Kominfo Ajak Inovator IoT di ISSS 2023

Indobot Academy

kominfo gelar ISSS 2023 bareng ASIOTI
kominfo gelar ISSS 2023 bareng ASIOTI

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berupaya mendorong penerapan teknologi Internet of Things (IoT) sebagai solusi pintar untuk Indonesia. Mereka bekerja sama dengan Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) untuk mengajak inovator menciptakan solusi berbasis IoT melalui Indonesia Smart Solutions Summit (ISSS) 2023.

Indonesia Smart Solutions Summit (ISSS) 2023

Selama lima tahun terakhir, Kementerian Kominfo telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem IoT di Indonesia. Mereka mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam upaya ini. Sinergi dengan ASIOTI telah berlangsung sejak tahun 2018 melalui rangkaian kegiatan IoT Makers hingga tahun 2019, serta IoT Creations dari tahun 2020 hingga 2022.

Baca juga Indobot Hadiri Digiers Day 2023

Pada tahun 2023, Kominfo dan ASIOTI akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Indonesia Smart Solutions Summit 2023 sebagai bentuk apresiasi atas perjalanan panjang dalam membangun ekosistem IoT di Indonesia. Tujuan dari acara ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem IoT dan mendorong Indonesia Maju di era digital.

Integrasikan IoT dengan Teknologi Lain

Ketua Umum ASIOTI, Teguh Prasetya, menyatakan bahwa ISSS merupakan perayaan lima tahun perjalanan IoT Creation bersama Kementerian Kominfo. ISSS menghadirkan seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem IoT untuk mendorong adopsi solusi pintar berbasis internet of things, cloud, dan artificial intelligence (AIOT) yang dapat menjadi bagian dari solusi kegiatan sehari-hari masyarakat Indonesia.

ISSS inovasi IoT karya anak bangsa
inovasi IoT karya anak bangsa

Selama lima tahun perjalanan pengembangan IoT, fokus di mulai dari pengenalan, sosialisasi, dan edukasi di tahun pertama. Kemudian berkembang dengan kompetisi dan pembuatan standarisasi untuk level pemula hingga engineer IoT, serta program pendampingan dan sertifikasi perangkat.

Baca juga Paket Belajar Mandiri Smart Home

ISSS 2023 akan di selenggarakan pada tanggal 1 November 2023 dengan tema “Unleashing the Power of Digital Transformation.” Acara ini akan terdiri dari tiga rangkaian acara utama, yaitu konferensi dan diskusi tentang isu terkini. Pemberian apresiasi bagi korporasi yang berkontribusi pada pengembangan transformasi digital berbasis IoT, dan expo bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk menunjukkan solusi pintar mereka dan mendapatkan kesempatan perluasan pasar, fasilitas kemudahan dari regulator, dan potensi pembiayaan pengembangan.

ISSS merupakan forum untuk mendorong pengembangan dan implementasi teknologi IoT yang terintegrasi dengan AI solusi pintar di berbagai bidang seperti ritel (smart home, building, and warehouse), kesehatan (healthcare and wearable devices), transportasi, dan logistik.

Agendakan Road to ISSS 2023

Kegiatan Road to Indonesia Smart Solutions Summit 2023 akan di laksanakan di tiga kota besar. Yaitu Semarang, Bandung, dan Malang, sebelum acara puncak di selenggarakan di Jakarta pada tanggal 1 November 2023. Kegiatan ini akan mencakup produk showcase, diskusi panel, pertemuan komunitas dan industri, pemberian apresiasi. Serta peluncuran katalog Digital Indonesia Smart Solutions.

Pada Road to Indonesia Smart Solutions Summit 2023 di Semarang. Kemudian Fokus akan di berikan pada solusi pintar yang telah di implementasikan secara luas dan komersial di bidang smart home, building, dan warehouse.

Baca juga Indobot Gelar Indonesian IoT Career Fair 2023

Dengan kegiatan-kegiatan ini, di harapkan akan terus muncul dan berkembang. Produk-produk berbasis teknologi karya anak bangsa yang dapat bersaing secara global dan berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem IoT di Indonesia.

Ingin belajar seputar internet of things dan teknologi digital terkini? Yuk gabung bareng Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp