Libur Lebaran Idul Adha Resmi 3 Hari

Indobot Update

Libur Lebaran Idul Adha Resmi 3 Hari
Libur Lebaran Idul Adha Resmi 3 Hari

Pemerintah telah resmi mengumumkan jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha tahun ini menyusul ketetapan pemerintah untuk kalender Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 29 Juni 2023.

Keputusan jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha bersama tersebut tertuang dalam Keputusan Bersama Menteri Agama. Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tertanggal 16 Juni 2023.

[lwptoc]

Pemerintah menetapkan jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha tahun ini sebanyak total 3 hari.

Jadwal libur Idul Adha jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Sementara Jadwal cuti bersama Idul Adha jatuh ditetapkan selama dua hari, yakni tanggap 28 dan 30 Juni 2023.
Dengan demikian jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha tahun ini berjumlah total tiga hari, yakni tanggal 28, 29, dan 30 Juni 2023.

Baca Juga : Indonesia Panas Banget? Cek Aja Pakai Sensor Suhu

Jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat.Bagi sejumlah karyawan swasta dan pegawai negeri sipil yang bekerja di perusahaan atau instansi yang menerapkan libur akhir pekan Sabtu dan Minggu, maka total jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha tahun ini bisa mencapai 5 hari.

Pemerintah menyatakan penambahan tanggal merah di jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha tahun ini untuk memberikan masyarakat lebih banyak waktu luang bercengkerama bersama keluarga.

Selama masa jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha. Orang tua juga diharapkan dapat mengajak anak-anaknya untuk berlibur lantaran bertepatan dengan waktu libur sekolah.

Hal ini dilakukan tidak semata-mata untuk memberikan keleluasaan saja. Namun Pemerinatah dan Menteri Agama menginginkan adanya kualitas keluarga yang lebih baik dari tahun ke tahun.

Baca Juga : Program 1 Juta Guru PPPK Masih Tersedia!

Usulan tambahan jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha tahun ini sempat di sampaikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Hal itu sebagai respons adanya perbedaan waktu lebaran haji antara Pemerintah dengan Muhammadiyah.

Usulan tersebut juga turut di dorong oleh Menko PMK Muhadjir Effendy yang juga warga Muhammadiyah. Hingga pada akhirnya Pemerintah menerbitkan surat keputusan bersama 3 Menteri untuk merespons usulan jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha tahun ini.

Meskipun tetap terdapat 2 versi yang berbeda yaitu dari Pemerintah dan Muhammadiyah, di harapkan tidak mengurangi toleransi dan kebersamaan. Bahkan, meskipun memiliki hasil yang berbeda, Muhammadiyah mengajurkan masyarakat untuk menyembelih hewan kurban di tanggal 29 Juni 2023.

Idul Adha Versi Pemerintah

Nah, kapan Idul Adha 2023 versi pemerintah? Pemerintah menetapkan 10 Dzulhijah 1444 Hijriyah yang menjadi Hari Raya Idul Adha 2023 pada Kamis, 29 Juni 2023.
Hal ini sesuai dengan hasil pantauan dan sidang Isbat yang di gelar oleh Kementerian Agama pada Minggu 18 Juni 2023.

Hasil sidang Isbat tersebut di umumkan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid memberikan informasi bahwa 1 Dzulhijah jatuh pada hari Selasa, 20 Juni 2023 dan hari raya Idul Adha jatuh pada (Kamis) 29 Juni 2023,

Hasil sidang Isbat ini merupakan hasil pemantauan hilal di 99 titik di seluruh provinsi di Indonesia oleh para petugas Kantor Wilayah Kemenang yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, Ormas Islam, dan instansi terkait.

Baca Juga : Cara Mudah Daftar NPWP Online

Idul Adha Versi Muhammadiyah

Lalu, kapan Idul Adha versi Muhammadiyah?
Menurut keterangan resmi di situs Muhammadiyah, PP Muhammadiyah menetapkan 1 Dzulhijah 1444 Hijriyah pada Senin, 19 Juni 2023.

Dengan begitu, 10 Dzulhijah 1444 Hijriyah yang merupakan peringatan Hari Raya Idul Adha 2023 akan jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023. Artinya, muslim Muhammadiyah akan menggelar sholat Idul Adha dan melangsungkan ibadah kurban lebih dulu.

Namun, perbedaan ini bukanlah halangan bagi setiap muslim untuk menunaikan ibadah dan merayakan Hari Raya Idul Adha 2023.

Karena sebagai momentum yang baik untuk melaksanakan Ibada Sholat dan merayakan Idul Adha 2023 bersama keluarga dan tanpa ada perbedaan suatu apapun. Harapannya, pekerja yang memiliki kesempatan untuk mengikuti cuti bersama. Dan libur ini dapat memanfaatkan moment untuk berkumpul bersama kerabat serta keluarga.

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp