Pengertian, Syarat, dan Cara Daftar Beasiswa LPDP 2023

Indobot Academy

cara daftar beasiswa LPDP 2023

Setiap peserta didik, baik mahasiswa atau mahasiswi pasti ingin untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk peserta didik yang berasal dari kalangan keluarga yang kurang mampu, pasti akan merasakan kesulitan. Mereka pasti mengharapkan bantuan dana untuk melanjutkan pendidikan dan menggapai mimpi mereka. Bantuan beasiswa dari pemerintah sangat di harapkan sekali untuk membantu dalam melanjutkan mimpi.

[lwptoc]

Saat ini banyak sekali program beasiswa dari pemerintah yang sangat meringankan dan membantu para peserta didik. Salah satu program beasiswa dari pemerintah yang sudah di  keluarkan, yaitu beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP ini bertujuan agar bisa mendukung ketersediaan SDM Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas. Di harapkan dengan adanya beasiswa ini, para lulusan berkualitas ini bisa memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan demi kemajuan bangsa di masa depan.

Apa Itu Beasiswa LPDP?

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah kepanjangan dari LPDP yang merupakan lembaga penyalur beasiswa yang telah di selenggarakan oleh Kementerian Keuangan. Program beasiswa ini telah memberikan sebuah peluang bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang magister dan doktoral. 

Beasiswa ini telah menawarkan subsidi secara penuh terhadap biaya pendidikan yang terjamin di bantu oleh pemerintah. Sebagian dari beasiswa ini juga ada yang sudah mencakup biaya untuk hidup beserta dengan berbagai tunjangan. Menariknya lagi, Ini akan memberikan peluang yang cukup meyakinkan untuk kamu yang ingin pergi kuliah di  luar negeri. 

Program beasiswa ini juga telah menghimpun beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. Sejak pertama kali di adakannya beasiswa ini mulai dari tahun 2013, sudah berpuluh-puluh ribu awardee (penerima yang sudah mendapatkan beasiswa ini). beasiswa LPDP ini adalah sebuah lembaga yang bekerja dan melaksanakan tugas di bawah pengawasan kementerian Kemenkeu, Kemendikbud, dan Kemenag.

Baca Juga Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri Fully Funded 

Program Beasiswa LPDP 2023

beasiswa LPDP 2023 ini hanya untuk dua program, yaitu Magister atau S2 serta program Doktor atau S3. Kedua program LPDP ini bisa di laksanakan di perguruan tinggi di  dalam negeri atau bisa juga di luar negeri. Program LPDP tidak melaksanakan program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1.

Maksimal jangka waktu studi untuk program Magister yaitu 2 tahun, sedangkan untuk program Doktor 4 tahun. Apabila melebihi masa waktu tersebut bisa di kenakan penalti bagi pelaksana beasiswa tersebut. Para penerima beasiswa LPDP sudah terseleksi melalui beberapa tahapan, sehingga bukan sembarang orang yang terpilih.

Program beasiswa LPDP tahun 2023 kembali di buka melalui masa waktu 2 tahap. LPDP untuk tahap pertama di buka mulai tanggal 25 Januari 2023 hingga 25 Februari 2023. Sementara LPDP untuk tahap kedua, akan di buka pada tanggal 9 Juni 2023. 

Persyaratan Umum Beasiswa LPDP Tahun 2023

Persyaratan umum untuk pendaftaran beasiswa LPDP 2023, yaitu sebagai berikut:

  1. calon penerima beasiswa LPDP adalah warga Negara Indonesia. 
  2. Calon Penerima beasiswa di khususkan untuk menyelesaikan masa studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk menerima beasiswa magister atau untuk program magister (S2) untuk menerima beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) yang langsung doktor. Bagi para pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) akan langsung doktor harus dan wajib memenuhi beberapa ketentuan sebagai berikut:
    1. Mempunyai LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan calon penerima beasiswa, dan
    2. Memenuhi semua kriteria yang wajib untuk dipenuhi sebagai syarat bagi pendaftar program beasiswa Doktor (S3). 
  3. Para pendaftar yang sudah menyelesaikan masa studi magister (S2) tidak lagi di izinkan untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa magister. Kemudian, bagi para pendaftar yang sudah menyelesaikan masa studi doktor (S3) tidak akan lagi di izinkan untuk mendaftarkan diri pada program LPDP beasiswa doktor. 
  4. Bagi seluruh pendaftar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi di luar negeri pada jenjang pendidikan yang di tempuh sebelumnya, sangat wajib untuk melampirkan seluruh hasil penyetaraan dokumen ijazah dan konversi dari nilai IPK berdasarkan ketentuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yang bisa di lakukan melalui laman website https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/
  5. Peserta yang mencalonkan diri tidak sedang dalam masa menempuh studi (on going) program magister yang memilih untuk melanjutkan tujuan program magister ataupun doktor untuk melanjutkan tujuan program doktor baik di perguruan tinggi di dalam negeri maupun perguruan tinggi yang berada di luar negeri.
  6. Para peserta juga tidak boleh dalam masa sedang mendaftar, akan menerima, atau sudah menerima program beasiswa dari sumber yang lainnya dan yang akan berpotensi mengalami double funding selama akan menjadi penerima beasiswa LPDP secara sah. 
  7. Untuk para pendaftar yang belum melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai untuk studi yang tidak sesuai dengan beberapa ketentuan beasiswa LPDP maka wajib bagi para pendaftar untuk melampirkan lembar surat keterangan yang berisi mengenai penundaan jadwal waktu perkuliahan untuk beberapa program studi dari Perguruan Tinggi yang akan di unggah bersamaan dengan lampiran LoA Unconditional. 

kelas-kelas sebagai berikut:

    1. Kelas Eksekutif
    2. Kelas Khusus
    3. Kelas Karyawan
    4. Kelas Jarak Jauh
    5. Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk
    6. Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri
    7. Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi, atau 
    8. Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP. 
  1. Peserta akan bersedia untuk menandatangani/menyetujui mengenai surat pernyataan yang dilampirkan pada aplikasi pendaftaran dan harus sesuai dengan format pernyataan (poin-poin yang telah terlampir). 
  2. Mengisi profil data diri pada formulir pendaftaran secara online dengan menuliskan  komitmen untuk kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi yang akan dilaksanakan di Indonesia. 
  3. Menulis Proposal Penelitian untuk para pendaftar program pendidikan doktor dan menuliskan daftar riwayat dan tautan pada publikasi ilmiah (jika ada). 

Alur Cara Mendaftar Beasiswa LPDP 2023

Pendaftaran beasiswa LPDP ini akan di buka sepanjang tahun dengan tahapan proses seleksi yang akan dilakukan sebanyak 4 kali. Berikut adalah alur tahapan beasiswa LPDP 2023.

  1. Daftar melalui pendaftaran secara online di halaman ini
  2. Lengkapi formulir pendaftaran dan dokumen yang diperlukan
  3. Menunggu pengumuman seleksi proses administrasi.
  4. Melakukan tes wawancara.
  5. Menunggu hasil pengumuman tes wawancara.
  6. Mengikuti program kepemimpinan (PK).
  7. Pengumuman kelulusan.

beasiswa lpdp 2023

Jenis Biaya yang Akan Ditanggung Beasiswa LPDP

Untuk biaya yang akan di tanggung untuk beasiswa LPDP, yaitu meliputi:

  1. Biaya pendaftaran
  2. Uang SPP
  3. Tunjangan biaya buku
  4. Biaya tesis/disertasi/penelitian 
  5. Biaya wisuda
  6. Biaya transport PP
  7. Asuransi kesehatan
  8. Biaya aplikasi visa
  9. Biaya hidup
  10. Biaya kedatangan.

Jadi gimana nih Fanbot udah siap jadi awardee LPDP 2023?

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp