Perbedaan ShortCut MacOS dan Windows

Indobot Update

Perbedaan short cut macOS dan windows
Perbedaan short cut macOS dan windows

Perbedaan antara shortcut (jalan pintas) pada macOS dan Windows terletak pada kombinasi tombol yang digunakan dan beberapa fungsi yang mungkin berbeda. Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara shortcut pada kedua sistem operasi tersebut:

Beda ShortCut MacOs dan Windows

1. Tombol Command vs. Tombol Ctrl

– Pada macOS, tombol Command (⌘) sering digunakan sebagai tombol utama untuk shortcut. Misalnya, Command+C untuk menyalin teks, Command+V untuk melakukan paste, dan sebagainya.
– Pada Windows, tombol Ctrl (Ctrl) biasanya digunakan sebagai tombol utama untuk shortcut. Misalnya, Ctrl+C untuk menyalin teks, Ctrl+V untuk melakukan paste, dan sebagainya.

Baca Juga Perbedaan Fungsi Count dan Sum di Excel

2. Tombol Option vs. Tombol Alt:

– Pada macOS, tombol Option (⌥) digunakan untuk shortcut yang melibatkan karakter khusus atau simbol alternatif. Misalnya, Option+2 untuk mengetikkan tanda cent (¢), Option+Shift+K untuk mengetikkan simbol apple (), dan sebagainya.
– Pada Windows, tombol Alt (Alt) sering digunakan untuk mengakses menu tersembunyi atau memilih perintah tertentu di aplikasi. Misalnya, Alt+F untuk membuka menu “File”, Alt+E untuk membuka menu “Edit”, dan sebagainya.

3. Tombol Windows vs. Tombol Command:

– Pada Windows, tombol Windows di gunakan sebagai tombol khusus untuk membuka menu Start dan mengakses beberapa fitur sistem operasi. Misalnya, Windows+L untuk mengunci komputer, Windows+E untuk membuka File Explorer, dan sebagainya.
– Pada macOS, tombol Command biasanya di gunakan untuk perintah aplikasi. Misalnya, Command+Q untuk keluar dari aplikasi, Command+Tab untuk beralih antara aplikasi yang sedang berjalan, dan sebagainya.

Baca juga Cara Membuat Google Form Mudah di HP

4. Fungsi-Fungsi Tertentu:

– Terdapat beberapa shortcut khusus yang hanya ada di salah satu sistem operasi:
– Pada macOS, beberapa shortcut khusus meliputi:
– Command+Space untuk membuka Spotlight Search.
– Command+Shift+3 untuk mengambil tangkapan layar.
– Command+Option+Esc untuk membuka “Force Quit” dan menutup aplikasi yang tidak responsif.
– Pada Windows, beberapa shortcut khusus meliputi:
– Windows+D untuk beralih ke desktop.
– Windows+L untuk mengunci komputer.
– Alt+Tab untuk beralih antara aplikasi yang sedang berjalan.

Meskipun ada perbedaan dalam shortcut antara macOS dan Windows, pada dasarnya tujuan dari shortcut adalah untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengguna dengan memberikan akses cepat ke fungsi-fungsi yang sering di gunakan.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp