dengan Blynk IoT Pengganti Blynk (Legacy) Produk Lama

Indobot Update

Berkenalan dengan Blynk IoT
Berkenalan dengan Blynk IoT Pengganti Blynk Legacy Produk Lama

Bagi kalian yang sudah pernah membuat project IoT pasti sudah mengenal aplikasi Blynk IoT. Blynk Merupakan salah satu aplikasi yang dibuat untuk membuat aplikasi yang dapat terhubung dengan mikrokontroler, baik dengan fasilitas bluetooth, wifi, maupun secara IoT atau menggunakan internet. Namun kalian sudah tau belum kalau sekarang sudah ada aplikasi pengganti Blynk dari produk Blynk Inc? 

Bagi kalian yang sudah nyaman dengan menggunakan aplikasi Blynk yang Blynk (Legacy) pastinya akan cukup kaget dengan perubahan ini. Aplikasi produk Blynk Inc yang terbaru diberi nama dengan Blynk IoT. Produk baru ini seakan ingin mengatakan bahwa aplikasi blynk sangat kompatibel dengan kebutuhan IoT. Lalu bagaimana dengan blynk (Legacy) sebagai produk lama dari Blynk.

Blynk IoT

Berkenalan dengan Blynk IoT Pengganti Blynk (Legacy) Produk Lama

Bagi teman-teman yang sebelumnya sudah terdaftar di Blynk (Legacy), kalian tetap dapat menggunakan aplikasi ini seperti biasanya. Aplikasi akan tetap berfungsi seperti biasanya, tetapi tidak lagi ada pengembangan dan tidak ada support dari Blynk Inc. Tidak hanya itu, bagi kalian yang baru ingin mendaftarkan email untuk masuk ke aplikasi Blynk (Agency), sudah tidak dapat dilakukan dan langsung dilempar ke aplikasi Blynk terbaru yaitu Blynk IoT.

Baca Juga Kontrol Relay BLYNK NodeMCU ESP8266

Blynk Inc bahkan untuk saat ini belum ada rencana untuk menghentikan sistem Blynk (Agency). Selain jumlah penggunanya yang besar, masih banyak juga dari pengguna yang masih menggunakannya secara profesional. Namun dari Blynk Inc menyarankan untuk segera melakukan transisi ke aplikasi yang terbaru secepatnya agar dapat memanfaatkan fitur baru dari setiap update dan dapat memastikan kinerja project bisa lebih stabil.

Secara tampilan Blynk IoT memiliki tampilan yang berbeda. Tidak hanya itu, penyusunan juga akan terasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan Blynk (Agency). Namun tenang saja, untuk masalah program mikrokontroler internet of things hanya mengalami sedikit perubahan.

Baca juga Mengenal Platform Tinkercad

Nah karena kali ini kita akan melakukan perkenalan dengan Blynk IoT, maka kita akan fokus terkait Blynk IoT saja ya. Yuk kita lihat apa saja yang ada dalam Blynk IoT.

Platform Blynk IoT

Blynk IoT menggunakan 2 interface untuk melakukan setting tampilan pada smartphone yaitu bagian platform Blynk yang tersedia di website dengan link https://blynk.io/ dan yang ada di smartphone. Platform ini berfungsi sebagai cloud yang akan kita gunakan untuk sistem IoT.

Cara Membuat Akun Blynk IoT

Ada beberapa hal yang perlu di lakukan untuk dapat memulai menggunakan Blynk IoT.

  1. Buat akun Blynk menggunakan Blynk.Console atau Blynk.App.
  2. Aktifkan Developer Mode di Blynk Console atau Blynk.App.
  3. Memiliki perangkat mikrokontroler yang mendukung sistem IoT (ESP32, Arduino, Raspberry Pi, ESP8266, atau yang lainnya)
  4. Sudah tidak asing dengan elektronika dasar dan penggunaan mikrokontroler sejenis.

Cara Membuat Blynk.Console

Blynk.Console merupakan Blynk Cloud yang dapat kita setting untuk membuat project baru. Berikut ini cara yang dapat di gunakan untuk membuat akun dengan Blynk.Console.

Masuk ke platform Blynk (KLIK DI SINI).

tampilan website blynk iot

Buatlah akun baru dengan login dan pilih Create Account. Setelah itu, masukkan email yang akan kita gunakan untuk project kita kali ini. Jangan lupa untuk memberi centang untuk menyetujui segala aturan dari Blynk.

cara membuat akun blynk iot

 

Cek pada email anda untuk membuat password Blynk.Console. Kemudian klik Next

cara membuat password akun blynk iot

 

Jika sudah, silakan kembali lagi untuk melakukan login.

cara login blynk iot

Setelah Login sudah selesai, maka akan muncul tampilan berikut sebagai tanda bahwa akun sudah di buat.

memulai workspace blynk iot

 

baca juga: IoT Pertanian : Monitoring Kualitas tanah di Kebun Teh dengan Sensor Soil Moisture dan pH Tanah dengan Blynk

 

Cara Membuat Blynk.App

Blynk App merupakan Blynk yang di gunakan di aplikasi android. Berikut ini adalah cara yang dapat d igunakan untuk membuat akun dengan Blynk App.

Download aplikasi Blynk IoT. Kemudian install dan Open. Jika sudah, maka akan muncul tampilan berikut. Klik Sign Up.

Cara Membuat Blynk.App

Cek pada Email untuk membuat password Blynk.App.

Cara Membuat Blynk.App

Jika sudah, silakan kembali lagi ke aplikasi untuk melakukan login.

tahapan Membuat Blynk.App

Setelah Login sudah selesai, maka akan muncul tampilan berikut sebagai tanda bahwa akun sudah di buat.

menambahkan device pada blynk iot

Pilihlah salah satu cara di atas untuk membuat akun. Jika sudah di salah satu, maka yang lainnya hanya perlu melakukan login saja.

 

baca juga: Ide Project IoT Menggunakan Aplikasi Blynk yang Bisa Kamu Coba

 

Mengaktifkan Developer Mode di Blynk IoT

Developer adalah pengguna yang di perbolehkan untuk mengakses fitur yang di sediakan oleh blynk. Jika kita mengaktifkan mode Developer, kita dapat membuat dan mengkonfigurasi template perangkat di Blynk.Console, membuat dan mengkonfigurasi UI Dashboard web, UI Dashboard smartphone, menambah perangkat baru ke akun, melakukan publikasi template ke Blynk.Marketplace (masih dalam pengembangan Blynk), dan menggunakan fitur lainnya. Cara mengaktifkan Developer Mode adalah sebagai berikut.

  1. Buka Blynk app atau Blynk Console.
  2. Cari pilihan My profile atau User Profile di dalam menu.
  3. Ceklist Developer Mode agar masuk ke mode ON.

Begitulah cara untuk membuat akun dan ingin mengembangkan project kita pada aplikasi Blynk IoT. Pasti kalian penasaran bagaimana caranya untuk membuat IoT secara keseluruhan dengan menggunakan aplikasi Blynk IoT.

Baca juga Datasheet NodeMCU ESP8266

Tetap simak terus di artikel kami ya.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp