Format dan Contoh Laporan PKL Siswa SMK

Indobot Academy

format laporan PKL SMK

Jika kamu adalah salah satu pelajar Indonesia yang masuk ke SMK, maka sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PKL atau magang. PKL adalah singkatan dari Praktek Kerja Lapangan yang merupakan program khusus dari SMK dan wajib oleh para siswanya ikuti. Biasanya, setelah melewati masa PKL para peserta didik akan diwajibkan untuk membuat laporan PKL dari tempat dimana ia magang.

[lwptoc]

Setelah melaksanakan PKL kalian juga harus membuat laporan PKL sebagai dokumentasi capaian selama PKL dan menjadi suatu syarat kelengkapan nilai PKL.

Sekilas Tentang PKL SMK

PKL adalah suatu kegiatan yang mewajibkan bagi para siswa SMK untuk bisa langsung terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya dengan menerapkan ilmu-ilmu yang telah diberikan oleh sekolah. Dengan adanya kegiatan PKL, para siswa SMK akan bisa belajar dan praktek secara langsung mengenai dunia usaha maupun industri yang dijalankan sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Terkait dengan dimana tempat pelaksanaan PKL, maka biasanya pihak sekolah akan mengarahkan para siswanya untuk melakukan kegiatan PKL di beberapa perusahaan tertentu yang sudah melakukan kerja sama dengan pihak sekolah. Namun, sekolah akan tetap memberikan kebebasan bagi para siswa untuk memilih tempat PKL yang diinginkan.

Siswa SMK di Indonesia dapat mengikuti PKL setidaknya selama satu semester (6 bulan) sampai 1 tahun tergantung lama studi program keahlian yang diikuti. Untuk jurusan dengan program 4 tahun, pelaksanaan PKL dilaksanakan selama 1 tahun, sedangkan program 3 tahun melaksanakan PKL selama kurang lebih 6 bulan.

Kegiatan PKL ini biasanya dilaksanakan di semester tiga atau empat, tergantung dari kebijakan sekolah yang akan melakukan kegiatan PKL tersebut. Para siswa harus dan wajib untuk mengikuti kegiatan PKL dengan mematuhi berbagai aturan dan syarat tertentu yang sudah ditetapkan. Sebelum kegiatan PKL dimulai, umumnya pihak sekolah akan memberikan pembekalan terlebih dahulu mengenai budaya kerja, peraturan kerja PKL, penyusunan jurnal kegiatan, serta membahas terkait dengan pembuatan laporan PKL.

Laporan PKL Menjadi Syarat Kelulusan Siswa SMK

PKL adalah salah satu kegiatan pendidikan yang wajib diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tujuan diselenggarakannya program ini yaitu untuk melatih para siswa SMK dalam praktik di dunia industri secara nyata. Siswa SMK memang dipersiapkan untuk bisa terjun langsung ke dunia kerja dengan sistem pembelajarannya yang berfokus pada praktik. 

Biasanya, laporan PKL sudah memiliki format khusus dari pihak sekolah, sehingga siswanya sangat diuntungkan dan tak perlu lagi merasa kebingungan. Namun, ada juga sekolah yang tidak memberikan format laporan PKL secara spesifik, sehingga membuat siswanya kebingungan. Laporan PKL akan berfungsi sebagai dokumen hasil unjuk kerja siswa selama mengikuti kegiatan praktek industri di dunia usaha/dunia industri (DU/DI) 

Cara Membuat Laporan PKL yang Tersusun

Selain diwajibkan untuk mengisi jurnal kegiatan siswa, para siswa PKL juga diwajibkan untuk membuat laporan PKL yang akan menjadi bukti atas kegiatan PKL yang telah dilaksanakan oleh siswa selama ini. Lampirkan juga beberapa data pendukung seperti foto kegiatan agar pembimbing PKL akan percaya mengenai kegiatan apa saja yang telah kamu kerjakan. Ketika akan membuat laporan PKL, biasanya para siswa akan merasa sedikit kebingungan. Tapi, jangan khawatir lagi, berikut adalah beberapa cara membuat laporan PKL dengan benar.

Baca Juga Kunjungan Industri SMK Pasirian ke Indobot

Pelajarilah Format Penulisan Laporan PKL dengan Baik

Dengan mempelajari format penulisan laporan PKL dengan baik, maka akan di harapkan bahwa kamu dapat mengetahui macam-macam bagian mana saja yang harus ada di dalam laporan yang akan kamu buat. Hal tersebut tentu akan lebih memudahkan kamu dalam proses penyusunan laporan PKL, sehingga kamu tak perlu merasa kerepotan lagi dan tentunya pembuatan laporan PKL akan semakin cepat. 

Buatlah Terlebih Dahulu Pendahuluan dengan Jelas

Dalam pembuatan laporan PKL, bagian pendahuluan sangat penting karena memuat tentang dasar penyusunan laporan, sehingga kamu harus merangkai dan menuliskan kalimat dengan jelas agar mudah di pahami serta wajib menerapkan kaidah penulisan yang benar. Janganlah lupa untuk menjelaskan mengapa program PKL wajib di laksanakan, apa tujuannya, dan apa manfaat dari di laksanakannya program tersebut.

Tuliskan Hasil Laporan PKL Secara Lengkap dan Tersusun

format laporan PKL SMK TKJ

Hasil PKL juga menjadi salah satu bagian yang sangat penting, sehingga pada bagian ini harus kamu tulis dengan kalimat yang jelas dan selengkap-lengkapnya. Untuk pembuatan bagian hasil yang lebih rapi dan tersusun, maka kamu bisa memanfaatkan jurnal kegiatan harian yang sudah mencakup data tentang waktu, jenis, dan uraian kegiatan yang di lakukan. Atau untuk lebih melengkapinya, kamu juga bisa membuat catatan kecil sendiri yang di buat secara rutin.

Lampirkan Mengenai Data Pendukung Laporan

Janganlah lupa untuk selalu melampirkan data pendukung yang telah kamu peroleh selama kegiatan PKL berlangsung. Selalu mengabadikan momen di mana kamu sedang mengerjakan sesuatu di tempat PKL. Contoh data pendukung, misalnya yaitu catatan pekerjaan dan foto-foto kegiatan yang di lakukan selama berlangsungnya PKL.

Format Laporan PKL SMK

Pembuatan laporan PKL ternyata tidak terlalu sulit, jika sudah memiliki format laporan untuk memudahkan proses kerja. Pembuatan laporan tidak harus menunggu sampai selesai PKL sebab kamu bisa mulai mengerjakannya di sela-sela waktu senggang dengan mengerjakan draft atau garis besar laporan PKL terlebih dahulu. Ketika sudah tiba masa PKL selesai, maka kamu punya banyak waktu luang untuk melengkapi laporan pekerjaan yang sudah di kerjakan selama kegiatan PKL. Untuk kamu yang belum mengetahui mengenai format laporan, berikut adalah macam-macam format laporan yang benar.

Sampul/Cover

Di dalam bagian sampul ini, kamu wajib untuk menulis bagian, seperti judul laporan, nama penyusun, dan identitas instansi pendidikan sekolahmu, misalnya seperti logo, nama, dan alamat. Judul laporan PKL di tulis menggunakan huruf kapital dengan penyebutan lokasi tempat kegiatan PKL dengan menambahkan kata hubung ‘di’. Logo lembaga pendidikan wajib untuk di cantumkan dan di letakkan pada bagian tengah sampul.

Halaman Pengesahan

Bagian ini akan berisi mengenai dokumen pengesahan terkait kegiatan PKL yang menunjukkan bahwa laporan tersebut sudah di koreksi oleh beberapa pihak, seperti pihak pembimbing PKL, kepala sekolah, hingga kepala pemilik tempat magang tersebut.

Kata Pengantar

Bagian ini akan memuat terkait dengan ucapan rasa syukur, ucapan terima kasih untuk berbagai pihak, tujuan di adakan kegiatan PKL, manfaat dari penulisan laporan PKL, serta kritik dan saran yang berhubungan dengan kegiatan PKL.

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK

Dalam rangka menyelesaikan program pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kami sebagai siswa/i yang mengambil jurusan tertentu, di wajibkan untuk menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) di dunia industri. PKL merupakan kesempatan berharga bagi kami untuk mendapatkan pengalaman nyata dalam bidang yang kami pelajari selama ini.

Laporan ini di susun sebagai bagian dari tugas akhir PKL kami, yang bertujuan untuk memaparkan seluruh kegiatan, pengalaman, serta hasil yang kami peroleh selama menjalani PKL. Melalui laporan ini, kami berharap dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai pelaksanaan PKL, serta menunjukkan pemahaman kami terhadap bidang kerja yang kami pilih.

Selama kurun waktu tertentu, kami di tempatkan di perusahaan/instansi yang telah di tunjuk oleh sekolah kami. Di tempat tersebut, kami di arahkan oleh para mentor dan supervisor yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Kami terlibat dalam berbagai kegiatan yang berkaitan langsung dengan bidang studi kami, baik dalam hal praktik maupun penelitian.

Laporan ini akan memuat deskripsi singkat mengenai perusahaan/instansi tempat kami menjalani PKL, tujuan dan manfaat dari PKL, serta gambaran keseluruhan kegiatan yang kami lakukan selama PKL. Kami juga akan mencakup analisis dan evaluasi terhadap pengalaman yang kami peroleh, serta memberikan rekomendasi yang konstruktif untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Selain itu, kami berharap laporan ini dapat menjadi referensi yang berguna bagi siswa/i SMK lainnya yang akan menjalani PKL di masa mendatang. Melalui berbagi pengalaman kami, di harapkan dapat memberikan inspirasi dan panduan bagi mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan ini, perusahaan/instansi yang telah menerima kami sebagai peserta PKL, serta semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan selama pelaksanaan PKL kami.

Akhir kata, kami berharap laporan ini dapat memberikan gambaran yang jelas dan komprehensif mengenai pengalaman kami selama menjalani PKL. Semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya dan dapat menjadi kontribusi kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK.

Terima kasih.

[Penulis Laporan PKL]

Daftar Isi

Bagian ini akan berisikan informasi mengenai daftar halaman dari beberapa bab, sub bab, dan isi dari laporan PKl yang telah di buat dengan tujuan untuk memudahkan dalam pencarian bab yang akan di tuju.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan biasanya akan berisi mengenai latar belakang yang akan menjadi dasar dari penyusunan laporan yang di tuliskan dengan jelas dan rapi.

Tinjauan Umum Perusahaan

Bagian ini akan memuat mengenai informasi dari perusahaan tempat kamu PKL yang berisi profil perusahaan, visi dan misi, tugas dan tanggung jawab yang kamu lakukan selama menjadi siswa PKL di perusahaan tersebut, dan struktur organisasi dari tempat kamu PKL.

Hasil Laporan PKL

Kamu wajib untuk menguraikan bagian hasil secara selengkap-lengkapnya dengan berbagai kegiatan yang telah kamu lakukan selama kegiatan PKL berlangsung.

Penutup

Bagian ini akan berisikan kesimpulan yang telah kamu dapat dari seluruh pelaksanaan kegiatan dan pekerjaan yang telah kamu lakukan di tempat PKL.

Lampiran

Untuk bagian lampiran akan memuat beberapa data pendukung lengkap beserta dengan foto kegiatan selama kegiatan PKL. Jurnal kegiatan PKL harian juga bisa kamu lampirkan di sini

Contoh Laporan PKL SMK Terbaru yang Wajib Kamu Pelajari

Contoh Laporan PKL SMK Jurusan Akuntansi

Berikut ini adalah contoh format laporan dari jurusan akuntansi dengan lokasi magang di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

  • Lembar Persetujuan
  • Lembar Pengesahan
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • BAB I: Pendahuluan
  • Latar Belakang Kegiatan PKL
  • Maksud dan Tujuan PKL
  • Waktu dan Tempat PKL
  • BAB II: Dasar Teori
  • Pengertian Pajak Daerah
  • Jenis Pajak Daerah
  • Karakteristik Pajak Daerah
  • Landasan Hukum Pemungutan Pajak Daerah
  • Tata Cara Pemungutan Pajak Daerah
  • Pengertian Arsip Surat
  • Peralatan Penyimpanan Arsip
  • Tata Cara dan Prosedur Penyimpanan Arsip
  • BAB III: Profil Perusahaan
  • Sejarah Singkat Badan Usaha
  • Visi dan Misi Badan Usaha
  • Struktur Organisasi
  • Deskripsi Kerja
  • BAB IV: Pembahasan
  • Agenda Harian di Bidang Pendapatan
  • Agenda Harian di Bidang PBB dan PBHTB
  • Agenda Harian di Bidang Aset
  • BAB V: Penutup
  • Kesimpulan
  • Saran
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

Contoh Format Laporan PKL SMK TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Berikut ini merupakan contoh laporan TLJ dengan lokasi di sebuah usaha penjualan serta teknisi bidang komputer yang bisa di jadikan referensi.

  • Halaman Judul
  • Halaman Pengesahan Sekolah
  • Halaman Pengesahan Pembimbing
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • BAB I: Pendahuluan
  • Latar Belakang PKL
  • Tujuan PKL
  • Waktu Pelaksanaan PKL
  • BAB II: Sejarah Super Komputer
  • Sekilas Tentang Super Komputer
  • Identitas Dunia Usaha
  • Struktur Organisasi Dunia Usaha
  • Tata Tertib Dunia Usaha
  • BAB III: Pelaksanaan PKL Super Komputer
  • Hardware Komputer
  • Bagian-Bagian Komputer
  • Cara Merakit Komputer
  • Software Komputer
  • Cara Instal Windows 7, 8, 9, 10
  • Cara Instal Driver dan Aplikasi Komputer
  • Reparasi Komputer
  • BAB IV: Penutup
  • Kesimpulan
  • Saran
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp