Lengkap! 8 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Indobot Academy

contoh surat lamaran kerja tulis tangan bahasa inggris

Ketika kita sudah lulus dari sebuah lembaga pendidikan, seperti sekolah dan perguruan tinggi, maka hal selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu bekerja. Dalam dunia pekerjaan kita biasanya akan mendaftar di sebuah perusahaan yang memiliki bidang yang sama seperti pengetahuan dan skill kita. Salah satu hal penting yang agar perusahaan bisa merekrut kita sebagai karyawan di perusahaan tersebut, yaitu melalui surat lamaran kerja yang baik dan menarik.

[lwptoc]

Pada surat lamaran pekerjaan, perekrut atau HRD akan melihat biodata lengkap dari para pelamar. Para HRD perusahaan akan melihat dengan teliti ketepatan struktur penulisan surat tersebut, sehingga kita harus benar dalam menuliskannya. Untuk proses penulisan surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan tulisan tangan tidak jauh berbeda dengan surat lamaran yang di ketik.

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan 

Surat lamaran kerja merupakan sebuah dokumen yang sangat penting dan berguna untuk melamar sebuah pekerjaan di perusahaan tertentu. Ketika akan melamar sebuah pekerjaan, biasanya surat ini akan di lampirkan bersama daftar riwayat hidup dan portofolio pekerjaan. Untuk penulisannya, biasanya HRD akan meminta surat lamaran yang di tulis dengan menggunakan Microsoft Word. 

 

Surat lamaran kerja menjadi syarat yang utama ketika akan melamar sebuah pekerjaan sebab pihak perusahaan akan mengetahui kelebihan dan bagaimana kepribadian kita. Sehingga, terdapat perusahaan yang mewajibkan para pelamar untuk mengirimkan surat lamaran kerja berupa tulis tangan. 

Surat lamaran kerja yang di tulis tangan harus di buat dengan baik dan rapi. Dokumen resmi ini harus di tuliskan dengan benar karena pelamar menuliskan identitas diri dengan jelas dan benar. Proses pembuatan surat lamaran kerja pun bisa di bilang tidak terlalu mudah karena belum tentu kita bisa membuatnya dengan benar.

Tujuan Surat Lamaran Kerja Ditulis Tangan

Di zaman yang sudah modern dan dengan teknologi yang sudah canggih seperti saat ini, tetapi mengapa masih ada surat lamaran kerja yang di tulis tangan? Biasanya para pekerja akan mengeluh mengenai hal tersebut. Namun, ternyata HRD memiliki alasan yang cukup logis mengenai persyaratan ini. Berikut ada beberapa tujuan mengapa pelamar wajib mengirim surat lamaran kerja tulis tangan.

HRD Akan Lebih Mudah Memahami Kepribadian Para Pelamar

Biasanya sebagian staff HRD merupakan lulusan Jurusan Psikologi yang pasti mempelajari kepribadian manusia melalui tulisan tangannya. Oleh karena itulah, alasan mengapa perusahaan mewajibkan para pelamar untuk mengirim surat lamaran kerja yang di tulis tangan. Kepribadian para pelamar bisa terlihat dari bentuk hingga ukuran tulisan di surat lamaran kerja. HRD secara teliti akan menyimpulkan bagaimana sifat dan karakteristik para pelamar.

Baca Juga Cara Membuat CV ATS Friendly

Bisa Terlihat Keseriusan Para Pelamar Kerja

Bisa di bilang perusahaan yang mewajibkan mengirim surat lamaran di tulis tangan cukup langka. Ini juga yang akan di jadikan strategi bagi perusahaan untuk mengetahui keseriusan para pelamar kerja yang mendaftar. Pelamar kerja yang tidak serius akan langsung menyerah, namun sebaliknya pelamar kerja yang serius akan tetap berusaha sebaik mungkin.

Dapat Mengetahui Ketelitian Pelamar Dengan Lebih Jelas

Menulis surat lamaran kerja dengan di tulis tangan memang tidak praktis dan membutuhkan banyak ketelitian. Inilah mengapa syarat ini bisa di gunakan oleh HRD untuk melakukan seleksi secara alami. Para pelamar yang tidak teliti biasanya surat lamaran yang di tulisnya banyak kesalahan dan tidak rapi. 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik

  1. Pahami terlebih dahulu syarat yang harus dilampirkan kemudian baru buat draft surat lamaran sebelum benar-benar ditulis
  2. Kamu perlu mengetahui surat lamaran kerja yang akan dibuat harus ditulis dengan kertas apa. Biasanya hal ini sudah ditentukan oleh perusahaan
  3. Gunakan garis bayangan untuk garis margin agar tulisan tetap rapi dan tidak naik-turun.
  4. Gunakanlah bolpoin dengan tinta berwarna hitam.
  5. Tulislah surat lamaran dengan menggunakan kata yang baku, singkat, padat, dan jelas. Hindarilah menggunakan kalimat yang bertele-tele, sehingga surat lamaran akan efektif dan pesan yang ditulis dapat tersampaikan.
  6. Tulis dengan rapi sesuai draft yang sudah disusun sebelumnya di kertas folio bergaris dan usahakanlah jangan sampai ada correction pen agar surat lamaran bisa terlihat dengan jelas dan rapi.
  7. Periksa dan urutkan berkas-berkas yang akan dikirimkan dalam satu map supaya tidak ada yang tertinggal saat akan dituliskan di bagian lampiran surat lamaran tersebut.
  8. Janganlah lupa untuk menghapus garis bayangan yang sudah dibuat saat awal jika surat lamaran sudah selesai ditulis.
  9. Kamu harus mengetahui, apakah surat lamaran yang kamu buat perlu mencantumkan materai dalam surat lamaran kerja tersebut atau tidak.
  10. Periksalah kembali surat lamaran kerja yang sudah kamu buat untuk memastikan sudah di tanda-tangan rapi dan tulisan bisa dibaca dengan jelas.

Format Surat Lamaran Kerja

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal pembuatan surat harus disesuaikan dengan batas waktu lowongan kerja masih dibuka. Biasanya hal ini akan tertera pada brosur atau pengumuman adanya informasi lowongan kerja tersebut.Jangan sampai kamu terlambat dalam mendaftar karena sudah pasti akan ditolak. Tuliskan nama tempat dan tanggal pembuatan surat di bagian pojok kanan maupun kiri pada bagian atas surat.

2. Perihal dan Lampiran

Untuk format perihal harus selalu diisi dengan surat lamaran kerja, posisi, dan nama perusahaan. Contoh:

Perihal: Surat Lamaran Kerja Staff Administrasi

Lalu, untuk format lampiran bisa kamu isi dengan banyaknya jumlah berkas yang kamu lampirkan bersama dengan surat lamaran kerja yang akan kamu kirim. 

3. Alamat yang Dituju

Perlu untuk kamu ketahui, siapa dan di mana lokasi perusahaan tempat kamu akan melamar. Kamu harus mencantumkan di bagian alamat yang di tuju dan tulislah dengan efektif. 

4. Salam Pembuka

Salam pembuka di usahakan untuk menuliskannya secara umum dan tidak boleh merujuk pada suatu entitas tertentu. Gunakanlah  frasa “Dengan hormat,” dan penulisan tersebut harus kamu akhiri dengan tanda koma (,) seperti pada contoh tersebut.

Baca Juga Contoh Daftar Riwayat Hidup ATS Friendly

5. Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka harus ada dalam setiap surat lamaran kerja yang baik yang di ketik maupun yang di tulis tangan. Biasanya paragraf pembuka akan berisi mengenai penjelasan dari mana kamu telah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan pada perusahaan yang kamu lamar.

6. Data Diri Singkat

Pada bagian data diri ini, biasanya akan berisi mengenai informasi data diri pribadi. Tidak harus selengkap curriculum vitae. Data diri singkat akan berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat domisili, serta kontak yang bisa di hubungi untuk tahap yang lebih lanjut.

Baca Juga 5 Website Penyedia Template CV Gratis

7. Paragraf Isi

Adanya format paragraf isi akan sangat berguna agar kamu bisa menjelaskan secara singkat mengenai pengalaman kerja atau berorganisasi yang pernah kamu ikuti. Tak perlu menuliskannya panjang-panjang, kamu bisa menuliskannya singkat saja maksimal 2 kalimat atau dua baris.

8. Detail Lampiran

Seluruh berkas yang harus kamu lampirkan dalam satu dokumen lamaran kerja, kamu bisa menuliskannya dalam bagian detail lampiran ini. Tulis dengan detail dan lengkap serta usahakan jangan sampai ada yang terlewat. Penulisannya yaitu dengan melakukan penomoran secara urut dari atas ke bawah.

9. Paragraf Penutup

Paragraf penutup dalam surat lamaran kerja yang baik, kamu hanya cukup menuliskan dengan ucapan terima kasih atas perhatian HRD saja. Ucapan terima kasih karena HRD sudah berkenan untuk membaca surat lamaran kerja tulis tangan yang kamu buat. Janganlah kamu memohon secara berlebihan untuk di terima, sebab terkesan buruk.

10. Salam Penutup

Salam penutup juga harus di tulis secara netral, seperti halnya pada bagian salam pembuka.  Janganlah memihak kepada entitas tertentu. Gunakan frasa, “Hormat saya,” yang di tulis persis di atas tanda tangan dan nama jelas sebelah pojok kanan atau kiri bawah.

11. Nama Jelas dan Tanda Tangan

Tulislah keterangan nama jelas dan tanda tangan pada bagian akhir surat lamaran kerja yang di tulis menggunakan tangan. Bagian ini sangat penting karena akan membuktikan bahwa surat lamaran kerja yang di buat benar-benar kamu yang menulis dan mengirimnya.

8 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Nah berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa Fanbot tiru

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Sudah Memiliki Pengalaman

"</p

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan untuk Mendaftar CPNS

contoh-surat-lamaran-kerja-cpns tulis tangan

Lamaran Kerja Tulis Tangan Berbahasa Inggris

contoh surat lamaran kerja tulis tangan bahasa inggris

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Minimarket Modern

contoh surat lamaran kerja tulis tangan alfamart indomaret rapi

Lamaran Kerja Tulis Tangan untuk Fresh Graduate

Contoh-Surat-Lamaran-Kerja-Tulis-Tangan-fresh graduate

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Tenaga Medis dan Kesehatan

Contoh-Surat-Lamaran-Kerja-Tulis-Tangan tenaga medis dan kesehatan

Kalian juga bisa membuat CV lamaran kerja tulis tangan untuk melengkapi surat lamaran kerja yang kalian buat ini.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp