Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri, Banyak Fully Funded Juga Lho

Indobot Academy

beasiswa S2 luar negeri
beasiswa S2 luar negeri

Siapa nih Fanbot yang sudah menyelesaikan sarjana dan lagi cari info beasiswa S2? Mendapatkan beasiswa apalagi luar negeri, tentunya memiliki banyak keuntungan, seperti kesempatan untuk mengalami budaya dan lingkungan yang berbeda, meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Selain itu kalian juga akan memperoleh kualitas pendidikan yang lebih baik, meningkatkan peluang karir, membangun jaringan internasional, serta meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri. Dengan memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, seseorang dapat memperoleh pengalaman hidup yang berharga dan membangun karir yang sukses di masa depan.

[lwptoc]

Tips Mencari Beasiswa S2 Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri bisa jadi sangat menarik, tapi juga memerlukan persiapan dan strategi yang matang. Berikut ini adalah beberapa tips dan jenis beasiswa yang bisa membantu kamu dalam mencari beasiswa luar negeri yang tepat:

Mulailah mencari beasiswa jauh-jauh hari sebelum deadline pendaftaran

Pada umumnya, deadline pendaftaran beasiswa luar negeri jauh lebih awal daripada deadline pendaftaran universitas. Jadi, pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa mengajukan beasiswa pada waktu yang tepat.

Cari tahu syarat dan ketentuan dari setiap beasiswa yang kamu minati

Beberapa beasiswa mungkin hanya di peruntukkan bagi mahasiswa dari negara tertentu, atau untuk bidang studi tertentu. Pastikan kamu memahami syarat dan ketentuan dari setiap beasiswa yang kamu minati agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Buatlah essay atau motivasi yang kuat

Kebanyakan beasiswa luar negeri meminta kamu untuk menulis essay atau motivasi yang menjelaskan mengapa kamu pantas untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Pastikan essay kamu sangat meyakinkan, terstruktur dengan baik, dan menunjukkan komitmenmu untuk mencapai tujuan studi.

Buat rencana study dan proposal penelitian

rencana studi beasiswa s2 luar negeri

Biasanya, kampus tujuan juga menginginkan calon mahasiswa untuk membuat rencana studi dan proposal tesis jika nanti di terima belajar di sana.

Nah buat fanbot yang ingin mengajukan magister scholarship bidang keteknikan di luar negeri tetapi masih bingung mau bikin proposal penelitian apa, bisa banget manfaatin waktu luang kalian sekarang untuk ikutan IoT Engineer Camp di Indobot biar kalian punya gambaran target kalian saat di terima di kampus tujuan nantinya. Proposal ini juga untuk memastikan Fanbot bisa menyelesaikan masa studi tepat waktu.

training intensif bootcamp iot engineer

Rekomendasi Dosen

Jangan lupa untuk mencari rekomendasi dari dosen atau profesor yang kamu kenal dengan baik. Rekomendasi yang kuat bisa menjadi pembeda antara kamu dan pesaing lainnya. Nah, jadi gak ada untungnya kan klo selama ini kucing-kucingan dan jadi buronan dosen tiap akhir semester?

Pelajari bahasa Inggris dengan baik

Bahasa Inggris adalah bahasa umum yang di gunakan di banyak universitas di luar negeri. Pastikan kamu memahami bahasa Inggris dengan baik agar kamu bisa mengikuti kuliah dan aktivitas di luar negeri dengan mudah.

Fanbot bisa mulai mengambil kursus bahasa Inggris online maupun offline, selain itu jika tujuan kalian adalah beasiswa S2 luar negeri di beberapa negara di luar Eropa mungkin kalian juga perlu mengambil kursus bahasa negara tersebut, seperti kursus bahasa jepang, bahasa korea, mandarin, rusia atau sesuai negara tujuan kalian.

Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri, Partial dan Fully Funded

Selanjutnya, apa aja nih program beasiswa S2 luar negeri yang bisa kalian pilih?

Fulbright Scholarship – Amerika

Program beasiswa Fulbright adalah salah satu program beasiswa internasional terbesar dan paling terkenal di dunia. Program ini di dirikan pada tahun 1946 oleh Senator Amerika Serikat, J. William Fulbright, dengan tujuan untuk mempromosikan pemahaman dan kerja sama antar negara melalui pertukaran pelajar dan akademisi. Beasiswa Fulbright terbuka untuk pelajar, dosen, peneliti, dan profesional dari berbagai bidang untuk belajar, mengajar, atau melakukan penelitian di berbagai negara di seluruh dunia.

Program ini menawarkan beasiswa penuh (fully funded) yang mencakup biaya pendidikan, akomodasi, transportasi, dan tunjangan hidup. Selain itu, beasiswa Fulbright juga menyediakan program mentoring, seminar, dan kegiatan sosial untuk memperluas pengalaman akademik dan sosial para penerima beasiswa. Program beasiswa Fulbright di anggap sebagai salah satu program beasiswa terbaik dan paling bergengsi di dunia karena standar kualitas akademik yang tinggi dan jaringan alumni yang luas dan berpengaruh. Fulbright Scholarship tersedia untuk jenjang S1, S2, dan S3.

Erasmus Mundus Scholarship – Uni Eropa

Erasmus Mundus Scholarship adalah program beasiswa internasional yang didirikan oleh Uni Eropa untuk mendukung pertukaran pelajar, dosen, dan profesional dari seluruh dunia. Beasiswa ini di berikan untuk mahasiswa yang ingin mengambil program S2 di berbagai universitas di Eropa. ‘

Program ini menawarkan beasiswa penuh (fully funded) untuk program master dan doktor di universitas-universitas terkemuka di Eropa. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, akomodasi, transportasi, tunjangan hidup, dan asuransi kesehatan. Selain itu, program Erasmus Mundus Scholarship juga menyediakan program mentoring, seminar, dan kegiatan sosial untuk memperluas pengalaman akademik dan sosial para penerima beasiswa.

Chevening Scholarship – UK

Dari sudut pandang berbeda, Chevening Scholarship dapat di anggap sebagai program beasiswa yang memiliki fokus pada pembentukan pemimpin global. Program ini didirikan oleh Pemerintah Inggris pada tahun 1983 dan menawarkan beasiswa penuh (fully funded) untuk studi di Inggris bagi para pemimpin potensial yang memiliki ambisi untuk memajukan masyarakat dan negara mereka.

Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, akomodasi, transportasi, tunjangan hidup, dan asuransi kesehatan. Selain itu, program Chevening Scholarship juga menyediakan pelatihan kepemimpinan, mentoring, dan jaringan global untuk memperluas pengalaman dan keterampilan kepemimpinan para penerima beasiswa.

daftar beasiswa s2 luar negeri fully funded

Penerima beasiswa diharapkan untuk kembali ke negara asal mereka setelah menyelesaikan program studi dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat dan negara mereka.

Commonwealth Scholarship – UK

Satu lagi beasiswa S2 fully funded dari negeri mendiang Ratu Elizabeth, hanya saja beasiswa ini di berikan oleh Pemerintah Inggris untuk mahasiswa dari negara-negara Persemakmuran yang ingin mengambil program S2 atau S3 di Inggris. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, dan tunjangan lainnya.

ADB Scholarship – Asia

Beasiswa ini di berikan oleh Asian Development Bank untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan program S2 atau S3 di Asia. ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, dan tunjangan lainnya.

Erasmus+ Scholarship – Uni Eropa

Beasiswa yang di berikan oleh Uni Eropa ini di khususkan untuk mahasiswa yang ingin mengambil program pelatihan, S1 atau S2 di berbagai universitas di Eropa. Berbeda dengan Erasmus Mundus yang lebih fokus untuk jenjang magister dan doktor. Meski demikian, beasiswa ini juga fully funded mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, dan tunjangan lainnya.

Australia Awards Scholarship – Australia

Pemerintah Australia memberikan kesempatan nih untuk mahasiswa dari negara-negara berkembang yang ingin mengambil program S1, S2, atau S3 di Australia. ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, dan tunjangan lainnya.

Japanese Government Scholarship – Jepang

Pemerintah Jepang memberikan beasiswa untuk mahasiswa di seluruh dunia yang dikenal dengan nama Beasiswa Monbukagakusho. Anda yang mengincar beasiswa S2 ke Jepang, Monbukagakusho juga menyediakannya.  Program Research Students salah satunya. Beasiswa ini dapat dipergunakan untuk mengambi S2 di universitas-universitas Jepang dan diberikan tanpa ikatan dinas.

ini diberikan oleh pemerintah Jepang untuk mahasiswa yang ingin mengambil program S1, S2, atau S3 di Jepang. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, dan tunjangan lainnya. Selain biaya kuliah juga disediakan biaya hidup. Biasanya beasiswa ditawarkan awal April tiap tahunnya. Namun, untuk jenis yang lain sudah ada yang di umumkan sebelumnya. Pendaftaran di buka April hingga Mei. Nah lho buruan cari infonya

Korean Government Scholarship – Korea Selatan

Program Beasiswa ini di berikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk mahasiswa yang ingin mengambil program S1, S2, atau S3 di Korea Selatan. Beasiswa ini cocok buat fanbot yang juga fans keras BTS, K-Pop maupun Drama Korea, di jamin bakalan seneng banget bisa dapet beasiswa S2 luar negeri satu ini. ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, dan tunjangan lainnya.

DAAD Scholarship – Jerman

Pemerintah Jerman juga gak mau dong ketinggalan untuk memberikan beasiswa luar negeri bagi mahasiswa yang ingin mengambil program S1, S2, atau S3 di Jerman. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, dan tunjangan lainnya.

Swedish Institute Scholarships for Global Profesionals – Swedia

Program beasiswa S2 satu ini di tawarkan Pemerintah Swedia. Nama programnya Swedish Institute Scholarships for Global Profesionals (SISGP) atau Beasiswa SISGP. Pelamar dari Indonesia salah satu yang di beri kesempatan mendaftar. Beasiswa SISGP ini menawarkan dana biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, serta asuransi.  Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas Swedia, beasiswa SISGP Swedia patut di pertimbangkan. Pendaftaran di buka Februari.

Ontario Graduate Scholarship (OGS) Programme – Kanada

Ontario Graduate Scholarship (OGS) Programme adalah program beasiswa S2 dan pascasarjana yang di tawarkan oleh pemerintah provinsi Ontario, Kanada, untuk mendukung pelajar pascasarjana yang memiliki prestasi akademik yang tinggi dan menunjukkan potensi penelitian yang luar biasa di universitas-universitas di Ontario.

Beasiswa ini tersedia untuk pelajar dari berbagai di siplin ilmu, termasuk ilmu sosial, humaniora, ilmu pengetahuan alam, dan teknik. OGS membantu membayar biaya kuliah bagi pelajar pascasarjana yang terdaftar di universitas di Ontario. Beasiswa ini dapat di terima untuk periode waktu yang berbeda tergantung pada kebutuhan pelajar dan program studi yang di ambil.

Selain membantu pelajar membayar biaya kuliah mereka, OGS juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan penelitian, mengakses sumber daya dan jaringan penelitian, serta terhubung dengan pakar penelitian dan profesional di bidang mereka.

Jangan lupa untuk memperhatikan apakah beasiswa yang kamu pilih adalah fully funded atau tidak. Beasiswa fully funded biasanya mencakup semua biaya yang di perlukan selama studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, asuransi kesehatan, dan tunjangan lainnya.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp