Dasar Pemograman Arduino! bersama Indobot

Indobot Academy

Mari Belajar Dasar - Dasar Pemograman Arduino Sahabat Indobot

     Halo Sahabat Indobot , di Artikel kali ini kita akan membahas tentang dasar – dasar Pemograman Arduino, nah, bagi kalian yang baru  belajar ardunio dan ingin tahu tentang macam – macam ardunio, kalian bisa klik di sini dulu sahabat indobot.

     Nah, Mari Kita mulai , yang pertama dari bahasa yang di gunakan ya, kira – kira bahasa yang di gunakan apa sahabat Indobot ? Di ardunio ini , bahasa pemrograman Arduino mirip bahasa C yang di gunakan pada AVR. Akan tetapi lebih sederhana, dan lebih mudah untuk di pelajari. Ada yang bilang juga bahwa bahasa pemrograman Arduino adalah bahasa processing, bahasa ini mudah dan tidak sulit di pahami bagi kalian yang baru belajar ardunio.

Oke , pada artikel kali ini saya ingin mengajak sahabat Indobot untuk belajar Bahasa Pemrograman Dasarnya. Penting sekali, supaya saat di pembahasan selanjutnya kita bisa lanjut ke contoh program. dan Sahabat Indobot sudah bisa memahami dan tidak bingung, karena sahabat indobot sudah tahu dasarnya.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Microcontroller Arduino

Nah, Semua kode program yang ada dalam void setup akan di baca sekali oleh Arduino. Biasanya isinya berupa kode perintah untuk menentukan fungsi pada sebuah pin. Wah, masih bingung ya sahabat Indobot ?, bagaimana kalau kita mulai dengan membahas kode – kode yang tertulis terlebih dahulu ?, memang untuk belajar ardunio ini, kita harus mulai dari basicnya.

Mari kita mulai dari Variable ya !

VARIABLES

Variabel adalah kode program yang di gunakan untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah nama. Yang biasa di gunakan di antaranya adalah Integer, Long, Boolean, Float, Character.

int (integer)
Variabel yang paling sering di gunakan dan dapat menyimpan data sebesar 2 bytes (16 bits).

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Microcontroller Arduino Part #2

long (long)
Biasa di gunakan jika nilai datanya lebih besar dari integer. Menggunakan 4 bytes (32 bits).

boolean (boolean)
Variabel yang hanya menyimpan nila TRUE dan FALSE saja. Hanya menggunakan 1 bit saja

float(float)
Di gunakan untuk floating point pada nilai decimal. Memory yang di gunakan 4 bytes (32 bits).

char(character)
Menyimpan character berdasarkan ASCII kode (contoh: ‘A’=65). Menggunakan 1 byte (8 bits).

Nah, itu dulu ya sahabat Indobot materi belajar ardunio untuk kali ini, eits tenang untuk pembahasan lengkapnya akan di bahas pada materi selanjutnya, makanya bookmark dulu website kita dan tunggu update an dari kita ya ! 😀

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp