Magang di Start Up atau Corporate, Mana Yang Lebih Oke?

Indobot Update

Magang di Start Up atau Corporate, Mana Yang Lebih Oke?
Magang di Start Up atau Corporate, Mana Yang Lebih Oke?

Hai Fanbot! Sekarang, tawaran untuk magang udah tersebar luas di sana sini. Nggak perlu repot lagi, dengan santai di rumah sambil scroll sosmed, kamu udah bisa nemu tawaran magang. Kamu udah nggak perlu lagi buat keluar rumah repot cari informasi magang. Jadi, kamu tinggal fokus milih jenis pekerjaan dan tempat yang akan kamu pilih.

[lwptoc]

Umumnya, perusahaan yang membuka magang dibagi menjadi dua garis besar utama, yaitu start up dan corporate. Tapi, dari kedua tempat itu, mana sih yang lebih oke untuk jadi tempat magang? Baca perbedaan dua tempat tersebut di bawah ini biar kamu semakin paham. Beberapa perbedaan tersebut, Minbot rangkum jadi sedemikian rupa nih, baca ya!

Baca Juga : UNY Sabet Dua Gelar di Ajang KRI 2023

1. Proses Komunikasi

Proses komunikasi yang terjadi di korporat dan start up jelas sangat berbeda, Fanbot. Di korporat, proses komunikasi yang terjadi lebih bersifat kaku dan formal. Berbanding terbalik, di start up interaksi yang terjadi bersifat lebih bebas dan santai. Sehingga, sedikit banyak hal tersebut membuat relasi dan hubungan terbentuk lebih mudah.

2. Jam Kerja

Umumnya, korporat menerapkan aturan nine to five dalam aturan jam kerja. Hal itu berarti lo harus masuk jam 9 pagi dan bisa pulang jam 5 sore. Korporat sangat ketat dalam menjaga produktifitas dan aturan jam kerja. Jadi, kamu udah nggak bisa nego mengenai aturan jam kerja di korporat.

Berbeda dengan korporat, start up memiliki aturan yang lebih fleksibel. Beberapa start up tidak menerapkan jam kerja kepada para pekerjanya. Hal yang terpenting adalah target dan pekerjaan saat itu selesai. Eits, jangan senang dulu, Fanbot! Hal ini mungkin sangat menggiurkan, tapi bisa bersifat bumerang, lho! Yaps, nggak jarang hal ini justru ngebuat produktifitas kamu sendiri jadi keganggu. Dengan jam kerja yang fleksibel, nggak jarang manusia jadi malas dan menunda pekerjaan yang berujung kewalahan.

Baca Juga : Cara Mendaftar Antrian Online Kunjung Pajak

3. Aturan Pakaian

Korporat memiliki aturan yang jelas dan ketat pada pekerjanya, termasuk dalam hal berpakaian. Meski tidak menerapkan seragam, tetapi korporat menerapkan aturan pakaian formal. Hal ini berarti kemeja dan baju berkerah adalah hal yang harus lo pakai dalam sehari-hari. Di sisi lain, start up bersifat lebih fleksibel. Kemeja dan baju berkerah bukan kewajiban yang harus pakai dalam sehari-hari. Bahkan, kamu juga bisa memakai celana pendek dan kaos untuk ngantor.

Baca Juga : Mengenal Fintech dalam Dunia Digital Finance

Nah, itu dia beberapa perbedaan kontras yang terlihat dari start up dan korporat. Mana yang lebih baik, bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan yang kamu ingin kejar, Fanbot!. Pikirkan baik-baik sebelum kamu memutuskan ya. Kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan baca artikel ini nih!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp