Mengenal Jenis Teknologi Fast Charging

Indobot Academy

jenis teknologi fast charging
jenis teknologi fast charging

Fanbot, saat ini teknologi fast charging berkembang cukup pesat, hampir semua produsen smartphone memiliki standar pengisian baterai cepat untuk memudahkan pengguna yang tidak ingin menghabiskan waktu untuk mengisi ulang baterai ponsel mereka.

Meski demikian, saat ini ada banyak jenis teknologi fast charging yang berkembang. Fanbot perlu memahami perbedaan berbagai jenis teknologi ini lho ya biar gak salah pilih charger.

[lwptoc]

Jenis Teknologi Fast Charging

Ada beberapa teknologi fast charging yang populer dan digunakan pada perangkat elektronik modern. Berikut adalah beberapa contoh teknologi fast charging yang umum:

Qualcomm Quick Charge

Qualcomm Quick Charge adalah teknologi pengisian cepat yang dikembangkan oleh Qualcomm. Ini didukung oleh banyak ponsel pintar, tablet, dan perangkat lainnya. Quick Charge memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat melalui pengaturan voltase dan arus yang dioptimalkan.

Quick Charge pertama kali diperkenalkan oleh Qualcomm pada tahun 2013. Qualcomm Quick Charge 1.0 adalah versi awal dari teknologi tersebut. Quick Charge 1.0 memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat dengan meningkatkan voltase dan arus yang diberikan oleh charger yang kompatibel.

Hanya ponsel dengan chipset Qualcomm Snapdragon yang dapat menggunakan teknologi fast charging dari Qualcomm ini.

Power Delivery

Teknologi USB Power Delivery (USB PD) di kembangkan oleh konsorsium USB Implementers Forum (USB-IF), sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola standar USB. Banyak perusahaan teknologi berkontribusi dalam pengembangan USB PD, termasuk Apple, Dell, HP, Intel, Microsoft, dan beberapa lainnya.

USB Power Delivery di perkenalkan pertama kali pada tahun 2012 dengan spesifikasi awal USB PD 1.0. Kemudian, pengembangan dan peningkatan berlanjut di akukan untuk memperluas kemampuan dan fitur USB PD. USB PD memungkinkan transfer daya yang lebih tinggi melalui kabel USB-C, yang memungkinkan pengisian cepat dan transfer daya yang efisien antara perangkat yang kompatibel.

Baca Juga Ubah Smartphone Jadi Perangkat IoT

Yang menarik, teknologi Power Delivery ini telah menjadi standar industri yang luas di gunakan pada perangkat elektronik modern, seperti laptop, smartphone, tablet, power bank, dan perangkat lainnya. USB PD telah membawa fleksibilitas dan kecepatan pengisian yang lebih tinggi ke ekosistem USB, memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat dengan lebih cepat dan mengirim daya yang lebih tinggi untuk penggunaan yang lebih kuat dan serbaguna.

VOOC (Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging)

VOOC adalah teknologi fast charging yang di kembangkan oleh Oppo. Teknologi VOOC mulai di kembangkan pada tahun 2014, Oppo Find 7 ketika itu memiliki pengisian daya yang bekerja pada arus 5V/4A ketika kebanyakan pengisian daya beroperasi pada 5V/1A. Pada tahun 2015,

Teknologi ini menggunakan algoritma pengisian khusus dan mengoptimalkan arus dan voltase untuk mengisi daya baterai dengan cepat.

SuperVOOC

SuperVOOC adalah versi lebih canggih dari teknologi VOOC yang di kembangkan oleh Oppo. ampu mengisi daya baterai dengan kecepatan yang sangat tinggi, memungkinkan pengisian penuh dalam waktu singkat.  Untuk kecepatan pengisian daya, menggunakan SuperVOOC 65W , mampu mengisi daya hingga 100% hanya sekitar 31 menit

Adaptive Fast Charging

Produsen smartphone kenamaan asal negeri ginseng juga tidak ingin ketinggalan dalam teknologi fast charging. Adaptive Fast Charging adalah teknologi fast charging yang di gunakan oleh Samsung pada beberapa perangkatnya. Ini memungkinkan perangkat untuk mengenali perangkat yang terhubung dan mengoptimalkan pengisian sesuai dengan kebutuhan yang spesifik.

Baca Juga 8 Aplikasi Smartphone Terlaris untuk Mahasiswa Elektro

Warp Charge/Dash Charge

Warp Charge adalah teknologi pengisian cepat yang di gunakan oleh OnePlus, sementara Dash Charge adalah teknologi serupa yang di gunakan pada generasi perangkat OnePlus sebelumnya. Kedua teknologi ini memungkinkan pengisian daya yang sangat cepat dengan menjaga suhu baterai tetap rendah selama pengisian.

MediaTek Pump Express

MediaTek Pump Express adalah teknologi fast carging yang di kembangkan oleh MediaTek, perusahaan yang menghasilkan chip prosesor untuk banyak perangkat seluler. Teknologi ini memungkinkan pengisian daya yang cepat dengan menggunakan voltase tinggi dan arus yang di tingkatkan.

Setiap produsen dapat memiliki nama merek atau teknologi pengisian cepat khusus mereka sendiri. Penting untuk di catat bahwa untuk memanfaatkan teknologi fast charging, perangkat yang mendukung teknologi tersebut harus menggunakan charger yang kompatibel dengan teknologi tersebut. Meski demikian, beberapa pabrikan fast charging seperti Verbatim mendukung dua teknologi fast charging berbeda seperti Quick Charge dan Power Delivery.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp