Startup Unicorn Baru Andalkan Feeder Berbasis IoT

Indobot Academy

startup unicorn IoT untuk pakan ikan otomatis
Pakan ikan berbasis IoT antar startup lokal jadi unicorn baru

Halo fanbot, salah satu startup yang mengandalkan feeder ikan berbasis IoT berhasil menjadi unicorn baru di Indonesia. Unicorn sendiri adalah sebutan untuk startup yang berhasil memperoleh valuasi lebih dari 1 milliar USD.

Jadi Unicorn Berkat Pendanaan US$ 100 juta

Bergerak di bidang perikanan, startup ini berhasil menadapatkan pendanaan seri D sebesar US$ 100 juta dari 42XFund yang berbasis di Uni Emirat Arab. Tak hanya mendapatkan pendanaan dari UEA, startup bernama eFishery ini juga mendapatkan pendanaan dari Softbank dan juga Northstar.

Baca Juga Tambak Budidaya Udang Digital Berbasis Internet of Things

Sistem Kerja Feeder Ikan Berbasis IoT

eFishery menggunakan produk berbasis IoT guna mengatur pakan secara otomatis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan budidaya peternak ikan. Selain itu, sistem pakan otomatis ini dapat melontarkan pakan sejauh area 15 meter, sehingga sebaran ikan di kolam/tambak ikan pun menjadi lebih merata.

Yang menarik, peternak ikan dapat menggunakan bantuan aplikasi smartphone untuk mengatur intensitas waktu pemberian pakan, serta jumlah yang diberikan. Kemudahan ini membuat proses pemberian pakan menjadi lebih efektif dan efisien.

Pengaturan sistem daya feeder dan pelontar pakan itu pun sangat efisien yakni hanya menggunakan daya 1 watt pada saat kondisi idle dan 40 watt saat melakukan pemberian pakan.

Baca Juga Cara Membuat Sistem Pakan Otomatis dengan Arduino Uno

Dukung Sistem Bisnis Aquakultur Berkelanjutan

Tidak sekedar memberikan solusi berbasis IoT, mereka juga memberikan dukungan sistem bisnis berbasis aquakultur secara berkelanjutan, misalnya memberikan kemudahan pembelian pakan dengan model paylater, serta dukungan distribusi hasil perikanan.

Nah, gimana nih fanbot, tidak rugi bukan belajar internet of things? Siapa tahu kelak kalian bisa mulai mendirikan startup unicorn dari kemampuan kalian di bidang IoT. Buat kalian yang tertarik mendalami IoT dan mengerjakan berbagai proyek IoT untuk latihan mengembangkan diri sebelum mendirikan usaha. Kamu bisa banget ikutan Kelas IoT Dasar Lanjutan di Indobot Academy, peserta kelas ini mendapatkan starter kit gratis yang juga akan dikirimkan ke alamat kalian tanpa tambahan biaya. Tertarik? Cuz ah

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp