Perbedaan Perintah Count dan Sum di Spreadsheet Excel

Indobot Academy

perbedaan count dan sum excel spreadsheet
perbedaan count dan sum excel spreadsheet

Saat fanbot bekerja dengan Google Spreadsheet maupun Excel, kalian pasti menggunakan rumus COUNT dan SUM, meski sama-sama digunakan untuk menjumlah, namun ada perbedaan mendasar dari kedua fungsi excel ini. Selain itu setiap fungsi memiliki fungsi turunan, yang dapat digunakan membantu fanbot melakukan perhitungan yang lebih kompleks dibandingkan menjumlahkan saja.

[lwptoc]

Perbedaan Fungsi Count dan Sum

Agar fanbot lebih mudah memahami, minbot sajikan perbedaan antara count dan sum dalam tabel berikut

Fungsi Deskripsi Variasi
COUNT Menghitung jumlah sel yang berisi nilai numerik (angka) dalam rentang sel tertentu. COUNTIF, COUNTIFS, COUNTBLANK
SUM Menjumlahkan nilai numerik dalam rentang sel tertentu. SUMIF, SUMIFS, SUMPRODUCT

Baca Juga Cara Membuat Google Form dari HP

Perbedaan antara fungsi COUNT dan SUM di Excel adalah:

  1. Count digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi nilai numerik (angka) dalam rentang sel tertentu. Sedangkan SUM digunakan untuk menjumlahkan nilai numerik dalam rentang sel tertentu.
  2. Count hanya menghitung sel yang berisi nilai numerik (angka), sementara SUM dapat menjumlahkan sel yang berisi nilai numerik (angka) maupun sel yang berisi nilai teks atau formula yang menghasilkan nilai numerik.
  3. Count menghasilkan output berupa angka, yang merepresentasikan jumlah sel yang berisi nilai numerik dalam rentang sel tertentu. Sedangkan SUM menghasilkan output berupa jumlah nilai numerik dalam rentang sel tertentu.

Contoh: Jika kita memiliki rentang sel A1:A5 dengan nilai sebagai berikut:

  • A1: 10
  • A2: 20
  • A3: “Text”
  • A4: 30
  • A5: =SUM(A1:A4)

Maka:

  • =COUNT(A1:A5) akan menghasilkan output 3, karena hanya ada 3 sel yang berisi nilai numerik (10, 20, dan 30).
  • =SUM(A1:A5) akan menghasilkan output 60, karena menjumlahkan semua nilai numerik dalam rentang sel tersebut (10 + 20 + 30).
perbedaan count dan sum
perbedaan count dan sum

Jadi, perbedaan utama antara fungsi COUNT dan SUM adalah bahwa COUNT hanya menghitung jumlah sel dengan nilai numerik, sedangkan SUM menghitung dan menjumlahkan nilai numerik dalam rentang sel tertentu.

Varian Count dan Sum

Lalu apa saja varian rumus count dan sum di Google Spreadsheet maupun Ms Excel?

Count

Count, Countif, dan Counta adalah tiga fungsi yang tersedia dalam program spreadsheet seperti Microsoft Excel atau Google Sheets. Ketiga fungsi ini di gunakan untuk menghitung jumlah data dalam rentang sel yang di berikan, tetapi memiliki perbedaan dalam cara penggunaannya.

Baca Juga Cara Membuat Buku Absen Kelas untuk Presensi Siswa

  1. Count Fungsi Count di gunakan untuk menghitung jumlah sel di dalam rentang yang di berikan yang mengandung angka. Jadi, jika rentang sel yang di berikan terdiri dari angka dan non-angka, maka fungsi Count hanya akan menghitung sel yang mengandung angka.
  • Contoh: =COUNT(A1:A10) akan menghitung jumlah sel di rentang A1:A10 yang mengandung angka.
  1. Countif Fungsi Countif di gunakan untuk menghitung jumlah sel di dalam rentang yang di berikan yang memenuhi suatu kondisi atau kriteria tertentu. Kondisi tersebut dapat berupa teks, angka, atau rumus.
  • Contoh: =COUNTIF(A1:A10, “>50”) akan menghitung jumlah sel di rentang A1:A10 yang lebih besar dari 50.
  1. Counta Fungsi Counta di gunakan untuk menghitung jumlah sel di dalam rentang yang di berikan yang bukan kosong atau mengandung nilai apa pun. Dalam hal ini, fungsi Counta menghitung sel yang mengandung teks, angka, atau formula.
  • Contoh: =COUNTA(A1:A10) akan menghitung jumlah sel di rentang A1:A10 yang bukan kosong atau mengandung nilai apa pun.

Jadi, secara singkat, Count di gunakan untuk menghitung sel yang mengandung angka, Countif di gunakan untuk menghitung sel yang memenuhi kondisi tertentu, dan Counta di gunakan untuk menghitung sel yang bukan kosong atau mengandung nilai apa pun.

Varian Sum

terdapat beberapa variasi cara penggunaan perintah SUM yang memungkinkan kita untuk melakukan operasi penjumlahan yang lebih kompleks, seperti:

  1. SUMIF: di gunakan untuk menjumlahkan nilai dalam rentang sel tertentu yang memenuhi suatu kriteria tertentu. Contoh: =SUMIF(A1:A10, “>50”, B1:B10) akan menjumlahkan nilai di rentang B1:B10 yang memiliki nilai lebih besar dari 50 di rentang A1:A10.
  2. SUMIFS: di gunakan untuk menjumlahkan nilai dalam rentang sel tertentu yang memenuhi beberapa kriteria tertentu. Contoh: =SUMIFS(C1:C10, A1:A10, “>50”, B1:B10, “<100”) akan menjumlahkan nilai di rentang C1:C10 yang memenuhi kriteria “nilai di rentang A1:A10 lebih besar dari 50” dan “nilai di rentang B1:B10 lebih kecil dari 100”.
  3. SUMPRODUCT: di gunakan untuk melakukan perkalian dan penjumlahan pada rentang sel tertentu. Contoh: =SUMPRODUCT(A1:A10, B1:B10) akan mengalikan setiap nilai di rentang A1:A10 dengan nilai yang sesuai di rentang B1:B10, kemudian menjumlahkan hasilnya.

Jadi, meskipun hanya ada satu perintah SUM, namun dengan variasi cara penggunaannya yang berbeda-beda, Excel memungkinkan kita untuk melakukan operasi penjumlahan yang lebih kompleks dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp