Kamu Harus Belajar Elektronika Sekarang

Indobot Update

Halo Fanbot.

Kalian sudah paham elektronika belum nih?

Elektronika merupakan ilmu yang mempelajari kelistrikan arus lemah yang dioperasikan dengan mengendalikan aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Alat Elektronika sudah sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti smartphone, TV, Kipas angin, AC, PC, dan masih banyak lagi. Memahami elektronika dasar sangat penting untuk kehidupan kita yang sudah dikelilingi oleh berbagai macam alat yang mengandung listrik.

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika belajar elektronika. Ingin tau apa saja keuntungannya? yuk kita simak.

Dapat memahami kerusakan standar alat elektronika

Belajar elektronika untuk bagian dasar, mungkin hanya disuruh menghitung besaran arus, tegangan, dan lainnya yang berkaitan. Namun jika kita sudah mencapai pada tahap tertentu, itu akan memudahkan kita dalam mengetahui bagian komponen mana yang mengalami kerusakan. Cara mengetahuinya dapat dengan menerapkan kinerja komponen dengan multimeter yang dibandingkan dengan kondisi yang seharusnya. Dengan belajar elektronika, kita bisa mencari bagian mana yang mengalami kerusakan atau minimal sudah mengetahui bagian mana yang masih baik-baik saja.

Standarnya kerusakan pada elektronika ada pada bagian kabel penghubung yang putus, atau pada kapasitor yang terbakar. masalahnya adalah jika kita sudah tau kemungkinan ada penghubung yang putus, maka kita harus benar-benar mencarinya.

Dapat memperbaiki alat elektronika 

Alat elektronika memiliki kompleksitas rangkaian yang sulit. Namun bukan berarti kita tidak bisa untuk melakukan perbaikan terhadap alat tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kita dapat menemukan kerusakan suatu rangkaian dengan melakukan ujicoba rangkaian. Nah di bagian ini, kita tidak hanya mengetahui kerusakannya saja, melainkan juga dapat memperbaikinya. Service alat elektronika juga lagi marak loo.

Banyak sekali alat elektronika yang dapat kita jadikan bahan percobaan untuk memahami rangkaian elektronika, seperti kipas angin, kulkas, lampu LED, dan sebagainya. Kalian bisa mulai mencobanya dan mencocokan dengan pengetahuan yang sudah dipelajari sebelumnya.

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Belajar standar pengoperasian alat

Belajar elektronika akan secara tidak langsung mempelajari pengoperasian suatu alat. Maksudnya adalah ketika kita sudah belajar elektronika lanjutan dengan memahami alat elektronik, kita pasti diharuskan untuk memahami dulu bagaimana cara pengoperasian secara standar terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan perbaikan atau melakukan riset.

Mengurangi resiko tersengat listrik

Tersengat listrik adalah hal yang sangat wajar dialami saat kita belajar elektronika. Bukan hanya saat belajar elektronika, bahkan orang biasa juga dapat mengalaminya. Apa ada dari kalian yang belum pernah tersengat listrik?

Orang yang belajar elektronika pastinya sudah mengetahui bagian-bagian mana yang boleh dipegang dan tidak boleh dipegang saat ada aliran listrik. Bahkan kita juga dapat melakukan prediksi kenapa suatu alat elektronik dapat menyengatkan listrik padahal harusnya aman. Dengan mengetahui hal tersebut, akhirnya kita dapat terhindar bahkan dapat melindungi orang lain agar tidak tersengat listrik. 

baca juga: Jangan Mimpi Buat Robot Kalau Belum Tau Komponen Elektronik Ini

 

Dapat memahami cara kerja alat baru

Saat kita sudah mulai belajar elektronika lanjut, kita dapat memprediksi bagaimana cara kerja suatu alat elektronik. Contohnya ketika kita mencoba mempelajari kinerja kipas angin. Maka secara tidak langsung kita harus mengetahui bagaimana alat ini dapat geleng-geleng dan berputar dengan kecepatan yang dapat kita atur. Jika ada suatu teknologi elektronik baru, kita juga dapat langsung memprediksi seperti apa kinerja dari alat tersebut hingga mencapai suatu tujuan tertentu.

Dapat Membuat Alat Sendiri

Elektronika dapat berfungsi untuk mempermudah hidup kita. Sederhananya, kita dapat membuat rangkaian elektronika yang sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan belajar elektronika kita dapat membuat alat otomatis tanpa membeli alat aslinya. Tentunya sambil belajar, sambil membuat hal yang berguna kan. 

Karir yang beragam

Karir setelah kita belajar elektronika ada berbagai macam. Bahkan ada beberapa orang yang hanya fokus mempelajari satu alat elektronik yang kemudian menjadi mata pencaharian. Contohnya seperti service AC, service TV,  Service HP, Service PC dan lainnya. Ada juga yang lebih memilih untuk mereview alat elektronik seperti review spek HP atau alat-alat elektronik lainnya. Jika teman-teman lebih suka berada di industri, banyak juga industri yang membutuhkan ahli elektronika sebagai electronic Engineer, Automation, atau yang sejenis lainnya. Semakin pro, kalian juga dapat menjadi pengajar seperti guru atau dosen elektronika. Kalian tidak akan kehabisan ide ketika sudah punya skill elektronika.

baca juga: Macam-Macam Pelatihan Teknologi untuk Guru Elektro Elektronika

Itulah beberapa keuntungan bagi kalian yang belajar Elektronika. Kalian merasakan manfaat lain saat mempelajarinya? tulis di kolom komentar ya.

Bagi kalian yang ingin belajar elektronika dasar hingga expert, kalian dapat langsung hubungi Minbot ya. Pastinya Minbot akan memberikan pelayanan terbaik untuk upgrade skill teman-teman di bidang elektronika.

Semangat Belajar!

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp