SMK PGRI 3 Malang Berhasil Melaksanakan Uji Kompetensi Produktif Untuk Sertifikasi Bekal Kelulusan Peserta Didiknya

Indobot Academy

Rabu (19/02/2020), Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK PGRI 3 Malang mengadakan uji kompetensi produktif. Terdapat 31 siswa/siswa kelas 12 yang mengikuti uji kompetensi ini. Tahun ini SMK PGRI 3 Malang menggandeng Indobot sebagai asesor atau penguji dalam kegiatan ini.

Table of Contents

Kegiatan

Selama dua hari, para siswa melakukan ujian praktik, mulai dari pembuatan skema rangkaian, pencetakan PCB, perakitan komponen, penggunaan alat ukur, serta pemrograman. Penilaian tidak hanya berfokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga menilai kemampuan afektif seperti keselamatan kerja, tanggung jawab, kemandirian, kejujuran, dan ketaatan terhadap peraturan.

 

 

 

Peserta didik sedang mengikuti proses ujian praktik dalam uji kompetensi                                                                          produktif

SMK PGRI 3 Malang menyusun komponen penilaian dengan detail dan mendalam, memaksa siswa untuk mempraktikkan semua yang di ajarkan oleh para guru.

Selain itu, penguji juga melakukan sesi tanya jawab di tengah praktik untuk mengevaluasi pemahaman materi.

Yang paling menarik adalah sesi para siswa mempresentasikan hasil tugas akhir mereka di depan teman-teman siswa lainnya, guru-guru dan penguji. Ada beberapa siswa yang kurang siap, ada juga yang sangat siap dan bisa menjawab semua pertanyaan yang masuk.

Sesi presentasi peserta didik di hadapan penguji

Penilaian

Penguji menyatakan bahwa semua peserta uji kompetensi ini lulus dengan nilai minimal 7,0 berdasarkan penilaian yang di lakukan. Nilai tertinggi yang ada adalah sebesar 9,2 dan nilai terendahnya sebesar 7,4. Kegiatan ini dimaksudkan untuk evaluasi dan persiapan siswa ke jenjang berikutnya setelah lulus dari sekolah. Dengan mengikuti uji kompetensi ini diharapkan para siswa yang lolos dapat menggunakan keahliannya dalam karirnya mendatang.

Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Foto guru dan penguji setelah selesai kegiatan di                                          halaman SMK

Dalam akhir kegiatan, pihak guru-guru berharap, setelah kegiatan uji kompetensi ini, Indobot dapat bekerjasama dengan SMK PGRI 3 Malang dalam berbagai macam hal, termasuk salah satunya program Praktik Kerja Lapangan (Eva).

Ingin mengadakan pelatihan Arduino / IoT (Internet of Things) bersama Indobot?

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp