Gampang Ditiru! Contoh CV yang Menarik HRD

Indobot Academy

Gampang Ditiru! Contoh CV yang Menarik HRD
Gampang Ditiru! Contoh CV yang Menarik HRD

Bagi para pelamar kerja, CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen wajib yang harus dibuat dan disiapkan dengan cermat untuk menarik perhatian HRD.

Dalam CV biasanya berisi informasi rinci tentang pelamar kerja, CV bisa menjelaskan tentang identitas, latar belakang pendidikan, dan daftar riwayat hidup seseorang, misalnya seperti riwayat pekerjaan sebelumnya, pelatihan yang pernah diikuti, dan lain sebagainya.

[lwptoc]

CV bisa dijadikan saringan awal oleh para pemberi kerja untuk mengetahui informasi. Dan kualifikasi dari pelamar kerja yang ingin bergabung dengan perusahaan.

Istilah CV sendiri berasal dari bahasa latin yang memiliki makna “perjalanan hidup saya”. Oleh sebab itu, apabila ingin membuat CV harus memberikan informasi yang valid baik itu yang berhubungan dengan informasi pribadi, gelar, latar belakang pendidik, pengalaman kerja, dan lainnya.

Nah, untuk membantu para pencari kerja agar bisa membuat CV yang baik dan menarik bagi HRD. Berikut ini akan dijelaskan apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat CV, bagaimana format CV yang benar, dan contoh CV yang menarik.

Hal-hal yang Perlu Di perhatikan Saat Membuat CV

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar CV yang di buat bisa menarik perhatian pihak HRD. Yaitu dengan membuat CV yang fokus, relevan, dan ditujukan khusus untuk perusahaan atau instansi yang dilamar.

Berikut ini adalah beberapa poin yang harus diperhatikan!

Mengenal diri dan mengerti industri yang di tuju

CV pada umumnya berisi informasi data diri seseorang yang di sandingkan dengan latar belakang keilmuan dan pengalaman di bidang pekerjaan. Sehingga saat seseorang membuat CV haruslah berisi data valid sesuai realita.

Namun, walaupun begitu CV yang di buat untuk menarik perhatian HRD harus merepresentasikan informasi yang relevan baik itu tentang data diri dan tujuan karir yang ingin menjadi tujuan.

Oleh karena itu, CV tidak bisa di buat umum untuk semua lamaran pekerjaan. Setiap perusahaan dan departemen yang di tuju harus menjadi bahan pertimbangan untuk isian CV yang relevan.

Buatlah deskripsi diri yang memiliki keterkaitan dan hubungan dengan jenis pekerjaan yang akan di lamar. Tambahkan kemampuan yang relevan dengan spesifikasi yang di butuhkan perusahaan. Serta lampirkan pelatihan atau workshop yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang di lamar.

Menggunakan font yang menarik

Penggunaan font atau pemilihan jenis huruf dalam pembuatan CV juga perlu di perhatikan. Pastikan untuk menggunakan font yang menarik, tidak kaku, memiliki unsur formal, namun tidak mencolok, dan bisa terbaca dengan jelas. Hindari font dengan jenis huruf yang kecil, tipis, dan susah di baca.

Ukuran font juga sangat berpengaruh untuk menghasilkan CV yang menarik, tajam, namun luwes untuk di baca, jadi pastikan juga untuk mengatur ukuran font yang sesuai, misalnya ukuran judul dengan sub judul harus di bedakan, buat juga pengaturan tata letak dan spasi huruf yang seimbang.

Baca Juga Cara Membuat CV Online Gratis

Buat desain CV dengan warna yang bagus

Selain font, pemilihan warna yang tepat juga bisa membuat CV yang di buat lebih menarik perhatian HRD. Gunakan warna-warna cerah atau soft yang selaras, misalnya untuk bagian atas pilihlah warna yang sedikit bold untuk mempertegas judul, kemudian di kombinasikan dengan warna-warna selaras agar CV semakin menarik. Jika kalian tidak menguasai software desain grafis, kalian bisa memanfaatkan berbagai situs penyedia desain CV di internet

Baca Juga Situs Template Desain CV Gratis

Gunakan gambar dan ikon tertentu

Agar CV lebih menarik perhatian HRD, tidak ada salahnya untuk menempatkan beberapa ikon tertentu misalnya seperti logo dan sebagainya. Selain gambar juga bisa sangat membantu CV bisa cepat di lirik oleh HRD. Maka jangan lupa untuk menampilkan foto profil atau foto project yang sudah pernah di buat sebelumnya.

Format CV yang Baik dan Benar

Untuk membuat CV yang baik dan benar, pelamar kerja harus memperhatikan format standar yang sebaiknya ada dalam CV. apa saja? Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

  1. Identitas diri, lengkapi bagian identitas diri dengan nama lengkap, alamat, nomor telepon, email, umur, dan beberapa sosial media yang di miliki.
  2. Pendidikan, cantumkan semua latar belakang/riwayat pendidikan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang di lamar. Akan lebih baik juga jika memasukkan beberapa pelatihan yang  berhubungan dengan spesifikasi karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  3. Kemampuan, tuliskan semua skill relevan yang di miliki. Baik itu kemampuan di bidang pendidikan atau kemampuan profesional yang di pelajari secara serius.
  4. Pengalaman kerja, pastikan untuk memberi ruang yang cukup terlihat untuk pengalaman kerja yang pernah di kerjakan sebelumnya dan jelaskan lengkap dengan tugas dan tanggung jawab yang di miliki.
  5. Prestasi dan sertifikasi, CV akan lebih menarik perhatian HRD jika tercantum prestasi-prestasi pelamar kerja dan sertifikasi yang relevan dengan spesifikasi karyawan yang di butuhkan.
  6. Informasi tambahan, pada bagian ini tuliskan semua hal yang bisa menarik perhatian HRD misalnya seperti hobi dan referensi umum yang berhubungan erat dengan posisi pekerjaan yang di lamar.
  7. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selalu mengacu pada format PUEBI agar surat lamaran kerja kalian dan CV yang di buat memiliki peluang lolos lebih tinggi

Contoh CV yang Menarik Perhatian HRD

Berikut ini adalah contoh CV atau Curriculum Vitae untuk melamar kerja yang bisa menarik perhatian HRD!

Gampang Ditiru! Contoh CV yang Menarik HRD

Cara Membuat CV yang Menarik

Setelah melihat contoh CV lamaran kerja di atas. Ada beberapa hal yang harus di lakukan agar CV yang di buat bisa membuat pihak perusahaan terutama HRD tertarik.

Hal ini di lakukan untuk memberi poin tambah dan menjadikan pihak HRD mempertimbangkan lamaran kerja yang sudah di buat.

Saat ini sudah banyak aplikasi online yang bisa secara otomatis menyediakan template CV yang menarik. Namun, perlu di perhatikan template tersebut secara umum sudah banyak di pakai oleh orang lain yang mungkin satu atau dua di antaranya adalah kompetitor dalam mencari pekerjaan.

Jadi walaupun membuat CV dari aplikasi online, pastikan untuk membuatnya lebih unik dan berbeda dari template yang sudah ada. Para pencari kerja bisa mendapatkan referensi CV yang menarik dari internet.

Kemudian, pilihlah desain yang minimalis, warna yang tidak terlalu mencolok namun senada. Dan seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, pakailah font yang mudah di baca dan tidak menimbulkan multitafsir.

Untuk bagian isi CV, yang perlu di perhatikan adalah masukkan informasi dan data diri yang lengkap relevan, dan tonjolkan kemampuan yang dimiliki.

Untuk memastikan CV sudah di buat dengan baik, jangan lupa untuk mengecek ulang formatnya seimbang, tidak ada kesalahan ketik, dan menggunakan tatanan bahasa dan ejaan yang baik.

Baca Juga Cara Membuat CV ATS Friendly

Jika di perlukan, seseorang juga bisa menggunakan jasa profesional untuk melakukan review terhadap CV yang telah di buat untuk memastikan bahwa CV tersebut sudah layak di berikan kepada perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang contoh CV yang menarik perhatian HRD. Jika sudah mempelajari ulasan di atas artinya CV yang baik dan menarik sudah bisa dibuat dan di sebarkan sebagai salah satu dokumen pelengkap untuk melamar kerja.

Saat ini melamar pekerjaan juga sudah lumrah memanfaatkan transformasi digital dengan menggunakan email atau website perusahaan. Sehingga pastikan untuk membuat format CV digital yang tampilannya menarik dan unik.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp